jelas

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Sendiri

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop – Mengulas mengenai cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak tentu tak bisa dilepaskan bahwa keyboard adalah salah satu komponen penting dari sebuah laptop. Keyboard ini memiliki peran yang sangat penting karena berfungsi untuk memasukkan perintah ke dalam laptop. Anda bisa bayangkan jika keyboard tidak bisa berfungsi dengan baik, maka segala aktivitas yang Anda lakukan dengan laptop akan menjadi sangat terganggu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, memang ada cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi selain sudah banyak laptop yang didesain dengan teknologi touchscreen atau dilengkapi dengan virtual keyboard sehingga penggunaannya menjadi semakin fleksibel. Meski teknologi-teknologi baru tersebut hadir, tampaknya kenyamanan dalam menggunakan keyboard fisik masih belum bisa digantikan. Namun, pernahkah Anda mengalami gangguan saat menggunakan keyboard ini seperti munculnya suara pada laptop saat tombol keyboard ditekan atau munculnya huruf yang berbeda ketika Anda menekan suatu huruf? Jika Anda pernah mengalami kondisi seperti itu, maka ini menjadi salah satu indikasi gangguan atau kerusakan yang terjadi pada keyboard Anda. Gangguan ini sebaiknya segera diidentifikasi penyebabnya agar kondisinya tidak semakin parah dan Anda dapat menanganinya dengan cara memperbaiki keyboard laptop yang tepat.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Kerusakan pada keyboard juga merupakan salah satu jenis kerusakan yang seharusnya bisa Anda antisipasi dengan cara memperbaiki keyboard laptop ini nantinya. Kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Namun, faktor umum yang menjadi penyebabnya tak lain adalah debu dan lembab. Laptop yang tidak dibersihkan secara teratur akan dipenuhi dengan debu terutama pada bagian keyboard. Debu tersebut bisa masuk ke bagian dalam keyboard yang mengakibatkan kinerjanya menjadi terganggu. Kelembaban juga bisa memicu terjadinya kerusakan pada komponen ini. Kondisi ini biasanya terjadi jika laptop jarang digunakan atau disimpan di tempat yang lembab seperti di dalam lemari. Jika keyboard Anda pernah diberikan kondisi yang demikian, nampaknya Anda perlu segera mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop. Ada juga beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan rusaknya keyboard seperti karena laptop terjatuh atau ketumpahan cairan. Kondisi ini akan membuat tombol keyboard tidak bisa menekan sebagai mana mestinya. Beberapa kebiasaan dari penggunanya juga bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian ini seperti menekan tombol tertentu terlalu sering. Oleh karena itu,kali ini Jelas.id akan membagikan tips tentang bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

Jenis Kerusakan pada Keyboard Laptop

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki keyboard laptop, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui jenis kerusakan pada keyboard laptop yang sering terjadi terlebih dahulu.

  • Tombol tidak berfungsi. Jika Anda menemukan satu atau lebih tombol keyboard yang tidak berfungsi bahkan ketika ditekan maka ini menjadi indikasi Anda harus mengganti keyboard dengan yang baru. Ini karena jenis kerusakan pada keyboard laptop tersebut biasanya sifatnya permanen sehingga membutuhkan penggantian agar aktivitas yang dilakukan lebih lancar.
  • Tombol aktif terus. Jenis kerusakan lain yang umum terjadi adalah tombol yang aktif terus bahkan ketika tidak sedang ditekan. Kondisi ini mengindikasikan kerusakan yang terjadi pada jalur yang ada di dalam keyboard.
  • Beeping saat dinyalakan. Beeping panjang yang umumnya terjadi ketika dinyalakan merupakan salah satu ciri gangguan pada keyboard. Penyebab dari kondisi ini tak lain karena ada satu atau lebih tombol yang aktif terus. Jenis kerusakan pada keyboard laptop ini biasanya mengindikasikan akan adanya kerusakan permanen pada keyboard. Jadi Anda sudah perlu menyiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan ke depan.
  • Multiple output. Kondisi ini terjadi apabila Anda mengetik satu huruf namun yang keluar lebih dari satu. Jenis kerusakan yang satu ini juga biasanya sifatnya permanen.

Itulah tadi beberapa jenis kerusakan pada keyboard laptop. Apabila Anda mengalaminya, maka dapat dipastikan 99 persen keyboard laptop Anda sedang mengalami kerusakan. 1 persen lainnya tentu merupakan faktor eror dalam mengalami kejadian serupa dengan penyebab berbeda. Hal yang pasti, jenis kerusakan pada keyboard laptop yang Jelas.id utarakan tadi memang jenis yang sering terjadi dan sangat cocok untuk diterapkan pada cara memperbaiki keyboard laptop  di bawah ini.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Sudah tahu jenis masalah pada keyboard Anda? Silahkan simak cara memperbaiki keyboard laptop di bawah ini:

  1. Cara memperbaiki keyboard laptop yang pertama adalah melakukan Identifikasi masalah. Lakukan identifikasi kerusakan pada laptop dengan menekan semua tombol yang ada di keyboard. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui respon dari setiap tombol keyboard. Anda juga harus mencoba untuk menekan beberapa tombol keyboard dalam waktu yang bersamaan dan melihat respons yang muncul. Jika ternyata tombol kunci tidak terpengaruh berarti kerusakan yang terjadi berhubungan dengan perangkat lunak pada laptop.
  2. Membersihkan keyboard merupakan cara memperbaiki keyboard laptop yang selanjutnya. Sejumlah tombol keyboard yang macet bisa diakibatkan karena banyaknya debu yang terperangkap pada tuts keyboard. Jika kondisi yang terjadi demikian, maka Anda bisa membersihkan permukaan tombol dan disela-sela bagian tuts agar ketika ditekan bisa berfungsi kembali.
  3. Melepaskan tombol yang tidak berfungsi juga masih merupakan cara memperbaiki keyboard laptop  yang patut Anda lakukan. Kerusakan pada keyboard juga bisa disebabkan karena gangguan yang terjadi pada bagian dalam keyboard sehingga Anda perlu membuka bagian dalamnya. Jika Anda mendapati sejumlah tombol keyboard tidak bekerja dengan baik, maka Anda bisa melepaskan tombol yang tidak berfungsi tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan alat kecil untuk mengeluarkan kuncinya dengan hati-hati. Bersihkan sensor atau kunci dari tombol tersebut dengan menggunakan kain serat kering untuk melakukan cara memperbaiki keyboard laptop  ini. Bersihkan dengan lembut karena sensor ini sangat peka dan mudah rusak. Setelah pembersihan, pasang kembali sensor tersebut ke tempat semula dan tutup dengan menggunakan tombolnya.
  4. Uji coba. Setelah terpasang sempurna, ujilah fungsi dari keyboard yang sebelumnya tidak bisa digunakan itu. Biasanya, tombol akan berfungsi kembali jika sudah dibersihkan dengan cara tersebut yang menandakan cara memperbaiki keyboard laptop  ini telah sukses dengan sempurna. Namun, jika masih tidak berfungsi mungkin saatnya Anda menggantinya dengan keyboard baru atau membawanya ke service laptop agar bisa ditangani secara lebih profesional.

Nah, apakah Anda telah selesai melaksanakan cara memperbaiki keyboard laptop  di atas? Apakah Anda menemui kesulitan dalam pengaplikasiannya? Saran Jelas.id, Anda perlu melakukannya berulang-ulang jika Anda belum berhasil dan mengejar hemat biaya lantaran harga keyboard yang tak murah. Namun apabila cara memperbaiki keyboard laptop ini gagal untuk kesekian kalinya, bukan caranya yang salah. Namun memang keyboard laptop Anda nampaknya sudah perlu dilakukan penggantian.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi. Dengan memraktikan langkah-langkah yang Jelas.id berikan tersebut, Anda bisa memperbaiki keyboard laptop Anda sendiri di rumah sehingga kerusakan bisa lebih cepat ditangani. Semoga informasi cara memperbaiki keyboard laptop ini bermanfaat dan terima kasih.