jelas

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dengan Mudah

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak – Bagaimana sih cara memperbaiki kartu SD yang rusak ? Mungkin Anda sedang bertanya-tanya mengenai masalah ini. Kartu SD atau SD card merupakan sejenis perangkat yang berfungsi sebagai memori eksternal pada berbagai gadget seperti smartphone dan tablet. Perangkat penyimpanan ini hadir dalam berbagai ukuran dan kapasitas penyimpanan, namun secara umum ukurannya memang lumayan kecil. Kartu SD ini bisa digunakan dalam smartphone atau tab yang memiliki slot khusus dan memang mendukung keberadaan dari memori eksternal ini. Sebagian gadget biasanya hadir dengan slot khusus untuk microSD card namun ada juga yang didesain menyatu dengan slot kartu SIM. Meski ukurannya terbilang kecil, namun benda ini menjadi salah satu yang paling dicari oleh pengguna gadget. Tak jarang ketika perangkat yang satu ini rusak banyak orang yang langsung ingin mengetahui bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa menghapus file didalamnya. Meskipun saat ini sudah banyak smartphone yang didesain dengan memori internal berukuran besar, tetapi tampaknya para pengguna belum puas dengan memori yang sudah ada dan menambahkan kartu SD dengan kapasitas tertentu untuk memperluas kapasitas ruang penyimpanannya. Dengan begitu, pengguna bisa lebih leluasa dalam menyimpan berbagai macam file hiburan koleksinya terutama file-file multimedia yang berukuran besar. Namun ketika kartu SD tersebut mengalami masalah tentu akan menjadi hal yang membingungkan jika Anda tidak mengetahui cara memperbaiki kartu SD yang rusak. Bisa-bisa file-file tersebut malah hilang dan terhapus.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak sebenarnya tidak terlalu rumit. Meskipun ada berbagai macam masalah yang bisa menyerang memori eksternal yang satu ini. Masalah yang cukup sering dialami pengguna adalah kartu SD yang tidak terbaca melalui perangkat, corrupted, atau memunculkan perintah untuk diformat. Kartu memori yang tidak terbaca misalnya, maka kondisi ini akan menyulitkan Anda ketika harus memindahkan data-data yang sudah disimpan di dalamnya. Selain bisa mengganggu aktivitas yang dilakukan lewat ponsel, jika Anda tidak mengetahui cara memperbaiki kartu SD yang rusak ini dengan benar maka file-file yang tersimpan didalamnya juga akan terancam. Maka apabila Anda menemukan masalah pada kartu SD, sebaiknya segera dideteksi dan ditangani agar file-file penting yang tersimpan di dalam benda tersebut tidak hilang. Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki microSD yang bermasalah.  Nah, bagi Anda yang mengalami hal ini, jangan buru-buru membuang kartu SD tersebut karena Jelas.id akan menghadirkan informasi tentang cara memperbaiki kartu SD yang rusak.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tidak Terbaca

Penyebab Kartu SD Rusak

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab pada kartu SD rusak :

  • Kartu SD yang sering dipindah-pindah merupakan salah satu penyebab pada kartu SD rusak yang paling sering terjadi. Kartu memori yang sering digunakan dari satu gadget ke gadget lainnya akan membuatnya lebih riskan terhadap berbagai masalah karena harus sering menyesuaikan dengan tempat dan sistem operasi yang berbeda.
  • Memindahkan kartu SD yang salah juga menjadi salah satu penyebab pada kartu SD rusak. Jangan terburu-buru dan matikanlah smartphone atau tab terlebih dahulu sebelum mencabut dan memidahkannya.
  • Kotoran juga bisa membuat kartu SD tidak bisa berfungsi dengan baik ketika digunakan. Jadi, pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuhnya.
  • Virus juga bisa menjadi salah satu penyebab pada kartu SD rusak serta menghilangkan file-file yang ada di dalamnya.

Di atas merupakan contoh penyebab pada kartu SD rusak yang kemungkinan bisa terjadi pada kartu SD Anda. Meski begitu, kerusakan fisik pada kartu SD sangat jarang terjadi kecuali jika perangkat ini tertekuk, terkena suhu tinggi, terkena benturan, atau lepas dari pelindungnya. Kerusakan yang lebih sering terjadi diakibatkan oleh kerusakan data di dalamnya. Mengetahui jenis kerusakan yang dialami kartu SD ini sangat penting sebab akan berpengaruh pada cara menanganinya. Selanjutnya, Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara memperbaiki kartu SD yang rusak.

Penyebab Kartu SD Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki kartu SD yang rusak yang bisa dilakukan:

  1. Cara Pertama: Membersihkan Kartu Memori
  • Cara memperbaiki kartu SD yang rusak pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencabutnya dari gadget dan pastikan gadget tersebut sudah dimatikan sebelum mencabutnya.
  • Bersihkan bagian lempengan tembaga yang biasanya berwarna kuning keemasan dengan menggunakan penghapus pensil secara perlahan hingga bersih.
  • Jika sudah benar-beanr bersih, maka kartu SD bisa kembali dipasangkan ke slot di gadget untuk mengetahui bisa terdeteksi atau tidak.
  1. Cara kedua: Melakukan Format dari Android
  • Cara memperbaiki kartu SD yang rusak kedua adalah melakukan format dengan gadget Android yang Anda gunakan. Caranya adalah masuk ke menu Setting kemudian ke bagian Storage.
  • Di menu tersebut ada opsi Erase SD card. Dengan memilih opsi ini, Anda bisa mendapatkan memori bersih seperti baru.
  1. Cara memperbaiki kartu SD yang rusak ketiga: Cek Error dengan PC
  • Anda bisa melakukan pengecekan kerusakan kartu SD dengan menghubungkan Android ke PC memakai kabel data.
  • Saat terhubung ke PC, pastikan Android berada dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  • Buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada Drive kartu SD, pilih opsi Properties > Tools > Error Checking.
  • Tunggu hingga proses pengecekan selesai dilakukan.
  • Jika sudah selesai, eject kartu SD dan cek ke perangkat Anda apakah sudah bisa terbaca atau tidak.
  1. Cara Keempat: Format lewat PC
  • Cara memperbaiki kartu SD yang rusak ketiga adalah dengan membuat folder baru di harddisk dan beri nama sesuai keinginan. Folder ini akan dipakai untuk menyimpan backup isi kartu SD yang rusak sementara.
  • Copy seluruh isi kartu SD lalu Paste ke dalam folder baru yang dibuat tadi.
  • Jika isinya sudah pindah semua, Anda bisa langsung format kartu SD tersebut.
  • Lalu pindahkan kembali data-data dari folder itu ke kartu yang sudah diformat tadi.
  • Kemudian, cek lagi apakah kartu itu bisa terdeteksi di perangkat Android atau tidak.

Itulah beberapa cara memperbaiki kartu SD yang rusak yang bisa Anda coba. Cara-cara tersebut bisa Anda praktikan jika kartu SD yang Anda masukkan ke Android tidak terbaca. Khusus cara keempat, Anda bisa menggunakannya jika setelah dicek di PC kartu SD tampak baik-baik saja, namun ketika digunakan lagi pada perangkat Android masih saja tidak terbaca.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tanpa Format

Nah, tak begitu sulit bukan cara memperbaiki kartu SD yang rusak? Asalkan bukan kerusakan fisik maka kemungkinan besar kartu SD Anda masih bisa terselamatkan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id sudah paparkan di atas, Anda bisa memperbaiki kartu SD rusak yang tidak bisa terbaca. Dengan begitu, Anda tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli memori eksternal yang baru. Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa bagikan terkait dengan cara memperbaiki kartu SD yang rusak. Semoga bermanfaat dan terima kasih.