jelas

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal yang Rusak

Cara memperbaiki harddisk eksternal – Anda yang sedang mengalami masalah ini pasti bertanya-tanya bagaimana sih cara memperbaiki harddisk eksternal yang rusak atau tidak terbaca? Harddisk atau HDD merupakan satu komponen perangkat keras dengan piringan magnetis yang difungsikan sebagai ruang penyimpanan data sekunder. Perangkat yang juga sering disebut dengan portable hard drive ini menjadi pilihan alternatif bagi banyak orang yang membutuhkan ruang penyimpanan ekstra untuk file-file besar yang ada di komputer atau laptop mereka. Cara memperbaiki HDD eksternal yang rusak sebenarnya tidak terlalu sulit. Dengan harddisk eksternal ini Anda bisa menyimpan file hiburan lebih banyak yang biasanya tidak bisa ditampung semua di laptop atau komputer sebab menyediakan ruangan yang cukup luas untuk mengcover berbagai macam file multimedia berukuran besar. Meski saat ini penyimpanan cloud sedang populer dan digencarkan, namun tampaknya harddisk tetap memiliki tempat tersendiri di hati banyak orang. Hal ini karena perangkat tersebut memang lebih terjangkau dan lebih aman dipakai. Lalu bagaimana sih cara memperbaiki harddisk eksternal ketika mengalami masalah?

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal

Meski harddisk ini menawarkan berbagai macam kemudahan dan kelebihan dalam mendukung ruang penyimpanan di perangkat olah data seperti komputer dan laptop. Namun, hal ini tak lantas membuat harddisk lepas dari berbagai masalah. Nah jika hal ini terjadi maka Anda wajib mengetahui cara memperbaiki harddisk eksternal tidak terbaca atau rusak agar dapat memperbaikinya tanpa membawa ke tukang servis. Ada berbagai masalah yang bisa menyerang perangkat penyimpanan eksternal ini. Masalah yang sering ditemui dalam penggunaan perangkat ini harddisk tidak terbaca ketika sudah dipasangkan ke dalam komputer atau laptop. Selain itu, muncul notifikasi pada harddisk secara tiba-tiba yang mengharuskan perangkat ini untuk diformat. Hal ini tentu akan sangat mengganggu sekali terutama jika di dalamnya berisi file-file penting. Jika Anda tak mengetahui cara memperbaiki HDD eksternal ini dengan benar maka hal ini bisa berdampak buruk file-file yang ada di dalamnya. Anda tak hanya harus siap-siap merelakan berbagai macam koleksi file hiburan yang Anda telah kumpulkan selama ini, tetapi juga file-file penting seperti skripsi atau karya ilmiah yang sudah dibuat dengan susah payah. Agar masalah ini bisa diselesaikan dengan baik, maka Jelas.id kali ini akan memberikan informasi tentang cara memperbaiki harddisk eksternal yang rusak.

Cara Memperbaiki Hdd Eksternal

Penyebab Harddisk Eksternal Rusak

Berikut ini adalah beberapa penyebab harddisk eksternal rusak yang mungkin terjadi:

  • Kesalahan pada file sistem di harddisk eksternal merupakan salah satu penyebab harddisk eksternal rusak dan ini biasanya ditandai dengan harddisk yang tidak dikenali ketika dimasukkan ke dalam komputer atau laptop.
  • Kerusakan secara fisik seperti pada port USB di harddisk juga bisa saja menimbulkan gangguan pada perangkat ini saat digunakan meskipun hal ini sangat jarang terjadi.
  • Mencabut harddisk secara sembarangan saat sedang digunakan juga menjadi salah satu penyebab harddisk eksternal rusak misalnya harddisk yang tiba-tiba memunculkan perintah untuk diformat.
  • Masalah lain yang timbul pada harddisk juga bisa disebabkan karena perangkat ini tak mendapatkan pasokan daya yang cukup.
  • Penyebab rusaknya harddisk eksternal juga bisa di karenakan hal-hal diluar harddisk juga bisa membuat perangkat ini tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, misalnya saja driver windows yang bermasalah.

Di atas adalah bebarapa contoh penyebab harddisk eksternal rusak. Penyebab timbulnya masalah pada perangkat penyimpanan data ini ternyata sangat bervariasi. Sebelum memperbaiki kerusakan pada harddisk sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya sehingga Anda bisa mencari solusi yang tepat untuk memperbaikinya. Hal ini karena satu masalah dengan masalah lainnya membutuhkan penanganan yang berbeda. Berikutnya, Jelas.id akan menjelaskan cara memperbaiki harddisk eksternal yang tidak terbaca atau rusak.

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Yang Rusak

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal

Berikut ini adalalah langkah-langkah cara memperbaiki harddisk eksternal yang tidak bisa dibaca:

  1. Cara memperbaiki harddisk eksternal yang pertama adalah masukkan harddisk eksternal ke port USB yang ada pada perangkat laptop atau komputer yang Anda miliki.
  2. Jika harddisk eksternal sudah dikenali namun tidak muncul di Windows Explorer, maka tekanlah tombol “WINDOWS +R” pada keyboard, lalu setelah kotak dialog Query “RUN” muncul, Anda harus mengetik “diskmgmt.msc” untuk membuka Disk Management dan kemudian tekan enter untuk melanjutkan proses yang berikutnya.
  3. Meski di Windows Explorer tidak terdeteksi, maka biasanya di Disk Management harddisk tersebut akan terbaca.
  4. Di dalam Disk Management ini, Anda bisa memformat, menata kembali konten dari partisi, serta mengganti nama drive yang sebelumnya tidak bisa terbaca.
  5. Cara memperbaiki HDD eksternal selanjutnya adalah, coba masukkan harddisk eksternal pada port USB yang berbeda, apabila setelah dipindah ternyata harddisk bisa terdeteksi maka port USB sebelumnyalah yang mengalami masalah.
  6. Lakukan pengecekan di drive manager, tekan tombol “WINDOWS” pada keyboard dan ketiklah “device manager” di pencarian Windows, lalu tekan Enter.
  7. Kemudian cara memperbaiki harddisk eksternal selanjutnya adalah dengan search disk drive, lihat jika ada tanda seru di sebelahnya, berarti drivernya yang bermasalah. Jika hal ini terjadi Anda bisa mengatasinya dengan cara menginstall driver USB tipe yang paling sering digunakan adalah USB 3.0.

Langkah-langkah di atas merupakan salah satu cara memperbaiki harddisk eksternal yang rusak karena tidak bisa terdeteksi saat dimasukkan ke dalam komputer atau laptop. Cara yang dipakai untuk mengatasinya bisa bermacam-macam, namun kali Jelas.id menggunakan Disk Management. Memperbaiki harddisk dengan cara ini bisa dilakukan untuk mendeteksi gangguan harddisk akibat port yang bermasalah atau mengatasi gangguan harddisk yang ditimbulkan masalah pada driver.

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Bagaimana? Cukup mudah bukan mengatasinya? Dengan mengikuti cara memperbaiki HDD eksternal yang telah Jelas.id paparkan di atas dengan seksama, maka Anda bisa memperbaiki harddisk yang mengalami masalah tidak bisa terdeteksi lewat perangkat komputer atau laptop. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi takut dengan keamanan dari file-file yang Anda simpan di dalamnya. Demikianlah, informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait dengan cara memperbaiki harddisk eksternal yang tidak terbaca atau rusak. Semoga bermanfaat dan terima kasih.