jelas

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak – Sebelum Jelas.id mengutarakan cara memperbaiki flashdisk yang rusak,  tentunya anda sudah tahu jika Flashdisk merupakan salah satu jenis perangkat penyimpanan data yang digunakan oleh banyak orang. Perangkat yang juga dikenal dengan sebutan USB Drive ini tak hanya bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam data atau file saja tetapi juga memindahkannya dari satu komputer ke komputer yang lain. Flashdisk ini tersedia dalam berbagai macam ukuran  seperti  2 GB, 8 GB, 16 GB, dan 32 GB sehingga para penggunanya bisa memilih kapasitas flashdisk yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan data mereka. Perangkat ini memiliki ukuran yang kecil namun sangat fungsional karena biasanya digunakan orang untuk menyimpan file-file yang penting. Ukuran flashdisk yang kecil tersebut membuatnya cukup fleksibel untuk dibawa kemanapun. Meskipun perangkat ini sangat bermanfaat, tetapi ada berbagai masalah yang sering menghampiri para penggunanya, apalagi kalau bukan kerusakan flashdisk. Jika mengalami masalah ini orang cenderung akan membeli flashdisk baru. Namun, sebenarnya Anda tak perlu mengeluarkan lebih banyak lagi uang jika flashdisk tersebut masih bisa diperbaiki melalui teknik cara memperbaiki flashdisk yang rusak ala Jelas.id di bawah ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Sebelum beranjak ke langkah-langkah bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang rusak, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kerusakan yang biasanya terjadi pada flashdisk. Dengan mengetahui jenis kerusakan yang ada, Anda bisa memilih cara yang paling tepat untuk memperbaikinya. Kerusakan flashdisk yang umumnya terjadi adalah akibat virus. Virus yang menyerang flashdisk  jenisnya juga bermacam-macam sehingga akibatnya pada flashdisk pun berbeda. Ada virus yang menyembunyikan file, menggandakan file, atau menghapus file. Selain disebabkan karena virus, kerusakan pada perangkat ini juga bisa disebabkan karena perangkat tersebut corrupt. Jika Anda bisa lebih jeli dalam menentukan kerusakan yang terjadi pada flashdisk maka Anda bisa mengurangi kemungkinan untuk mengeluarkan uang demi membeli flashdisk yang baru. Hal ini karena sebagian besar orang tidak bisa membedakan jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dan yang tidak. Beberapa jenis kerusakan ringan pada flashdisk bisa dengan mudah diperbaiki sendiri. Begitu juga dengan kerusakan flashdisk yang berat, sebagian sebenarnya masih bisa diperbaiki namun tak banyak orang yang mengetahui cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Dengan Mudah

Penyebab Flashdisk Rusak

Sebelum membahas cara memperbaiki flashdisk yang rusak tersebut, ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab flashdisk rusak yang perlu kamu ketahui. Sebagian di antaranya mungkin tidak disadari sering anda lakukan. Oleh sebab itu, mulai sekarang anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya serta merawat flashdisk tersebut dengan baik. Terutama, setelah menerapkan cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini agar tidak kembali rusak nantinya.

  1. Salah satu faktor yang paling banyak penyebab flashdisk rusak adalah virus. Perangkat ini sangat riskan terkena virus karena sering digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain. Jika anda ingin mentransfer data, pastikan komputer yang digunakan memiliki proteksi anti virus yang canggih sehingga sebelum dilakukan pemindahan data anda bisa memindai flashdisk terlebih dahulu.
  2. Eject flashdisk merupakan perintah yang penting jika anda ingin mencabut perangkat ini dari sebuah komputer. Perintah ini akan menutup aliran listrik menuju flashdisk sehingga tidak ada lagi komunikasi data yang bisa menjadi penyebab flashdisk rusak. Dengan melakukan perintah tersebut terlebih dahulu, anda bisa mengurangi resiko terjadinya kerusakan data yang disimpan di dalamnya.
  3. Magnet juga bisa berperan sebagai penyebab flashdisk rusak. Hal ini karena kekuatan daya tariknya bisa merubah susunan komponen yang ada di dalam flashdisk sehingga flashdisk tidak bisa lagi menjalankan fungsinya dengan maksimal.
  4. Siapa sangka jika tidak menutup flashdisk juga menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab flashdisk rusak. Hal ini karena socket flashdisk bisa langsung terpapar dengan  kotoran dan debu. Flashdisk yang tidak ditutup juga akan mudah rusak jika terkena benturan.

Penyebab Flashdisk Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghidupkan kembali flashdisk milikmu. Walaupun memiliki penyebab flashdisk rusak yang berbeda, kamu bisa menerapkan semua cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini jika cara yang lain gagal.

Perhatian!

Seluruh cara ini tidak menjamin data Anda akan kembali selamat. Untuk itu, harap iklaskan data Anda sebelum mengikuti cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini.

  1. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dengan Menggunakan Computer Management
  • Masukkanlah flashdisk pada komputer terlebih dahulu
  • Klik tombol start, ketik run, kemudian tekan tombol enter
  • Selanjutnya, cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini harus dilanjutkan dengan mengetik compmgmt.msc pada menu run yang muncul kemudian tekan tombol enter
  • Ketika kotak dialog menu compmgmt.msc telah muncul, Anda harus mengklik opsi storage dan disk management
  • Biasanya flashdisk akan terdeteksi oleh komputer sebagai drive baru jika flashdisk tersebut tidak bermasalah setelah menerapkan cara memperbaiki flashdisk yang rusak di atas
  • Pada drive flashdisk yang muncul di komputer, klik kanan dan pilih opsi create partition
  • Selanjutnya Anda bisa memformat flashdisk dengan klik kanan pada drive flashdisk kemudian pilih format untuk menyelesaikan cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini.
  1. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dengan Menggunakan Add New Hardware
  • Pertama bukalah menu Control Panel
  • Kemudian cari opsi Add Hardware pada Control Panel dan klik Next
  • Setelah kotak dialog muncul, maka and harus memilih menu “Yes, I have already connected to hardware”.
  • Apabila setelah itu flashdisk Anda ternyata sudah terdeteksi maka akan muncul autorun
  1. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak Karena Corrupt
  • Cara memperbaiki flashdisk yang rusak karena corrupt yang pertama adalah dengan menggunakan Command Prompt atau biasa disebut CMD
    • Pertama Anda harus membuka aplikasi CMD terlebih dahulu. Anda bisa membukanya dengan mengklik Start, pilih Run, tulis CMD, dan tekan Enter.
    • Cara memperbaiki flashdisk yang rusak selanjutnya tentunya adalah dengan memasukkan flashdisk yang rusak pada komputer
    • Selanjutnya pilih FORMAT H: / FS:FAT
    • Kemudian tekan tombol Enter
  • Cara memperbaiki flashdisk yang rusak kedua adalah dengan memanfaatkan fitur windows Check Disk
    • Pertama Anda harus memasukkan flashdisk yang rusak pada komputer.
    • Setelah itu bukalah Windows Explorer
    • Klik kanan pada flashdisk Anda, pilih opsi Properties lanjut ke opsi Tool kemudian tekan Check Now
    • Beri tanda checklist pada kedua opsi yang ada untuk menyempurnakan cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini
    • Maka kerusakan pada flashdisk Anda akan secara otomatis diperbaiki

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Tidak Terbaca

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki flashdisk yang rusak yang bisa Anda coba untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada flashdisk tanpa bantuan software. Cara-cara tersebut cukup mudah untuk diikuti dan dipraktikkan bukan? Cara tersebut memang menjadi solusi bagi Anda daripada membeli flashdisk baru namun penting untuk diperhatikan bagaimana cara menggunakan flashdisk yang benar karena ini bisa mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada flashdisk tersebut. Sebagai contoh jangan terbiasa mencabut flashdisk secara langsung tanpa menggunakan perintah safely remove. Anda sebaiknya tidak menyimpan  terlalu banyak file di dalamnya karena ini selain memperlambat proses pemindahan file juga membuatnya lebih cepat rusak. Selain itu, teliti sejak awal ketika membeli flashdisk juga penting karena flashdisk memiliki kualitas yang berbeda-beda. Semoga penjelasan yang Jelas.id berikan tentang penyebab flashdisk rusak dan cara memperbaiki flashdisk yang rusak tersebut bermanfaat untuk Anda.