jelas

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Mati

Cara Memperbaiki Aki Kering – Sebelum jauh kita membahas mengenai cara memperbaiki aki kering yang mati, ada baiknya perlu untuk diketahui bahwa jika Anda pemilik sebuah sepeda motor atau mobil, tentu Anda harus mengetahui cara merawat dan memperbaiki beberapa komponen dari kendaraan tersebut jika mengalami kerusakan. Salah satunya yaitu pada aki kering di mana saat ini hampir setiap kendaraan bermotor sudah menggunakan tipe aki kering atau disebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Berbicara tentang cara memperbaiki aki kering yang rusak, sebenarnya aki kering ini tak butuh banyak perawatan sebab tidak membutuhkan pengisian air aki ataupun zuur secara wajib dan berkala. Bahkan, dengan menggunakan jenis aki kering ini dinilai lebih awet karena mengandalkan separator khusus yang mampu bertahan terhadap korosi. Dengan demikian, wajar saja bila aki kering harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan aki basah. Selain itu, dengan menggunakan aki kering, tentu Anda bisa berhemat. Namun, yang menjadi masalah, jika aki kering tersebut mengalami kerusakan. Tentu, tak perlu ke bengkel pun, Anda bisa memperbaikinya. Lantas, bagaimana cara memperbaikinya? Tenang, kali ini Jelas.id akan membagikan informasi mengenai cara memperbaiki aki kering yang soak secara mudah dan cepat.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering

Akan tetapi, sebelum jauh membahas mengenai cara memperbaiki aki kering yang rusak, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, yaitu penyebab aki kering rusak. Pasalnya, baik aki kering maupun aki basah sebenarnya tetap memerlukan perawatan yang rutin. Tentu, jika Anda telah memahami penyebab ini maka Anda tak perlu sering-sering memraktikkan cara memperbaiki aki kering yang mati nantinya. Biasanya, aki yang rusak disebabkan oleh beberapa faktor, yang pertama yaitu dalam waktu yang lama, mesin jarang dinyalakan. Hal tersebut menyebabkan aki cepat drop mengingat supply untuk pengisian kurang maksimal. Ke 2, aki kering mengalami kerusakan biasanya disebabkan oleh penumpukan material (kerak) yang sangat menunjang dapat menyebabkan hubungan arus pendek sehingga aki mudah soak dan lekas mati. Penyebab yang ke 3 yaitu sekring mengalami kerusakan sehingga bisa menimbulkan konsleting pada rangkaian elektronik mesin juga lampu lampu kendaraan anda. Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas maka Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan merawat bagian-bagian yang sangat rentan menjadi penyebab rusaknya aki kering. Terlepas dari hal tersebut, jika aki kering Anda terlanjur mengalami kerusakan, anda bisa memperbaikinya sendiri dengan cara memperbaiki aki kering yang akan Jelas.id bagikan di segmen ini. Berikut ini akan dijelaskan terkait cara memperbaiki aki kering yang soak.

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati

Alat Memperbaiki Aki Kering

Berikut ini daftar alat-alat memperbaiki aki kering yang anda butuhkan:

  • Cairan aki (zuur). Walaupun alat memperbaiki aki kering ini lebih tepat disebut bahan, namun nampaknya tak perlu dipermasalahkan. Air aki ini adalah yang biasanya dipakai untuk pengisian aki baru. Karena type dan komposisi air zuur akan berbeda dengan air yang digunakan sebagai penambah biasa.
  • Obeng min (-) yang nantinya digunakan untuk membuka tutup aki kering yang biasanya melekat keras. Alat memperbaiki aki kering ini boleh diabaikan jika Anda memiliki kekuatan super untuk membuka tutup aki kering.
  • Suntikan kecil yang biasanya digunakan untuk memasukkan tinta pada printer.
  • Lem plastic atau Sealant atau lem tembak sebagai alat untuk merekatkan kembali penutup aki setelah diperbaiki nanti. Alat memperbaiki aki kering yang satu ini penting, karena apabila diabaikan aki kering bakal mengalami kebocoran dan merusak komponen lainnya.
  • Kain kering atau gombal untuk antisipasi jika air zuur tumpah dan untuk membersihkan bodi dari aki kering dari kotoran-kotoran.

Sebelum menginjak pada tahapan dalam cara memperbaiki aki kering yang mati, Anda harus mempersiapkan beberapa alat memperbaiki aki kering diatas. Beberapa alat yang diperlukan dan dipersiapkan ini bisa dikatakan tergolong murah dan mudah untuk didapatkan sehingga konsep ngirit dalam cara memperbaiki aki kering yang rusak ini tidak kemudian hilang begitu saja. Nah, jika sudah mempersiapkan alat yang dibutuhkan, yuk kita lihat caranya dibawah.

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak

Cara Memperbaiki Aki Kering

Berikut beberapa langkah cara memperbaiki aki kering yang mati:

  1. Cara memperbaiki aki kering yang pertama yaitu bersihkan terlebih dahulu aki dari debu dan kotoran yang menempel dengan menggunakan air hangat.
  2. Buka penutup atas dengan mencongkelnya secara perlahan dan jangan sampai pecah.
  3. Jika Anda menemukan tutup karet yang menyumbat lubang aki, buka penutup karet tersebut.
  4. Siapkan air zuur dan masukkan dalam tabung suntikan.
  5. Setelah itu, air zuur yang sudah dimasukkan dalam suntikan tersebut, cairannya dimasukkan atau disuntikkan cairan hingga batas 1 cm di bawah lubang aki. Sampai di sini, cara memperbaiki aki kering yang soak ini bisa dibilang nyaris selesai. Isi semua lubang dengan cara yang sama ya.
  6. Tutup lubang dengan karet penutup aslinya dan pastikan tidak ada kebocoran atau rembesan. Cara mendeteksinya dengan cara membolak-balikkan badan aki.
  7. Kemudian, tutup kembali bodi aki seperti semula dan rekatkan dengan lem hingga benar-benar rekat dan tak mudah terlepas.
  8. Cara memperbaiki aki kering yang rusak ini sejatinya sudah selesai secara teknis. Selanjutnya, aki kering sudah siap untuk dicharger. Guna Pengisian tegangan, bisa dilakukan dengan cara menghubungkan pada motor atau mobil yang sudah menyala (jumper) supaya aki yang selesai diperbaiki tersebut teraliri tegangan inject awal sebagai starter. Anda juga bisa menggunakan trafo cas untuk pengisian awal dalam waktu singkat.
  9. Anda bisa melakukan pengecekan apakah aki sudah memiliki muatan tegangan, jika sudah, anda bisa langsung memasang kembali pada mobil maupun motor yang di kehendaki kemudian lakukan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin telah berhasil dinyalakan, supaya dibiarkan pada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil dan selesailah sudah cara memperbaiki aki kering yang mati.

Perhatian! Aki kering memiliki bahan yang korosif dan dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda. Harap perhatikan seluruh bahaya bahan kimia terkait aki sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti cara memperbaiki aki kering yang mati ini.

Nah, setelah mengumpulkan dengan lengkap alat memperbaiki aki kering apakah anda sudah menerapkan cara memperbaiki aki kering yang soak diatas? Sebenarnya tak perlu buru-buru, pahami dengan seksama cara yang Jelas.id sampaikan diatas, sehingga aki kering anda bisa berfungsi sebagaimana semula. Cara memperbaiki aki kering yang rusak diatas disesuaikan dengan prinsip ngirit alias berhemat yang akan menghemat kantong pengeluaran anda, sehingga anda tidak perlu lagi membeli aki kering yang baru.

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Setelah anda pahami mudah bukan cara memperbaiki aki kering yang mati ini? Dengan demikian, jika aki kering pada kendaraan Anda mengalami kerusakan maka Anda bisa memperbaiki sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel. Selain itu, cara-cara yang dikatakan di atas tersebut akan lebih optimal dan berfungsi jika diterapkan secara urut dan benar. Semoga pembahasan yang Jelas.id sampaikan mengenai cara memperbaiki aki kering yang rusak dengan beberapa penyebab kerusakannya tersebut bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.