jelas

Cara Membuka File RAR dan Zip di Android

Cara Membuka File RAR dan Zip di Android – Bagaimana ya cara membuka file RAR dan Zip di Android? Salah satu jenis file yang sering digunakan untuk mengirim email adalah file berbentuk RAR atau ZIP. Seperti namanya file ini biasanya bisa dengan mudah dibedakan dengan file lainnya karena memiliki ekstensi (.rar) dan (.zip) di belakang nama filenya. Selain itu ikon dari file ini pun cukup menarik sebab biasanya disimbolkan dengan buku bertumpuk. File berbentuk RAR atau ZIP ini memang sering digunakan oleh banyak orang terutama jika ingin mengirimkannya lewat email sebab ada sejumlah keuntungan yang ditawarkan. Cara membuka file ZIP dan RAR di Android sebenarnya cukup mudah. File RAR dan ZIP ini biasanya merupakan file hasil kompresi dari berbagai macam file sehingga bisa dijadikan dalam satu folder dan file-file tersebut bisa dikirim dalam satu waktu sekaligus. Selain membuat proses pengiriman menjadi lebih efisien, file pun menjadi lebih ringkas dan tidak tersebar karena sudah disatukan dalam satu file yang berbentuk RAR atau ZIP ini. Yang terpenting adalah kompresi ini juga membuat ukuran-ukuran file yang tadinya besar menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah untuk dikirim atau di unggah. Namun jika Anda dapat menjadikan file biasa menjadi file RAR atau ZIP maka Anda pun harus mengetahui cara membuka file RAR dan Zip di Android.

Cara Membuka File Zip dan Rar di Android

Cara Membuka File Zip dan Rar di Android

Karena file dengan ekstensi (.rar) atau (.zip) ini cenderung berbeda dengan file lainnya maka cara membuka file RAR dan Zip di Android pun tak sama. Jika kebanyakan file bisa langsung dibuka dengan mengklik file tersebut dua kali atau klik kanan lalu open, maka untuk membuka file ini harus menggunakan WinRAR atau win ZIP kemudian extract. Ini merupakan cara yang bisa dilakukan untuk membuka file itu jika Anda menggunakan komputer atau laptop. Meski Cara membuka file ZIP dan RAR di Android cukup berbeda, namun Anda yang sudah terbiasa bekerja dengan komputer tentu bisa melakukannya dengan mudah. Akan tetapi bagaimana jadinya jika Anda kebetulan memakai atau mengunduh file ini lewat perangkat Android Anda? Seperti diketahui Android merupakan sistem operasi yang berbasiskan Linux dan open source sehingga memang ada sejumlah file yang memang secara langsung tidak kompatibel dengan sistem operasi ini. Sehingga untuk membuka file termasuk dalam bentuk RAR dan ZIP memang membutuhkan cara khusus. Nah, kali ini Jelas.id akan mencoba berbagi tentang cara membuka file RAR dan Zip di Android.

Cara Membuka File Rar di Android

Aplikasi untuk Membuka File RAR dan ZIP

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi untuk membuka file RAR dan ZIP:

  • Easy Unrar, Unzip & Zip

Aplikasi untuk membuka file RAR dan ZIP ini merupakan salah satu yang paling mudah untuk digunakan. Selain itu aplikasi Easy Unrar juga bisa dipakai untuk mengeksplorasi isi dari file yang berbentuk RAR dan ZIP. Pengguna juga bisa membuat file berekstensi (.rar) atau (.zip) dari sejumlah dokumen atau file dengan memanfaatkan aplikasi ini.

  • Androzip File Manager

Aplikasi ini diketahui sebagai aplikasi untuk membuka file RAR dan ZIP yang pertama di buat. Aplikasi Androzip tak hanya mendukung file berbentuk RAR dan ZIP tetapi juga file lain seperti TAR dan GZ. Selain untuk kepentingan ekstraksi file, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagi file lewat email serta mendukung penggunaan task killer.

  • ZArchiver

ZArchiver merupakan salah satu aplikasi untuk membuka file RAR dan ZIP yang mendapat rating cukup baik di Google Play sebab tak hanya mendukung pengaturan file berbentuk RAR dan ZIP saja tetapi juga file lain termasuk TAR dan GZ.

Itulah beberapa contoh dari jenis aplikasi untuk membuka file RAR dan ZIP pada ponsel berbasis sistem operasi Android. Aplikasi-aplikasi di atas beserta banyak aplikasi lain dengan fungsi serupa bisa dengan mudah Anda temukan dan unduh di Google Play. Jika Anda memiliki kebutuhan untuk kompresi atau ekstraksi file RAR dan ZIP, Anda bisa menggunakan salah satu di antaranya. Berikutnya, Anda akan mengetahui bagaimana cara membuka file RAR dan Zip di Android.

Cara Membuka File Zip Di Android

Cara membuka file ZIP dan RAR di Android

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuka file RAR dan Zip di Android dengan salah satu aplikasi yang bisa didapatkan di Google Play:

  1. Cara membuka file RAR dan Zip di Android yang pertama adalah pastikan perangkat Android Anda sudah terhubung dengan internet.
  2. Buka Google Play Store dan carilah aplikasi bernama AndroZip File Manager.
  3. Jika sudah ketemu, maka unduh dan install aplikasi ini ke dalam smartphone Android Anda.
  4. Setelah terinstall dengan sempurna, buka aplikasi tersebut untuk menjalankannya.
  5. Lalu, cari file yang ingin di ekstrak dengan memakai aplikasi ini.
  6. Cara membuka file ZIP dan RAR di Android selanjutnya adalah tekan file berformat RAR atau ZIP itu dan akan muncul pilihan yaitu Extract file here, Extract to…, View Archive, and Send.
  7. Jika Anda ingin mengekstrak folder di tempat tersebut maka pilihlah opsi ‘Extract file here’, namun jika ingin mengekstrak folder dan memasukkannya ke tempat lain, Anda bisa memilih opsi ‘Extract to…’.
  8. Apabila saat menjalankan opsi ‘Extract fil here’ ternyata gagal, Anda bisa memilih ‘View Archive’ sebagai alternatif untuk membuka file tersebut.
  9. Pilih file yang akan diekstrak atau pilih ‘Check All’ jika ingin mengekstraksi semuanya, kemudian pilih ‘Extract’.
  10. Cara membuka file RAR dan Zip di Android yang terakhir adalah tunggu hingga proses ekstraksi selesai sehingga file RAR dan ZIP bisa dibuka.

Di atas merupakan langkah-langkah Cara membuka file ZIP dan RAR di Android dengan menggunakan salah satu aplikasi Google Play Store bernama AndroZip File Manager. Anda pun juga bisa menggunakan aplikasi lain selain AndroZip untuk membuka file dengan jenis ekstensi file tersebut sebab menemukan berbagai aplikasi dengan fungsi yang serupa cukup mudah di Google Play.

Cara Membuka File Rar dan Zip di Android

Ternyata cara membuka file RAR dan Zip di Android tak sesulit yang Anda pikirkan bukan? Anda tak perlu repot-repot memindahkan file itu ke dalam komputer terlebih dahulu agar bisa diekstraksi. Apalagi jika Anda mengikuti setiap langkah yang telah Jelas.id paparkan dengan seksama, maka Anda bisa mengubah file RAR dan ZIP langsung di perangkat Android Anda. Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa bagikan tentang cara membuka file RAR dan ZIP di Android. Sekian dan terima kasih.