jelas

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol yang Lezat

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol – Pasti anda yang membaca artikel ini ingin mengetahui cara membuat nugget ikan tongkol yang enak. Nah Nugget sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang terbuat dari daging yang disukai oleh banyak orang karena bisa langsung dimasak dan penyajiannya cukup praktis. Nugget biasanya disajikan sebagai menu hidangan tambahan atau camilan ketika sedang bersantai. Berbagai menu yang menggunakan nugget pun juga bisa dijumpai di café maupun restoran. Orang biasanya cenderung lebih sering membeli produk nugget seperti yang sudah banyak tersedia saat ini sehingga langsung bisa dimasak dan dikonsumsi. Nugget yang dijual di pasaran umumnya memang terbuat dari daging ayam atau sapi. Nah, kali ini kita akan mengetahui cara membuat nugget ikan tongkol. Memang terdengar agak aneh, namun hal ini patut dicoba bagi Anda yang bosan dengan produk-produk nugget yang selama ini dibeli, sekali-kali bisa mencoba untuk membuat nugget dengan cita rasa sesuai selera sendiri. Dengan membuat sendiri nugget di rumah maka Anda bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang dipakai misalnya dengan mencoba bahan dasar lain hingga membuat nugget dengan campuran sayuran agar lebih sehat untuk dikonsumsi. cara membuat nugget ikan tongkol ini tentu sebuah inovasi yang patut di coba.

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol

Cara membuat nugget ikan tongkol sebenarnya tak jauh beda dengan cara membuat nugget pada umumnya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, nugget berbahan ikan tongkol masih cukup jarang untuk ditemukan dan belum banyak dijual. Namun, tak ada salahnya Anda membuat resep nugget spesial dan memakai bahan dasar ikan tongkol. Ikan tongkol merupakan salah satu bahan makanan yang baik dikonsumsi karena selain sebagai sumber protein kandungan gizinya juga tinggi. Varian nugget berbahan dasar ikan tongkol ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda sebagai bekal untuk anak-anak ketika mereka mulai bosan dengan menu-menu yang selama ini sudah pernah dibuat. Cara membuat nugget ikan tongkol memang sama dengan membuat nugget ayam atau sapi, yang berbeda hanya bahan utamanya saja. Rasanya pun tak kalah nikmat dengan nugget-nugget yang menggunakan bahan dasar lainnya bahkan mungkin jauh lebih lezat sebab menggunakan bahan dasar ikan. Jika Anda penasaran dengan rasa lezat dari nugget ikan tongkol ini, maka pada kesempatan ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara membuat nugget ikan tongkol sehingga Anda bisa mempraktikannya di rumah.

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol yang Lezat

Bahan Membuat Nugget Ikan Tongkol

Berikut ini adalah bahan membuat nugget ikan tongkol yang harus Anda siapkan:

  • 100 gram ikan tongkol
  • 150 gram tepung panir halus
  • 40 gram tepung sagu
  • 2 butir telur
  • 4 putih telur
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 ½ sendok teh garam
  • 4 buah bawang putih
  • 2 sendok makan air es
  • Minyak goreng secukupnya

Di atas merupakan daftar bahan membuat nugget ikan tongkol yang dibutuhkan ketika akan membuat nugget ikan tongkol. Bahan-bahan tersebut ada yang dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan nugget dan juga ada yang dipakai untuk membuat bumbu yang dihaluskan sebagai campuran dari nugget. Yang paling penting adalah bahan membuat nugget ikan tongkol tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu sehingga nantinya tidak ada yang tertinggal. Selanjutnya, Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat nugget ikan tongkol.

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol yang Enak

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol

  1. Cara membuat nugget ikan tongkol yang pertama, kukus ikan tongkol hingga matang, pisahkan dagingnya lalu suwir-suwir hingga ukurannya jadi lebih kecil.
  2. Kocok putih telur lepas sebagai bahan yang digunakan untuk pencelup.
  3. Buatlah bumbu nugget dengan menghaluskan cabai merah keriting, cabai rawit, ketumbar bubuk, gula pasir, bawang putih, dan garam.
  4. Campurkan suwiran ikan tongkol dengan bumbu halus. Lalu, tambahkan telur, air es, tepung sagu lalu aduk hingga semuanya tercampur secara merata.
  5. Cara membuat nugget ikan tongkol yang selanjutnya adalah menyiapkan loyang berukuran 24 x 10 x 3 cm, beri alas dengan plastik lalu olesi dengan sedikit minyak.
  6. Tuangkan adonan pada loyang dan ratakan. Kemudian kukus dengan api sedang selama 25 menit.
  7. Setelah matang, angkat dan diamkan sebentar agar dingin.
  8. Potong atau cetak adonan nugget yang sudah dicetak tersebut sesuai dengan keinginan.
  9. Celupkan potongan nugget pada kocokan putih telur kemudian gulingkan pada tepung panir halus.
  10. Ulangi proses pelapisan tepung panir ini sekali lagi hingga nugget terbungkus secara merata dengan tepung panir.
  11. Nah, cara membuat nugget ikan tongkol yang terakhir yakni panaskan minyak goreng dan gorenglah nugget hingga matang untuk disajikan.

Itulah langkah-langkah dalam tahapan cara membuat nugget ikan tongkol. Nugget berbahan dasar ikan tongkol ini memang lebih cocok jika disajikan dalam keadaan hangat dan dijadikan teman minum teh saat menikmati waktu bersantai. Namun, jika Anda tidak mau langsung mengonsumsinya maka lebih baik bungkus nugget yang sudah dilapisi dengan tepung panir dengan kemasan plastik dan simpan di freezer atau kulkas agar lebih tahan lama dan bisa digoreng lain waktu.

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol yang Gurih

Nah, ternyata cara membuat nugget ikan tongkol mudah bukan? Dengan membuat nugget sendiri di rumah Anda tak perlu repot-repot membeli ke supermarket serta bebas mengkreasikan rasanya. Jika Anda mengikuti langkah-langkah yang telah Jelas.id paparkan di atas, maka anda bisa membuat nugget dengan bahan dasar ikan tongkol yang lezat. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id berikan tentang cara membuat nugget ikan tongkol. Semoga bermanfaat dan terima kasih.