jelas

Cara Membuat Kolang Kaling yang Enak

Cara Membuat Kolang Kaling – Anda tentu pernah mengonsumsi minuman yang menggunakan kolang kaling, kan? Pernah kah Anda berfikir bagaimana cara membuat kolang kaling yang nikmat tersebut? Kenyal dan manis mungkin itulah yang terbersit di benak Anda ketika ditanya tentang rasa dari kolang kaling. Kolang kaling sendiri dibuat dengan menggunakan bahan utama biji buah aren. Makanan yang satu ini memang disukai oleh banyak orang sebab memiliki tekstur dan rasa yang menarik. Kolang kaling biasanya dibuat sebagai manisan atau bisa juga digunakan sebagai campuran untuk berbagai menu es sehingga rasanya menjadi lebih mantap. Cara membuat kolang kaling terkadang menggunakan pewarna makanan untuk membuat tampilannya menjadi berwarna warni. Dengan begitu kolang kaling tak hanya memperkaya rasa dari minuman, tetapi juga membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Selain dipakai untuk membuat minuman segar, buah yang memiliki bentuk lonjong ini juga biasanya sangat identik saat ramadhan sebab juga sering dipakai untuk campuran kolak. Tak hanya itu, ada juga yang menggunakan kolang kaling ini sebagai salah satu komposisi bahan dalam pembuatan roti. Nah, makin penasaran kan dengan cara membuat kolang kaling ini?

Cara Membuat Kolang Kaling

Cara Membuat Kolang Kaling

Selain memiliki rasa yang enak, cara membuat kolang kaling ternyata juga tergolong mudah dipelajari. Ditambah lagi, kolang kaling ternyata juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja buah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagus. Karena mempunyai kandungan serat dan mineral yang tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan. Kolang kaling juga kaya akan zat kalsium, besi, dan fosfor yang membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar ketika tidak mendapatkan asupan air yang cukup seperti saat sedang berpuasa. Selain cara membuat kolang kaling yang mudah dipelajari, buah ini ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat yang bisa memberikan rasa kenyang ketika dikonsumsi. Kandungan karbohidrat di dalam buah ini juga menekan nafsu makan sehingga konsumsi makanan menjadi menurun. Kandungan serat yang tinggi di dalam kolang kaling juga membantu proses pembuangan air besar secara teratur sehingga mampu menurunkan resiko kegemukan dan obesitas. Tak heran jika buah yang satu ini sering dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan. Di balik rasanya yang enak serta manfaatnya yang banyak, Anda harus mengetahui bagaimana proses pembuatannya. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan proses pembuatannya, kali ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara membuat kolang kaling.

Cara Membuat Kolang Kaling Enak

Alat Pengolahan Kolang Kaling

Berikut ini merupakan alat pengolahan kolang kaling yang diperlukan dalam proses pembuatannya:

  • Bakul atau karung goni

Alat pengolahan kolang kaling pertama yang perlu dipersiapkan adalah bakul yang nantinya dipakai untuk meletakkan buah aren setelah di ambil dari pohonnya. Jika tak menemukan bakul, Anda bisa menggantinya dengan karung goni. Meski buah aren ini memiliki tangkai-tangkai sehingga lebih mudah dibawa, namun jika buah aren yang dipetik banyak jumlahnya, maka lebih baik untuk meletakkannya pada bakul atau karung goni agar buahnya tidak tercecer kemana-mana.

  • Pisau atau sabit

Anda juga perlu menyiapkan pisau atau sabit jika ingin mengolah buah aren menjadi kolang kaling. Kedua alat pengolahan kolang kaling ini bisa dipakai untuk memotong buah aren dari tangkainya sebelum direbus serta mengupas kulit dan mengeluarkan bijinya setelah proses pengupasan selesai.

  • Panci atau belanga

Alat lain yang perlu dipersiapkan dalam proses pengolahan kolang kaling adalah panci atau belanga. Kedua alat ini akan digunakan sebagai wadah untuk buah aren selama proses perebusan berlangsung. Panci bisa digunakan jika jumlah buah aren yang direbus sedikit, tetapi jika buah aren yang direbus banyak sebaiknya menggunakan wadah yang lebih besar seperti belanga.

  • Kompor atau tungku

Sediakan juga kompor atau tungku sebagai alat pengolahan kolang kaling yang nantinya akan digunakan dalam proses pembakaran atau perebusan buah aren. Anda bisa menggunakan kompor jika buah aren yang diolah sedikit. Namun, untuk pengolahan buah air dalam jumlah besar sebaiknya menggunakan kompor terutama saat proses perebusan agar panas api yang dihasilkan lebih maksimal.

  • Talenan kayu

Anda juga perlu mempersiapkan talenan kayu untuk membantu proses pengupasan kulit buah aren setelah direbus. Buah aren memiliki kulit yang cukup tebal sehingga sulit ketika dikupas. Penggunaan talenan kayu ini akan mempermudah untuk membelah buah tersebut.

  • Sendok besar atau pengaduk

Sediakan juga alat pengaduk atau sendok besar. Alat pengolahan kolang kaling yang satu ini nanti akan dipakai untuk mengolah buah aren yang direbus agar bisa matang secara merata.

  • Baskom plastik

Anda juga perlu menyiapkan baskom plastik sebagai wadah dari biji buah aren yang telah dikeluarkan dari kulitnya agar tidak kotor. Baskom plastik ini juga sekaligus digunakan sebagai tempat perendaman untuk biji aren.

Di atas merupakan daftar alat pengolahan kolang kaling yang perlu dipersiapkan untuk mengolah buah aren menjadi kolang kaling. Alat-alat tersebut sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Jadi pastikan semua alat tersebut sudah siap sebelum membuat kolang kaling sebab jika ada alat yang tertinggal, maka itu bisa menghambat proses pengolahan buah aren menjadi kolang kaling. Selanjutnya, Anda akan mengetahui proses cara membuat kolang kaling.

Cara Membuat Kolang Kaling Manisan

Cara Membuat Kolang Kaling Manisan

Cara Membuat Kolang Kaling

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat kolang kaling:

  1. Memilih buah

Agar bisa menghasilkan kolang kaling dengan rasa yang pas, biasanya buah aren tidak langsung dipetik seluruhnya dari pohon. Ada satu trik cara membuat kolang kaling yang biasanya digunakan oleh para petani untuk mengetahui bahwa buah aren yang masih ada di pohon sudah layak untuk diolah menjadi kolang kaling atau belum. Caranya adalah dengan mengambil satu buah aren sebagai sampel. Buah aren ini dibelah untuk mengetahui kadar kematangannya apakah akan bisa menghasilkan kolang kaling yang enak atau tidak. Buah yang terlalu muda atau terlalu tua biasanya tidak akan dipakai karena akan membuat rasa kolang kaling menjadi tidak enak.

Buah yang masih terlalu muda tidak dipakai sebab teksturnya masih sangat lembek sehingga memang belum bisa diolah menjadi kolang kaling. Untuk jenis buah aren yang siap diolah menjadi kolang kaling memiliki ciri-ciri, yaitu tekstur buah yang kenyal sehingga bisa dengan mudah diolah. Anda juga perlu berhati-hati agar tidak memilih buah yang sudah kadaluarsa. Ciri buah aren yang sudah kadaluarsa seperti buahnya sudah berubah menjadi keras sehingga sudah sulit untuk diproses menjadi kolang kaling

  1. Memetik buah

Setelah menemukan buah yang pas untuk diolah, maka langkah cara membuat kolang kaling selanjutnya adalah memetik buah tersebut dari pohonnya. Anda harus berhati-hati ketika memetiknya sebab Anda bisa terkena getah pohon aren yang biasanya menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Satu pohon aren biasanya terdiri dari beberapa tandan buah aren yang siap untuk diolah. Untuk satu tandannya saja pada umumnya bisa dihasilkan 15 hingga 25 kg kolang kaling yang siap untuk dikonsumsi. Jangan lupa sediakan bakul atau karung goni sebagai wadah ketika memanen buah aren agar tidak berserakan kemana-mana sebab buah aren yang dipanen biasanya berjumlah besar. Buah aren bisa diolah langsung di tempat pemetikannya atau diolah di rumah.

  1. Perebusan atau pembakaran buah

Ada dua cara membuat kolang kaling yang pada umumnya dipakai untuk mengolah buah aren menjadi kolang kaling, yaitu dengan membakar buah aren atau merebus buah aren. Tujuan dari proses pengolahan buah aren dengan cara direbus atau dibakar ini adalah untuk menghilangkan lendir buahnya yang biasanya akan menimbulkan rasa gatal ketika terkena pada kulit. Untuk melakukan proses pengolahan dengan proses pembakaran caranya adalah dengan menumpukkan buah aren langsung di atas bara api. Lakukan proses ini hingga buah aren sedikit hangus, namun juga pastikan bahwa bijinya tidak sampai hangus agar tetap pas ketika dibuat menjadi kolang kaling.

Selain dengan proses pembakaran, orang pada umumnya juga mengolah buah aren menjadi kolang kaling dengan proses perebusan. Langkah-langkah untuk merebusnya, pertama adalah dengan menyiapkan panci atau belanga terlebih dahulu sebagai tempat untuk perebusan. Anda pun juga bisa menggunakan kuali atau drum bekas untuk merebus buah aren dalam jumlah yang banyak. Lalu cara membuat kolang kaling selanjutnya, isi panci atau belanga dengan air secukupnya hingga sehingga seluruh buah aren yang akan diolah menjadi kolang kaling di dalamnya terendam oleh air. Letakkan belanga berisi buah aren tersebut di atas kompor atau tungku. Rebuslah buah aren tersebut dalam waktu sekitar 1 hingga 2 jam sampai akhirnya benar-benar mendidih. Setelah mendidih, diamkan sampai airnya dingin. Lalu, angkatlah buah aren satu persatu dari tempat perebusan.

  1. Pengambilan biji

Setelah direbus dan didiamkan selama 30 menit, langkah selanjutnya adalah pengambilan biji yang dilakukan dengan cara membelah buah ini dengan menggunakan pisau di atas talenan kayu.

  1. Perendaman biji aren

Setelah dikeluarkan dari buahnya, bijinya harus melalui proses perendaman terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mempersiapkan baskom yang berisi air kapur. Lalu, biji-biji aren tersebut direndam dengan menggunakan air kapur sirih tersebut selama 2 atau 3 hari. Fungsi air kapur pada cara membuat kolang kaling ini adalah untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel serta mengenyalkan bijinya. Setelah direndam biji di cuci bersih dan siap untuk dikonsumsi atau di jual.

Itulah proses cara membuat kolang kaling. Kesuksesan dalam pemilihan buah aren yang baik hingga pada proses perendaman biji aren itu sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah jika akan dijual atau dipasarkan, biji harus tetap direndam di dalam air agar keadannya tetap segar dan kenyal.

Cara Membuat Kolang Kaling Sirup

Cara Membuat Kolang Kaling Sirup

Nah, ternyata cara membuat kolang kaling cukup mudah untuk dipelajari bukan? Anda sekarang sudah mengetahui apa saja alat yang diperlukan lengkap beserta proses pembuatannya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id sajikan di atas, Anda bisa membuat kolang kaling sendiri di rumah dengan mudah. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id bagikan tentang cara membuat kolang kaling semoga bermanfaat dan terima kasih.