jelas

Cara Membuat Kolak Pisang yang Lezat dan Enak

Cara Membuat Kolak Pisang – Kolak merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berkuah dan memiliki rasa manis. Bahan utama yang digunakan pada cara membuat kolak pisang ini tentunya pisang sehingga makanan ini juga identik dengan sebutan kolak pisang. Namun, banyak juga yang membuat kolak dengan campuran bahan-bahan lain seperti ubi, nangka, kolang-kaling, sekoteng, roti tawar dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan dari pembuatnya. Kolak ini merupakan sajian yang identik dengan bulan ramadhan sehingga sering disertakan sebagai salah satu menu takjil untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis ditambah dengan aroma dan tekstur lembut dari pisang memang menjadi kudapan favorit bagi yang telah seharian berpuasa. Selain karena cara membuat kolak pisang ini yang mudah, kuahnya terasa nikmat untuk diminium karena mendapat sedikit sentuhan rasa gurih dari santan yang digunakan. Meski memang lebih sering disajikan pada bulan ramadhan, namun kolak juga bisa dinikmati di hari-hari biasa di luar bulan ramadhan. Caranya tentu dengan membuat sendiri kolak tersebut. Pasalnya, jarang sekali orang yang menjual makanan ini jika tidak sedang bulan ramadhan. Nah untuk itu, Anda harus mengetahui cara membuat kolak pisang yang enak.

Cara Membuat Kolak Pisang

Cara Membuat Kolak Pisang

Cara membuat kolak pisang ini sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu pembuatan yang lama. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kolak pun bisa dengan mudah didapatkan. Untuk bisa membuat kolak pisang yang enak, maka Anda harus memperhatikan bahan-bahan yang akan dipakai. Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas baik terlebih lagi bahan utamanya, yaitu pisang. Pisang yang digunakan dalam cara membuat kolak pisang ini haruslah yang matang namun masih segar karena jika Anda menggunakan pisang yang belum matang atau malah terlalu matang maka rasanya akan jadi kurang nikmat. Jenis pisang yang digunakan juga akan mempengaruhi rasa dari kolak tersebut. Jenis pisang yang paling pas untuk membuat kolak adalah pisang kepok sebab dagingnya sangat lembut dan aromanya juga khas. Anda pun juga bisa menggunakan jenis pisang lainnya seperti pisang tanduk atau pisang raja. Nah, bagi Anda yang berniat untuk membuat kudapan manis bersantan ini namun lupa atau belum tahu resep, kali Jelas.id akan menjelaskan bagaimana cara membuat kolak pisang yang lezat.

Cara Membuat Kolak Pisang yang Enak

Bahan Membuat Kolak Pisang

Berikut ini adalah beberapa bahan membuat kolak pisang yang perlu disiapkan :

  • ½ kg pisang kepok matang yang masih segar
  • 1 ons kolang kaling (iris tipis atau dibelah menjadi tiga bagian)
  • 2 lembar daun pandan (ikat simpul)
  • 200 gram gula merah (iris atau sisir halus)
  • 200 ml santan kental
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • ½ sendok teh garam halus
  • 400 ml air
  • 100 gram labu kuning atau ubi (jika ingin menambahkan)
  • 50 gram nangka matang (jika ingin menambahkan)

Nah, itulah daftar bahan-bahan membuat kolak pisang yang harus tersedia. Bahan-bahan tersebut harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum membuat agar tidak ada yang terlewat ketika memasaknya. Selain bahan membuat kolak pisang yang disebutkan diatas, Anda pun bisa menambahkan bahan lain seperti nangka, labu kuning, ubi, atau roti tawar jika memang menginginkan kolak yang lebih meriah. Namun, resep dasarnya pun sebenarnya sudah mampu menghadirkan kolak yang lezat. Selanjutnya, yuk intip bagaimana cara membuat kolak pisang dari Jelas.id di bawah ini.

Cara Membuat Kolak Pisang Sederhana

Cara Membuat Kolak Pisang

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat kolak pisang:

  1. Langkah pertama dalam cara membuat kolak pisang adalah menyiapkan panci yang akan digunakan untuk memasak kolak.
  2. Kupas kulit pisang kepok dan potong menyerong dengan ukuran sekitar 2 cm.
  3. Rebus air, santan, dan gula merah di dalam panci dengan menggunakan api berukuran sedang sambal terus diaduk dengan hati-hati.
  4. Kemudian, cara membuat kolak pisang yang selanjutnya adalah memasukkan daun pandan untuk memberikan aroma pada kuahnya dan masak hingga gula merahnya larut di dalam air.
  5. Tambahkan vanili bubuk dan sedikit garam ke dalam panci dan aduk hingga merata.
  6. Masukkan pisang yang sudah dipotong, kolang-kaling, serta nangka dan ubi atau labu jika memang ingin menggunakannya.
  7. Masak hingga bahan-bahan matang dan empuk.
  8. Jangan lupa untuk terus diaduk saat memasak agar santan tidak pecah, menggumpal, atau luber ke luar panci.
  9. Setelah semua bahan matang, cara membuat kolak pisang ini pun selesai lalu matikan api dan angkat pancinya.
  10. Sajikan kolak ke dalam mangkuk atau wadah lain yang sudah disediakan.

Itulah langkah-langkah cara membuat kolak pisang yang dapat dilakukan. Dalam membuat kolak pisang Anda sebaiknya menggunakan gula merah sebagai pemanisnya sebab gula merah memiliki aroma khas yang lebih tercium jika digunakan dalam masakan. Namun semua kembali ke selera masing-masing. Jika Anda lebih suka menggunakan gula pasir maka boleh saja.

Cara Membuat Kolak Pisang yang Enak dan Lezat

Bagaimana cukup mudah bukan membuat kolak pisang? Apalagi jika Anda mengikuti langkah-langkah cara membuat kolak pisang yang telah Jelas.id sampaikan dengan seksama, maka Anda bisa membuat sendiri kolak pisang yang lezat kapan saja Anda mau tanpa harus menunggu momen ramadhan. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait dengan cara membuat kolak pisang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.