jelas

Cara Membuat Donat Kentang dan Bahan Lengkapnya

Bahan dan Cara Membuat Donat Kentang – Donat adalah salah satu makanan yang sangat populer di dunia, dimana biasanya bentuknya yaitu bundar dengan lubang melingkar ditengahnya seperti cincin. Donat biasanya dibuat dengan menggunakan bahan tepung ragi dengan atasan yang dilumuri berbagai topping seperti coklat, bubuk manis, ataupun manisan stawberry yang tentunya akan membuat rasanya semakin renyah untuk dimakan. Nah disini Jelas.id ingin mengenalkan kalian donat dengan cita rasa berbeda, yaitu kita memberikan pedoman cara membuat donat kentang dimana kentang akan digunakan sebagai salah satu dasar membuat donat yang akan dipadukan dengan tepung terigu. Lalu bagaimanca cara membuat donat kentang yang enak? Yuk langsung saja kita lihat artikel bahan dan cara membuat donat kentang yang Jelas.id sampaikan berikut ini.

Cara Membuat Donat Kentang

Cara Membuat Donat Kentang

Sebelum kita mengetahui cara membuat donat kentang tentunya kita harus mengetahui bahan membuat donat kentang terlebih dahulu sehingga kita dapat memastikan bahwa donat kentang yang akan kita buat mempunyai bahan dan takaran yang pas untuk membuat donat kentang kita memiliki rasa yang enak dan renyah. Bahan membuat donat kentang ini sangat mudah ditemukan di pasar ataupun swalayan sehingga kami rasa anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya. Bahan dasar untuk membuat donat kentang tentunya adalah kentang, namun selain itu anda juga harus memadukan dengan bahan lainnya agar bisa menjadikan kentang itu sebagai donat kentang yang anda impikan. Sebelum kita mengetahui cara membuat donat kentang dengan lengkap, yuk kita ketahui terlebih dahulu apa saja bahan membuat donat kentang yang kita perlukan.

Bahan Membuat Donat Kentang

Bahan Membuat Donat Kentang

  • 1/2 kg tepung terigu protein tinggi
  • 4 butir telor
  • 1/4 kg kentang
  • 1/4 kg mentega
  • 11 gram ragi instan
  • 1 sendok teh garam
  • 4 sendok makan gula (tergantung selera)
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 gelas air sekitar 100 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Nah itulah bahan membuat donat kentang yang kita perlukan untuk membuat donat kentang yang kita impikan. Namun Jelas.id  ingin menjelaskan bahwa bahan tersebut merupakan bahan dasar untuk membuat donat kentang, dalam artian donat kentang tersebut belum ditambahkan topping seperti coklat ataupun bubuk manis untuk membuat donat kentang tersebut memiliki citarasa yang lebih berwarna. Anda mungkin dapat menambahkan topping kreasi anda sendiri terhadap donat kentang yang anda buat. Nah setelah kita ketahui bahan-bahan untuk membuat donat kentang, kini saat yang tepat bagi anda untuk mengetahui cara membuat donat kentang yang enak. Ikuti cara membuat donat kentang yang Jelas.id sampaikan ini dengan seksama ya, agar donat kentang yang anda buat bisa sangat menghibur bagi siapa saja yang memakannya.

Cara Membuat Donat Kentang yang Enak

Cara Membuat Donat Kentang

  1. Cara membuat donat kentang yang pertama adalah dengan cara memotong kentang yang telah anda siapkan menjadi beberapa bagian, kemudian setelah terpotong rebus kentang tersebut sampai matang.
  2. Setelah selesai direbus, siapkan blender untuk menghaluskan kentang tersebut agar menjadi benar-benar halus. Jika anda tidak mempunyai blender maka anda bisa melakukan dengan cara manual yaitu ditumbuk hingga kentang tersebut menjadi halus.
  3. Siapkan tempat untuk mencampurkan kentang yang sudah dihaluskan tadi dengan bahan lainnya yaitu tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, dan baking powder. Setelah bahan-bahan tersebut dicampur kemudian aduk merata hingga sekitar 20 menit.
  4. Nah pada cara membuat donat kentang yang ke empat ini kita mengaduk adonan yang sudah kita buat sampai dengan setengah kalis. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai adonan tersebut mengembang.

Mungkin sebagian besar dari pembaca belum mengetahui apa itu kalis ya? Kalis adalah sebuah kondisi dimana adonan lentur dan tidak lengket di tangan. Namun untuk adonan donat agak berbeda, karena walaupun sudah benar-benar kalis maka donat masih tetap lengket di tangan. Hal ini dikarenakan donat memiliki bahan baku kentang.

  1. Untuk membuat donat kentang yang enak, hindari mencampurkan bahan ragi, mentega, dan garam secara bersama-sama karena jika dicampurkan secara bersamaan maka dapat membaut donat terkesan kaku dan tidak mengembang.
  2. Cara membuat donat kentang selanjutnya yaitu campurkan garam, mentega, dan juga air ke dalam adonan, kemudian aduk rata hingga sekitar 10 menit.
  3. Setelah itu anda dapat membagi adonan tersebut ke dalam beberapa bagian untuk selanjutnya didiamkan selama 15 menit.
  4. Setelah menunggu selama 15 menit, maka kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bentuk donat seperti biasanya dengan bentur bundar dengan lubang melingkar ditengahnya.
  5. Kemudian siapkan wajan dan tuangkan minyak ke dalamnya untuk menggoreng adonat donat kentang dengan api kecil. Goreng adonat donat kentang tersebut sampai donat tersebut memiliki warna kecoklatan. Anda bisa menggunakan sumpit untuk membantu dalam penggorengan agar lingkaran lubang tengah donat memiliki bentuk yang sempurna. Step ini merupakan cara membaut donat kentang yang terakhir, sehingga donat kentang anda siap dihidangkan.

Bagaimana cukup mudah kan membuat donat kentang dari rumah? Apabila anda mengikuti cara membuat donat kentang yang Jelas.id sampaikan dengan seksama, maka anda akan bisa membuat donat kentang yang benar-benar renyah untuk dimakan. Untuk hasil yang lebih maksimal maka anda bisa menambahkan topping seperti coklat, manisan stawberry, atau bubuk manis agar donat kentang yang anda buat menjadi semakin enak. Cara membuat donat kentang yang Jelas.id sampaikan diatas merupakan cara dasar untuk membuat donat kentang impian anda dari rumah. Yuk tunggu apalagi, segera buat donat kentang impian anda. Terimakasih sudah membaca artikel bahan dan cara membuat donat kentang yang Jelas.Id sampaikan.