jelas

Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus dengan Mudah

Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus – Cupcake coklat kukus merupakan salah satu jenis kue special khas Indonesia yang digemari banyak orang. Hal tersebut tidak lepas dari cara membuat cupcake coklat kukus tersebut yang tergolong tidak terlalu rumit. Bentuknya yang menyerupai cup dan dihiasai dengan beberapa hiasan di atasnya membuat kue ini semakin menarik. Sehingga, tak heran jika banyak ditemui sekian orang yang membeli cupcake coklat di toko roti. Selain itu, cupcake coklat kukus ini pun umumnya disajikan pada acara ultah atau pun pernikahan. Namun, jika Anda tahu cara membuat cupcake coklat kukus Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi jika anda belum mengetahui, jangan khawatir pada pembahasan ini Jelas.id akan membagikan info tersebut yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Sehingga, Anda pun tak perlu lagi membeli cupcake coklat kukus ini di toko roti. Selain itu, dengan mengetahui cara membuat cupcake coklat kukus ini maka Anda bisa membuatnya untuk dijadikan santapan cemilan bagi keluarga tercinta.

Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus

Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus

Nah, bagi Anda yang memang benar-benar menggemari kue yang satu ini maka Anda bisa menyimak penjelasan Jelas.id mengenai cara membuat cupcake coklat kukus dengan mudah yang akan dijelaskan melalui beberapa langkah. Namun, sebelum jauh membahas tentang hal ini, Anda perlu mengetahui beberapa bahan yang dibutuhkan dan dipersiapkan untuk membuat cupcake coklat kukus ini. Hal ini perlu dilakukan mengingat bahan-bahan dari cara membuat cupcake coklat kukus ini merupakan langkah awal dalam proses membuat cupcake coklat kukus. Lalu, apa saja sih bahan-bahan yang diperlukan? Yuk, tak perlu berlama-lama, di bawah ini akan dijelaskan beberapa bahan membuat cupcake coklat kukus yang sangat berguna sekali dalam cara membuat cupcake coklat kukus yang akan Jelas.id paparkan dibawah.

Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus Sederhana

Bahan-Bahan Membuat Cupcake Coklat Kukus

Berikut Bahan-Bahan Membuat Cupcake Coklat Kukus kukus yang perlu dipersiapkan, antara lain :

  1. 3 butir telur ayam
  2. 100 gr gula pasir
  3. 1 sendok teh cake emulsifier
  4. 75 gr tepung terigu
  5. 1 sendok teh susu bubuk
  6. 100 gr margarin dalam bentuk cair atau yang sudah dilelehkan.
  7. 75 gr coklat batang yang sudah dilelehkan
  8. 2 sendok teh baking powder

Untuk takaran bahan-bahan membuat cupcake coklat kukus yang dipersiapkan tersebut, bisa siapkan sesuai dengan selera masing-masing. Namun, takaran bahan membuat cupcake coklat kukus yang disajikan di atas disesuaikan dengan takaran standar. Sehingga, bagi Anda yang masih pemula dalam melakukan proses cara membuat cupcake coklat kukus ini sangat disarankan untuk mengikuti takaran bahan yang telah Jelas.id paparkan di atas.

Nah, untuk membuat butter cream, berikut bahan-bahannya :

  1. 100 gr mentega putih
  2. 50 gr gula bubuk
  3. 1 sendok makan susu kental manis
  4. Meses secukupnya

Selain bahan-bahan membuat cupcake coklat kukus yang sudah dijelaskan tersebut, Anda juga harus mempersiapkan beberapa alat yang nantinya digunakan dalam proses pembuatannya. Antara lain seperti kocokan telur, cetakan muffin, papper cup, piping bag dan teflon. Selain itu, dari beberapa bahan yang perlu dipersiapkan di atas, Anda bisa membelinya di toko penjual bahan-bahan roti. Nah, setelah bahan-bahan membuat cupcake coklat kukus tadi dipersiapkan, kini saatnya menginjak pada sesi berikutnya, yaitu cara membuat cupcake coklat kukus.

Cara Buat Cupcake Coklat Kukus

Cara Membuat Cupcake Coklat Kukus

Setelah bahan-bahan disiapkan, selanjutnya ita akan membahas cara membuat cupcake coklat kukus:

  1. Cara membuat cupcake coklat kukus yang pertama yaitu campur dan kocok telur ayam, gula pasir, dan cake emulsifier ke dalam sebuah wadah sampai berwarna putih dan tampak mengembang.
  2. Langkah selanjutnya, Anda bisa menambahkan adonan tadi sedikit demi sedikit tepung terigu, susu bubuk dan 1-2 sdt baking powder sambil diayak. Aduk hingga benar-benar rata.
  3. Jika sudah tercampur rata maka cara membuat cupcake coklat kukus selanjutnya yaitu dengan mencapurkan margarin dan coklat yang telah dilelehkan tadi ke dalam adonan tersebut. Aduk-aduk sampai campuran bahan-bahan tersebut benar-benar merata.
  4. Jika dirasa adonan telah merata semua maka selanjutnya Anda bisa menuangkan adonan tersebut ke dalam sebuah cetakan mufflin yang sebelumnya sudah dialasi dengan paper cup dengan ukuran ¾ penuh.
  5. Kukuslah adonan tadi sampai matang. Biasanya membutuhkan waktu selama kurang lebih antara 15 – 20 menit. Sampai di sini, cara membuat cupcake coklat kukus sudah mendekati proses selesai.
  6. Sambil menunggu proses pengukusannya matang, Anda bisa mempersiapkan butter cream.
  7. Untuk membuat butter cream, campurkan bahan butter cream seperti mentega putih, gula halus yang sudah diayak terlebih dahulu, dan susu kental manis. Lalu, aduk bahan-bahan tersebut sampai lembut dan mengembang. Pada proses ini, Anda bisa memberi esen perasa coklat untuk memperkuat citarasa cupcake coklat kukus tersebut.
  8. Jika sudah, masukkan butter cream tadi dalam piping bag.
  9. Setelah adonan yang dikukus tadi dirasa sudah matang maka angkat dan hias cupcake coklat ini dengan better cream dan meses coklat.
  10. Nah, cara membuat cupcake coklat kukus ala Jelas.id sudah selesai dibuat, sekarang anda bisa menikmatinya.

Nah, dari sekian langkah-langkah dalam cara membuat cupcake coklat kukus di atas, mungkin kesulitan yang akan ditemui yaitu pada proses mencapur bahan-bahan untuk membuat adonan utama. Pasalnya, adonan akan sulit mengembang jika takaran kurang pas dan cara mengaduknya yang terlalu lama. Oleh sebab itu, selalu perhatikan takaran dan proses pengadukannya agar membuat adonannya mengembang.

Cara Buat Cupcake Coklat Kukus

Cukup mudah bukan? Setelah mengetahui cara membuat cupcake coklat kukus yang telah Jelas.id jelaskan di atas maka Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Sehingga, Anda tak perlu lagi membeli cupcake coklat di toko. Bahkan, jika Anda berhasil tak menutup kemungkinan cupcake coklat kukus buatan Anda bisa menjadi bisnis makanan yang cukup menjanjikan. Nah, itulah penjelasan mengenai cara membuat cupcake coklat kukus yang telah Jelas.id sampaikan. Semoga paparan di atas bisa menjelaskan secara tepat dan mudah Anda pahami. Sekian dan terimakasih.