jelas

Cara Membersihkan Layar HP dengan Benar

Cara Membersihkan Layar HP – Memang akhir-akhir ini banyak orang yang mencari cara membersihkan layar HP dengan benar, hal ini dikarenakan HP atau biasa disebut dengan ponsel memang dikenal sebagai salah satu media elektronik sejuta umat yang berguna menunjang aktivitas komunikasi setiap orang. Bahkan, tak hanya untuk komunikasi saja, interaksi media sosial atau pun aktivitas di dunia maya pun sekarang sudah banyak yang menggunakan ponsel pintar atau biasa disebut dengan smartphone. Di era seperti saat ini, smartphone pun sudah banyak menggunakan model atau tipe layar sentuh yang biasa disebut juga dengan touch screen sebagai pengganti tombol navigasi atau keypad. Tentu, dengan adanya layar sentuh pada sebuah HP akan lebih memberi kemudahan kepada para penggunanya. Namun seuai dengan pembahas kita kali ini yaitu cara membersihkan layar HP dengan benar, hal tersebut juga bukan berarti tanpa kekurangan sebab penggunaan layar sentuh pada HP pun juga bisa menimbulkan masalah lain jika saat penggunaannya kurang hati-hati dan tidak pernah dirawat dengan baik. Oleh sebab itu, perawatan layar HP memang menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh setiap pemilik HP berlayar sentuh. Salah satunya yaitu menjaga kebersihan layar HP. Tentunya, jika sudah terlanjut kotor, Anda perlu mengikuti cara membersihkan layar HP yang Jelas.id bagikan berikut ini.

Cara Membersihkan Layar HP

Cara Membersihkan Layar HP

Sebelum membahas tentang cara membersihkan layar HP, tentu perlu disadari bahwa biasanya layar pada HP mudah kotor atau berminyak karena seringnya tangan kita menyentuh layar tersebut. Dengan demikian, seperti yang sudah dipaparkan di atas maka membersihkan layar HP secara rutin menjadi suatu kewajiban bagi setiap penggunanya. Namun, tak jarang juga masih banyak orang yang merasa bingung bagaimana cara membersihkan layar HP yang baik dan benar supaya tidak merusak layar sentuhnya. Bahkan, karena belum mengerti, banyak orang yang asal-asalan membersihkan layar HP dengan kain kasar atau bahan kimia lain yang dianggap bisa membersihkan layar HP mereka. Padahal, hal tersebut belum tentu baik untuk HP Anda. Dengan begitu, tentu Anda bertanya-tanya, kira-kira bagaimana dong cara membersihkan layar HP yang baik dan benar tanpa merusaknya? Anda tak perlu bingung dan jangan khawatir, karena pada sesi kali ini Jelas.id akan membantu Anda dengan memberikan informasi mengenai cara membersihkan layar HP yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan di rumah. Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama.

Cara Membersihkan Layar HP Dengan Benar

Perlengkapan untuk Membersihkan Layar HP

Berikut ini beberapa perlengkapan untuk membersihkan layar HP anda:

  • Kain microfiber atau kain lembut. Dalam hal ini, jangan menggunakan kain tisu sebagai perlengkapan untuk membersihkan layar HP. Sebab sangat berpotensi layar HP akan tergores.
  • Minyak kayu putih.
  • Air murni hasil penyulingan yang sudah dimasukkan dalam botol semprot. Supaya memberi hasil yang lebih optimal, Anda bisa mencampurnya dengan cuka.
  • Kapas yang lembut.

Nah itulah beberapa perlengkapan yang perlu Anda siapkan untuk membersihkan layar HP, sebelum kita lanjut untuk mengetahui cara membersihkan layar HP dengan benar. Hal ini diperlukan supaya nanti dalam proses pembersihannya Anda lebih mudah dalam menerapkannya. Terkait hal tersebut, ada 4 perlengkapan yang bisa Anda persiapkan untuk mengaplikasikan cara membersihkan layar HP nantinya.

Cara Membersihkan Layar HP Yang Buram

Cara Membersihkan Layar HP

Berikut ini beberapa cara membersihkan layar HP dengan benar:

  1. Cara membersihkan layar HP yang pertama yaitu matikan HP dan lepas baterainya. Proses pelepasan baterai ini sebagai tindakan untuk mengurangi kerusakan apabila nanti dalam proses pembersihan tidak sengaja membasahinya.
  2. Setelah itu, lap layar sentuh pada HP Anda secara perlahan dengan kain microfiber yang kering untuk menghilangkan bekas-bekas sentuhan ataupun minyak. Dalam proses cara membersihkan layar HP ini, disarankan searah dan jangan memutar-mutar untuk menghindari kemungkinan goresan dari debu-debu kecil yang tak nampak mata.
  3. Oleskan sedikit minyak kayu putih pada kain atau kapas yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Lap layar Anda dengan secara searah hingga minyak kayu putihnya hilang. Proses pengelapan jangan diputar-putar. Sejatinya, ini merupakan inti dari cara membersihkan layar HP ini.
  4. Jika Anda menemui kotoran yang sulit dihilangkan atau dibersihkan maka semprotkan sedikit air murni hasil penyulingan pada kain lap tersebut untuk mengelap layar Anda. Dalam melaksanakan cara membersihkan layar HP ini, disarankan sedikit saja melakukan semprotan dan berhati-hati supaya cairan tidak masuk dalam komponen HP.
  5. Bersihkan layar HP Anda tersebut dengan menggunakan kain microfiber untuk menghilangkan cairan yang kemungkinan masih menempel pada layar.
  6. Setelah itu, biarkan beberapa saat hingga mengering secara alami. Sekali lagi, hindari penggunaan hair dryer dalam cara membersihkan layar HP ini.
  7. Jangan menghidupkan HP Anda jika memang dirasa belum benar-benar kering.

Setelah keempat perlengkapan tersebut Anda persiapkan maka tahap selanjutnya yaitu langkah-langkah dalam cara membersihkan layar HP diatas. Namun, sebelum Anda membersihkannya, matikan terlebih dahulu HP Anda dan apabila HP Anda basah dikeringkan secara alami. Dalam hal ini, hindari penggunaan hair dryer sebab perangkat HP memiliki komponen yang peka terhadap panas di mana mudah rusak jika terkena panas. Jika sudah, maka anda siap untuk mengikuti cara membersihkan layar HP yang Jelas.id informasikan diatas.

Cara Membersihkan Layar HP Yang Berminyak

Bagaimana kawan? Mudah kan cara membersihkan layar HP ini? Anda bisa melakukannya secara rutin atau setiap 3 hari sekali. Hal ini untuk mencegah banyaknya kotoran yang menempel pada layar HP, terutama minyak yang biasanya berasal dari tangan kita ketika menyentuh layarnya. Selain itu, hal yang perlu diingat bahwa dalam membersihkan layar HP, hindari penggunaan bahan kimia yang berkarakter keras seperti alkohol atau sejenisnya. Demikianlah informasi yang telah Jelas.id sampaikan mengenai cara membersihkan layar HP yang baik dan benar, mulai dari persiapan perlengkapannya hingga pada proses pembersihannya. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba.