jelas

Cara Membersihkan Kuku Seperti di Salon

Cara Membersihkan Kuku – Kuku adalah bagian tubuh yang memiliki kemampuan untuk tumbuh karena kemampuan tumbuh tersebt tidak jarang kuku menjadi masalah karena kotor, maka dari itu Anda harus mengetahui cara membersihkan kuku dengan benar. Kuku bisa ditemukan pada ujung jari, baik jari tangan maupun jari kaki. Kuku ini tumbuh dari sejenis sel seperti gel lembut yang makin lama makin mengeras. Kuku memiliki kulit ari yang digunakan untuk melindunginya dari berbagai macam kotoran. Fungsi utama dari kuku tak lain adalah melindungi ujung jari yang memiliki area lebih lembut dibandingkan dengan bagian kuku yang lain dan dipenuhi dengan urat saraf. Untuk itu dengan memahami cara membersihkan kuku yang baik dan benar tentu akan membuat bagian tubuh yang satu ini menjadi tetap menarik. Kuku ini meski strukturnya tak begitu keras namun masih masuk bagian dari tulang dan kehadirannya dapat meningkatkan daya sentuh. Pertumbuhan kuku pada jari-jari tangan diketahui lebih cepat dibandingkan dengan kuku yang ada di jari kaki. Kuku tangan diperkirakan bisa tumbuh sekitar 1,5 mm setiap minggu. Karena pertumbuhan bagian tubuh yang satu ini lumayan cepat, dengan mengetahui cara membersihkan kuku yang benar hal tersebut dapat menjaga kesehatannya serta menghindari dari berbagai masalah yang biasanya menyerang kuku tersebut.

Cara Membersihkan Kuku

Cara Membersihkan Kuku

Mengetahui cara membersihkan kuku yang benar merupakan hal yang penting dan sebaiknya dilakukan secara rutin. Terlebih bagi, Anda yang suka dengan kuku panjang. Jika Anda malas untuk membersihkan kuku maka kuku tak hanya akan terlihat kotor namun Anda juga akan mengundang berbagai masalah lain seperti penyakit-penyakit tertentu yang sering menyerang bagian tubuh ini. Jika sudah terkena masalah kuku, maka hal ini bisa mempengaruhi penampilan sehingga tak heran jika banyak orang yang kemudian menjadi kurang percaya diri, misalnya dengan kuku yang rapuh. Menghias kuku dengan berbagai kuteks merupakan kebiasaan yang sering dilakukan kaum wanita untuk membuat kuku mereka terlihat menarik. Hal tersebut boleh saja dilakukan, namun pastikan Anda mengetahui cara membersihkan kuku dengan tepat dan jangan memakainya pada kuku dalam jangka waktu yang lama sebab bahan kimia yang ada didalamnya bisa sedikit demi sedikit merusak kuku Anda. Membersihkan kuku bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, kali ini Jelas.id akan berbagi tentang cara membersihkan kuku agar kesehatannya tetap terjaga.

Cara Membersihkan Kuku Dengan Lemon

Masalah yang Ditimbulkan Kuku Kotor

Berikut ini adalalah beberapa masalah yang ditimbulkan kuku kotor dan tidak dibersihkan secara rutin:

  • Masalah yang ditimbulkan kuku kotor adalah kuku akan menjadi rumah bagi kuman dan virus. Jika kuman dan virus tersebut ikut tertelan saat kita makan, maka hal ini bisa menimbulkan beberapa masalah pencernaan seperti diare.
  • Kuku yang tak dibersihkan juga bisa menimbulkan masalah alergi di beberapa bagian tubuh seperti mulut dan mata. Hal ini karena kuman dan virus yang bersarang di bagian bawah kuku Anda akan berpindah ke bagian tubuh tertentu ketika Anda menyentuh atau menggaruknya.
  • Cantegan juga merupakan salah satu masalah yang ditimbulkan kuku kotor. Bakteri dan kuman yang menumpuk pada kuku bisa mengakibatkan peradangan di bagian bawah kuku yang dalam kondisi parah bisa membuat kuku tersebut dilepas.
  • Masalah yang ditimbulkan kuku kotor yang paling sering terjadi adalah jamur, terutama pada kuku kaki yang kondisinya lebih lembab sehingga menjadi tempat yang mendukung untuk tumbuhnya jamur.

Itulah beberapa masalah yang ditimbulkan kuku kotor dan jarang di bersihkan. Meski terkesan sepele namun akan lebih baik jika Anda memiliki kesadaran untuk membersihkan kuku secara rutin agar terhindar dari berbagai masalah di atas. Selanjutnya, Jelas.id akan membahas mengenai cara membersihkan kuku yang benar.

Cara Membersihkan Kuku Dengan Semangka

Cara Membersihkan Kuku

Berikut ini adalah cara membersihkan kuku yang benar dengan memanfaatkan bahan-bahan alami:

  1. Cara membersihkan kuku yang pertama adalah menggunakan lemon atau jeruk nipis, kedua hal tersebut bisa digunakan untuk membersihkan kuku dan mengembalikan kuku yang menguning akibat jarang dibersihkan. Caranya adalah dengan membuat beberapa irisan lemon atau jeruk nipis dan mengoleskannya ke permukaan kuku dan biarkan selama beberapa waktu agar meresap. Menggunakan lemon atau jeruk nipis untuk membersihkan kuku secara rutin tak hanya akan membuat kuku terlihat bersih tetapi juga mengkilat.
  2. Kulit semangka juga bisa dipakai untuk cara membersihkan kuku. Cara penggunaannya adalah dengan menggosokkan kulit semangka ke permukaan kuku dan biarkan sebentar agar air dari kulit semangka tersebut meresap ke kuku. Lalu, bersihkan kuku dengan kain kering.
  3. Getah pepaya ternyata juga memiliki manfaat untuk membersihkan dan merawat kuku agar tidak gampang pecah dan mengelupas. Cara membersihkan kuku menggunakan getah papaya ini adalah dengan mengoleskan getah pepaya ke permukaan kuku dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat untuk membersihkan sisa getah yang masih menempel.

Cara membersihkan kuku di atas merupakan beberapa contoh bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan kuku. Sebenarnya, Anda pun bisa memilih untuk melakukan perawatan kuku di salon untuk membersihkannya. Namun, dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini tentu Anda bisa lebih menghemat pengeluaran dan hasilnya juga tak kalah efektif asal dilakukan secara rutin.

Cara Membersihkan Kuku Dengan Pepaya

Nah, ternyata cara membersihkan kuku untuk mendapatkan kuku yang terlihat mengkilat pun tak harus membayar mahal, bukan? Bahkan, bahan-bahannya pun bisa ditemukan di sekitar Anda. Dengan mengikuti setiap langkah yang telah Jelas.id paparkan di atas, Anda bisa mendapatkan kuku yang bersih dan indah dengan berbekal perawatan kuku ala rumahan. Demikian tips yang bisa Jelas.id bagikan mengenai cara membersihkan kuku. Semoga bermanfaat dan terima kasih.