jelas

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Benar

Cara Membersihkan Kaca Mobil – Kaca mobil adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Sebab, kaca pada mobil memiliki fungsi untuk menjaga pengemudi dan penumpangnya dari panas dan hujan. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki mobil, tentu merupakan suatu kewajiban bagi Anda untuk selalu membersihkan kaca mobil. Hal ini tak lepas dari pengaruh dan manfaatnya tersebut bagi Anda sebagai pengendaranya. Perawatan dan pembersihan kaca mobil harus Anda lakukan secara rutin supaya tidak berembun, buram ataupun tergores bahkan berminyak. Dengan demikian, jika kaca mobil selalu dibersihkan maka pandangan Anda ketika berkendara tidak akan terganggu dan tentunya Anda akan lebih merasa nyaman. Namun, mungkin sebagian orang yang memiliki mobil masih belum mengetahui cara membersihkan kaca mobil yang baik dan benar. Padahal, sebagai pemilik mobil, harus mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkan kaca mobil. Terkait hal tersebut, Jelas.id akan membantu Anda dengan memberikan informasi mengenai cara membersihkan kaca mobil dengan benar.

Cara Membersihkan Kaca Mobil

Cara Membersihkan Kaca Mobil

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, cara membersihkan kaca mobil merupakan perawatan rutin kaca mobil yang harus dilakukan oleh sang pemilik mobil. Banyak dari pemilik mobil membersihkan kaca mobil secara asal-asalan tanpa mengetahui teknik dasar dalam proses pembersihannya. Padahal, jika dibersihkan dengan cara yang asal, justru tak menutup kemungkinan akan merusak peredaman panas dan bisa mengakibatkan buram pada kaca mobil Anda. Selain itu, Anda juga harus selalu menjaga dan mencegah agar kaca mobil Anda terhindar dari beberapa goresan, buram, dan selalu tampak bening serta kinclong. Tindakan pencegahan ini juga perlu Anda lakukan supaya dalam proses pembersihannya nanti tidak terlalu berat. Oleh sebab itu, sebelum jauh membahas bagaimana cara membersihkan kaca mobil, berikut Jelas.id ingin memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna mencegah timbulnya goresan dan pudar. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Benar

Merawat Kaca Mobil

Sebelum Anda mengetahui cara membersihkan kaca mobil, ada baiknya diketahui terlebih dahulu beberapa tips merawat kaca mobil sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi kotoran dan debu pada kaca mobil Anda. Sehingga, pembersihan secara rutin pun akan terasa lebih ringan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah disamping cara membersihkan kaca mobil yang nanti akan dijelaskan Jelas.id :

  • Hal yang paling penting dalam merawat kaca mobil adalah dengan selalu bersihkan kaca mobil setiap selesai Anda kendarai. Anda bisa menggunakan kemoceng yang lembut untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel pada kaca.
  • Jangan bersihkan menggunakan deterjen sebab deterjen mengandung zat abrasif yang akan merusak kaca mobil Anda.
  • Tips merawat kaca mobil yang selanjutnya adalah dengan menghindari parkir di lokasi yang terkena matahari langsung sebagai tindakan pencegahan untuk menghindari tumbuhnya jamur.
  • Jika hujan, sesegera mungkin bersihkan kaca mobil yang terkena embun agar tak berjamur.
  • Hindari penggunaan bahan kimia berbahaya dalam membersihkan kaca mobil juga merupakan tips penting dalam merawat kaca mobil.
  • Perhatikan juga debu atau kotoran pada karet jendela. Sebab, debu atau kotoran pada bagian tersebut sangat berpotensi membuat kaca mobil Anda tergores.
  • Terakhir, bersihkan kaca menggunakan lap lembut untuk menghindari baret atau goresan. Hal ini penting dalam merawat kaca mobil, pasalnya terkadang lap yang digunakan mengandung butiran pasir kecil yang berbahaya bagi kesehatan kaca mobil.

Merawat Kaca Mobil

Cara Membersihkan Kaca Mobil

Berikut ini 7 cara membersihkan kaca mobilyang dapat anda ikuti untuk membuat kaca mobil anda bersih:

  1. Cara membersihkan kaca mobil yang pertama yaitu dengan mengelap kacanya terlebih dahulu, Gunakan kain yang lembut. Dalam hal ini, gunakan kain microfiber dan lap kaca mobil dengan arah searah, jangan memutar. Jangan gunakan juga bahan kimia atau alkohol yang tidak direkomendasikan untuk membersihkan kaca mobil.
  2. Pastikan lokasi untuk mencuci mobil tidak terkena paparan matahari langsung. Sebab air bisa cepat mengering serta akan meninggalkan residu yang berdampak timbulnya bercak pada permukaan kaca.
  3. Untuk melaksanakan cara membersihkan kaca mobil ini, Anda bisa menggunakan shampo rambut atau air tembakau.
  4. Jika Anda menggunakan shampo rambut, oleskan shampo pada kaca mobil secara merata atau pada bagian yang dirasa perlu dibersihkan. Gosok kaca dengan kain lembut secara searah dan hindari gerakan memutar atau berlawanan arah sebab justru akan membuat kaca semakin buram. Dalam menerapkan cara membersihkan kaca mobil model ini, Anda tak perlu menggunakan air, cukup mengoleskan shampo rambut secukupnya pada kaca mobil Anda yang terlihat buram atau berjamur.
  5. Di sisi lain, jika Anda akan menggunakan air tembakau maka caranya agak sedikit berbeda. Cara membersihkan kaca mobil model ini perlu mengambil segenggam tembakau lalu rendam dalam air selama 15 menit. Pastikan air di dalamnya tidak tercampur sabun atau shampo. Sembari menunggu rendaman tembakau, Anda bisa membersihkan kaca mobil dengan air bersih. Jika air rendaman dirasa sudah siap untuk digunakan, basahi kaca mobil Anda dengan air rendaman tembakau tadi lalu gosok secara perlahan dengan busa yang lembut. Dalam menerapkan cara membersihkan kaca mobil ini, usahakan jangan ada tembakau yang ikut menempel pada kaca sewaktu pembersihan.
  6. Ketika proses pembersihan, perhatikan sela-sela karet jendela, biasanya banyak kotoran di bagian itu. Bersihkan sebersih mungkin karena kotoran yang menempel pada bagian ini sangat berpotensi menimbulkan goresan atau baret pada kaca film mobil.
  7. Anda bisa menerapkan cara membersihkan kaca mobil ini dalam kurun waktu sehari sekali saja.

Itulah 7 cara membersihkan kaca mobil yang dapat Jelas.id sampaikan, setelah sebelumnya Jelas.id juga menyampaikan tips merawat kaca mobil untuk melengkapi artikel yang membahas kaca mobil ini. Jika kaca mobil Anda sudah terlanjur kotor, berjamur dan bahkan buram sehingga sulit untuk dibersihkan maka sangat tepat bila anda mengikuti tahapan-tahapan cara membersihkan kaca mobil yang Jelas.id sampaikan diatas agar kaca mobil anda kembali bersih. Selain itu, cara membersihkan kaca mobil ini memang dikhususkan untuk kaca mobil Anda yang sudah benar-benar kotor dan sulit untuk dibersihkan. Bagaimana mudah bukan mengikuti cara-cara yang Jelas.id terangkan diatas?

Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram

Ketujuh cara membersihkan kaca mobil tersebut akan sangat bermanfaat untuk membuat kaca mobil Anda bersih, bening, dan kinclong tanpa menimbulkan goresan. Demikian beberapa tahapan mengenai cara membersihkan kaca mobil secara baik dan benar yang bisa Anda terapkan di rumah. Jika beberapa langkah tersebut dilakukan secara urut dan benar maka kaca mobil Anda akan selalu terawat dengan baik. Semoga artikel yang membahas merawat kaca mobil dan cara membersihkan kaca mobil ini bermanfaat ya!