jelas

Cara Membersihkan Dispenser Air Minum dengan Tepat

Cara Membersihkan Dispenser – Sebelum kita mengetahui cara membersihkan dispenser dengan tepat, tentunya di era seperti saat ini terutama di perkotaan besar kehadiran dispenser menjadi suatu perabot rumah tangga yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan air minum di rumah. Bahkan, dispenser memang dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan air dingin maupun air panas secara praktis. Oleh sebab itulah, dispenser pun menjadi salah satu pilihan alternatif dalam memenuhi kebutuhan air minum. Namun, dalam hal ini dispenser juga perlu untuk dirawat dan dibersihkan secara rutin supaya awet dan terhindar dari kotoran-kotoran. Tentu, hal tersebut merupakan kewajiban bagi si pemilik dispenser untuk membersihkannya. Sebab, kebersihan air dalam dispenser akan bergantung juga bagaimana Anda membersihkannya. Akan tetapi, mungkin ada beberapa orang yang masih belum mengetahui cara membersihkan dispenser yang baik dan benar, mungkin juga termasuk Anda. Padahal, cara membersihkannya cukup mudah dan bisa Anda terapkan di rumah jika tahu caranya. Mau tahu caranya?

Cara Membersihkan Dispenser

Cara Membersihkan Dispenser

Sebenarnya, cara membersihkan dispenser ini bisa Anda lakukan rutin setiap 5 minggu sekali. Atau mungkin bisa juga Anda lakukan ketika pergantian galon tiba. Setiap hari pun Anda bisa membersihkan bagian luar dispenser dengan lap bersih. Selain itu, seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa mengingat hubungannya sangat erat dengan air yang masuk ke dalam tubuh Anda, tentu dispenser air minum perlu dibersihkan secara rutin dengan cara yang tepat. Hal ini sangat berguna untuk menghindari akan bahayanya kontaminasi. Oleh sebab itu, dispenser harus dibersihkan secara rutin dan dilakukan dengan cara setepat mungkin. Anda bisa menggunakan bahan karbol sebagai campuran untuk membersihkan dispenser tetapi apabila menggunakan bahan karbol maka takaran yang akan digunakan sebagai campuran harus tepat dan jika sudah selesai maka harus segera dibilas sampai tuntas serta bau karbolnya hilang. Terkait cara membersihkan dispenser tersebut, berikut beberapa alat yang perlu Anda persiapkan untuk membersihkan dispenser.

Cara Membersihkan Dispenser Dengan Mudah

Perlengkapan Untuk Membersihkan Dispenser

Berikut beberapa perlengkapan yang perlu Anda persiapkan dalam menerapkan cara membersihkan dispenser ini, antara lain :

  • Karbol yang tak memiliki bau terlalu tajam sebanyak 1 sendok teh saja
  • Ember besar
  • 6 gayung air bersih
  • Kain microfiber. (Anda bisa menggunakan lap lembut yang bersih)
  • Sarung tangan karet untuk melindungi kulit tangan. (Optional)

Kelima perlengkapan tersebut harus Anda persiapkan dalam melaksanakan cara membersihkan dispenser ini. Kecuali sarung tangan sebab hal tersebut optional, bisa digunakan atau tidak. Hal terpenting yaitu pada dosis karbol di mana untuk setiap satu sendok teh hanya untuk 6 liter (6 gayung). Jangan sampai kurang dari itu untuk menghindari kontaminasi karbol pada dispenser yang merupakan efek sampingan dari cara membersihkan dispenser ini.

Cara Membersihkan Dispenser Bagian Tabung

Cara Membersihkan Dispenser

Setelah beberapa perlengkapan telah Anda persiapkan maka selanjutnya tentu melaksanakan cara membersihkan dispenser ini. Dalam proses ini, ada 2 langkah proses pembersihan, yaitu pembersihan tabung dispenser (dalam kasus ini tabung elektronik) dan pembersihan pada keran dispenser. Berikut ini langkah-langkah cara membersihkan dispenser yang bisa Anda terapkan di rumah :

  • Cara Membersihkan Dispenser Bagian Tabungnya
  1. Cara membersihkan dispenser air minum elektronik yang pertama yaitu putuslah aliran listrik dan pindahkan galonnya.
  2. Setelah itu, buang air di dalam dispenser melalui keran. Anda bisa melakukan ini sambil mengocok tabungnya secara perlahan.
  3. Selanjutnya, lepaslah alas penampung tetesan air yang letaknya biasanya di bawah keran dan penyaring air di dalam dispenser.
  4. Jika sudah, cara membersihkan dispenser yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan campuran karbol tadi sesuai dosis yang telah diutarakan pada persiapan perlengkapan.
  5. Berikutnya, ambil kain microfiber lalu basahi dengan larutan karbol. Peras dan lap bagian dalam dari tabung dispenser ini.
  6. Setelah itu, rendamlah penampung tetesan air dan saringan ke dalam ember yang sudah dicampur larutan karbol tadi. Diamkan selama 5 – 10 menit saja.
  7. Kemudian, bilaslah tabung dispenser dengan menggunakan air yang bersih. Ingat, proses pembilansan ini merupakan proses yang amat penting dalam cara membersihkan dispenser Lakukan pembilasan ini sebanyak i3 kali. Jika dirasa masih tercium bau karbol, maka bilas kembali untuk menghilangkan sisa-sisa campuran karbol sampai hilang.
  8. Jika dirasa tabungnya sudah bersih maka cara membersihkan dispenser selanjutnya tentu beralih untuk mencuci penampung tetesan air dan saringan yang telah direndam tadi dengan menggunakan kain microfiber. Bilas dengan air bersih sampai bau karbol hilang.
  9. Setelah semua selesai, ada baiknya ditunggu beberapa saat hingga air bilasan tadi mengering.
  10. Pasang kembali beberapa komponen yang ada pada dispenser dan pasang gallon air baru. Sentuhan terakhir dalam cara membersihkan dispenser ini adalah membuang air pemasangan galon sekitar 1-2 gelas untuk menguras seluruh sisa-sisa yang mungkin tertinggal.

Cara Membersihkan Dispenser Bagian Keran

  • Cara Membersihkan Dispenser Bagian Keran
  1. Hal pertama dalam cara membersihkan dispenser pada bagian keran, perlu mengamati struktur keran tersebut terlebih dahulu. Jika keran pada dispenser bisa dilepas maka lepaslah kerannya dan rendam dalam larutan karbol tadi selama 5 menit saja. Ketika direndam, bersihkan sela-sela keran untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel.
  2. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan cara dialiri air bersih untuk menyemprot pada bagian dalam atau sela-sela pada keran. Hal ini untuk memaksimalkan supaya air bersih bisa masuk dan menghilangkan karbol yang masuk pada sela-sela keran tersebut. Hal yang perlu dicatat, bilaslah sampai bau karbolnya hilang. Hal tersebut untuk memastikan bahwa cara membersihkan dispenser ini telah selesai dengan sempurna.

Cara Membersihkan Dispenser Air Minum

Beberapa langkah yang bertahap tersebut merupakan cara membersihkan dispenser menggunakan karbol. Jika langkah-langkah tersebut Anda terapkan secara urut dan benar maka dispenser Anda bisa dibersihkan secara maksimal. Demikianlah artikel mengenai cara membersihkan dispenser yang baik dan benar yang bisa Anda lakukan di rumah. Terimakasih dan selamat mencoba.