jelas

Cara Membersihkan AC dengan Benar

Cara Membersihkan AC – Penyejuk udara atau AC (Air Conditioner) di era saat ini banyak sekali digunakan sebagai alat untuk menyejukkan udara, baik di perkantoran atau rumah pribadi. Hal tersebut, tentu hal yang wajar mengingat iklim di Indonesia yang bersifat tropis sehingga tak menutup kemungkinan di siang hari yang panas banyak orang yang membutuhkan pendingin udara seperti AC sebagai salah satu cara alternatif untuk mendinginkan atau menyejukkan udara. Kinerjanya yang dinilai lebih kompleks dan efektif daripada kipas angin menjadikan AC sebagai pilihan utama untuk mendinginkan udara dalam suatu ruangan. Selain itu, sebagai alat tentu AC juga harus dirawat dengan baik agar awet dan tahan lama sehingga bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Perawatan bisa dilakukan dengan membersihkan AC secara rutin. Namun, meskipun hal tersebut sepele tetapi tak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana cara membersihkan AC dengan baik dan benar. Nah, jika Anda ingin membersihkan AC tetapi belum mengetahui caranya, tampaknya kunjungan Anda ke Jelas.id ini dirasa tepat. Sebab, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi terkait pembahasan mengenai cara membersihkan AC dengan benar.

Cara Membersihkan AC

Cara Membersihkan AC

Namun, sebelum jauh membahas terkait cara membersihkan AC, perlu diketahui bahwa AC memang alat elektronik yang bisa rusak kapan saja jika Anda salah merawatnya. Oleh karena itu, kebersihan AC ini harus selalu dijaga. Anda bisa membersihkan AC sebulan sekali atau dua kali. Nah, untuk membersihkan AC, Anda perlu tahu bahwa dalam membersihkan AC ada bagian outdoor dan indoor di mana keduanya harus sama-sama dirawat dan rutin dibersihkan. Seperti yang sudah Jelas.id katakan di atas, berikut ini beberapa tahapan dalam membersihkan AC. Akan tetapi, sebelum membersihkan AC, Anda harus mempersiapkan beberapa alat yang nantinya digunakan untuk membersihkan. Berikut ini alat-alat yang digunakan untuk menerapkan cara membersihkan AC ini.

Alat-Alat Untuk Membersihkan AC

  • Kuas yang berukuran sedang saja dan sikat gigi bekas.
  • Kain bekas (gombal).
  • Siapkan obeng plus dan minus.
  • Persiapkan selang air, gayung, ember, dan sabun cuci. (Bisa menggunakan pencuci piring atau detergen).
  • Lakban yang nantinya digunakan untuk menutup sakelar listrik yang terbuka.

Cara Membersihkan AC Bagian Luar

Cara Membersihkan AC

Perhatian! Tips ini melibatkan air dan listrik. Untuk menghindari cidera akibat kelalaian dalam menerapkan tutorial ini, Anda harus tetap waspada dan melakukan pengecekan berulang kali atas kemungkinan bahaya yang terjadi.

Setelah alat-alat tersebut dipersiapkan, kini saatnya Jelas.id membahas mengenai cara membersihkan AC. Tetapi, perlu diingat bahwa dalam membersihkan AC, bagian yang perlu untuk dibersihkan yaitu outdoor (bagian luar AC) dan indoor (bagian dalam AC). Berikut tahapan-tahapan dalam cara membersihkan AC:

  • Cara membersihkan AC Bagian Luar
    1. Cara membersihkan AC yang pertama yaitu gunakanlah kuas untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada setiap kisi pendingin. Biasanya, pendingin ini bentuknya seperti radiator mobil. Jika ada titik-titik sempit maka Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan beberapa tempat yang sempit. Ingat, proses pembersihan di tahapan awal ini jangan menggunakan air. Cukup menggunakan kuas dan sikat serta gombal untuk membersihkan bagian luarnya.
    2. Jika sudah dirasa bersih, cara membersihkan AC yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan ember plastik dan sabun cuci atau detergen. Tuangkan air bersih ke dalam ember dan tuangkan segenggam detergen.
    3. Setelah itu, bukalah penutup outdoor yang biasanya terbuat dari plastik yang dikaitkan dengan 2 baut. Khusus cara membersihkan AC pada poin ini tergantung juga dengan merk AC yang digunakan.
    4. Selanjutnya, siram dengan menggunakan air dari ember tadi pada bagian kisi-kisi AC mulai dari depan. Hal yang perlu dicatat bahwa fan kipas tidak perlu dicopot. Itu artinya cara membersihkan AC ini hanya perlu menyiram bagian tersebut dengan mengayunkan tangan Anda sekuat mungkin pada fan kipas tersebut dengan arah siraman ke arah depan dan ke arah kiri. Lakukan hal tersebut sampai kipas benar-benar bersih.
    5. Setelah bagian ini dirasa sudah bersih, cara membersihkan AC yang selanjutnya adalah dengan membilas dengan air bersih yang tanpa detergen untuk membersihkan sisa-sisa sabun yang menempel. Biasanya, jika bagian ini sudah bersih bisa dilihat dari tetesan air yang menetes ke bawah sampai bening dan tampak tak bercampur dengan kotoran.
    6. Jika sudah selesai, pasang kembali kisi-kisi plastik untuk melindungi kipas atau fan tersebut. Anda bisa mengelapnya dengan kain kering dan bersih. Namun, akan lebih baik jika didiamkan sampai mengering sendiri agar cara membersihkan AC ini lebih efektif.

Cara Membersihkan AC Bagian Dalam

  • Cara Membersihkan AC Bagian Dalam
    1. Cara membersihkan AC yang pertama adalah dengan membuka penutup AC tersebut dan kaitkan dengan 2 baut menggunakan obeng plus (+). Sebelum membuka baut, lebih baik bukalah terlebih dahulu penutup bautnya dengan dicongkel secara perlahan menggunakan obeng min (-). Setelah itu, tariklah secara perlahan ke atas.
    2. Jika penutupnya sudah dibuka maka lepaskan kabel atau soket yang terhubung pada Swing/alat pengarah angin. Lalu, tarik swing tersebut ke depan secara perlahan. Jika nanti swing sudah terbuka, Anda bisa memulai untuk membersihkannya dengan cara cara membersihkan AC yang sama seperti pada tahapan pembersihan outdoor tadi.
    3. Bersihkan debu atau kotoran yang menempel pada setiap kisi pendingin tersebut dengan menggunakan kuas atau sikat gigi tanpa menggunakan air agar cara membersihkan AC ini lebih efektif. Bersihkan juga Roller Fan dengan menggunakan alat bantu seperti cutter untuk membuang debu yang lengket pada roller fan tersebut.
    4. Kemudian, lepaslah sakelar yang menghubungkan sumber listrik. Untuk lebih amannya, tutup sakelar dengan menggunakan lakban guna menghindari percikan air masuk ke lubang sakelar tersebut dalam melakukan cara membersihkan AC ini.
    5. Jangan lupa untuk menutup mesin pengontrol dengan menggunakan plastik supaya tidak terkena percikan air. Biasanya, mesin pengontrol ini terletak di sebelah kanan dari kisi pendingin.
    6. Setelah semua dipersiapkan, mulailah untuk menyiram bagian ini secara perlahan. Langkah-langkahnya seperti pada pembersihan outdoor AC.
    7. Jika sudah dirasa bersih maka pasanglah Swing Fan, cara membersihkan AC ini dilanjutkan dengan bagian cover AC.
    8. Diamkan selama 2 jam untuk membuat air di dalamnya mengering. Akan lebih baik lagi jika untuk penyalaan pertama posisikan remote ke posisi FAN jangan ke posisi COOL, DRY, atau AUTO. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya saat melakukan cara membersihkan AC tadi, 10 menit kemudian terserah selera anda.

Cara Membersihkan AC Dengan Benar

Cukup mudah bukan cara membersihkan AC ini? Jika langkah-langkah yang Jelas.id sajikan tersebut Anda terapkan secara urut dan benar maka tak menutup kemungkinan Anda akan bisa membersihkan AC sendiri di rumah. Demikian informasi yang Jelas.id sampaikan mengenai cara membersihkan AC yang benar. Mulai dari alat-alatnya sampai pada tahap pembersihan bagian luar AC dan dalam AC. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.