jelas

Cara Mematikan Update Windows 10 dengan Mudah

Cara Mematikan Update Windows 10 – Mungkin banyak dari Anda saat ini yang sedang bingung bagaimana cara mematikan update windows 10, karena membuat kerja terganggu. Windows 10 merupakan versi terbaru dari sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft. Diluncurkannya sistem operasi terbaru ini tentu menjadi langkah yang jitu bagi Microsoft untuk menarik perhatian banyak konsumen. Windows 10 memang tak perlu diragukan lagi kinerjanya. Bahkan dengan fitur baru yang makin melimpah membuatnya menjadi sistem operasi yang sangat keren. Dengan segudang kelebihan yang ditawarkannya tersebut bukan berarti bahwa sistem operasi baru dari Microsoft ini hadir tanpa nilai minus. Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh pengguna Windows 10 tak lain adalah update otomatis pada Windows 10 secara default yang tak bisa dimatikan. Nah, untuk itu sangat penting mengetahui cara mematikan update windows 10. Ini khususnya terjadi pada Windows 10 Home. Pada versi Windows yang sebelumnya, pengguna bisa memilih pembaruan apa saja yang ingin diunduh dan diinstall. Akan tetapi Windows 10 ini agak sedikit berbeda sebab pilihan pengguna sangat terbatas dan bahkan sama sekali tidak bisa mengubah pengaturannya. Pengguna hanya bisa mengubah bagaimana cara update di install, tetapi tidak bisa mematikan atau mendisable fitur update secara langsung. Hal tersebut tentu cukup mengganggu, apalagi jika anda sedang sangat membutuhkan komputer namun tiba-tiba komputer tersebut harus melakukan update Windows 10 secara otomatis. Maka dari itu cara mematikan update windows 10 memang sangat penting untuk diketahui.

Cara Mematikan Update Windows 10

Cara Mematikan Update Windows 10

Cara mematikan update Windows 10 ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Update yang dilakukan oleh Microsoft pada Windows 10 ini sebenarnya sangat baik dan juga memberikan manfaat pada laptop atau komputer yang kita gunakan sebab hal ini bisa membantu untuk menghindari bugs.  Di samping itu, update ini juga akan semakin meningkatkan kinerja dari komputer sendiri. Akan tetapi karena update pada Windows 10 ini berjalan secara otomatis dan tidak bisa dimatikan maka hal ini tentu menjadi masalah sendiri bagi para penggunanya yang tidak mengetahui cara mematikan update Windows 10. Pasalnya, selama komputer terhubung dengan internet maka proses update akan terus berlangsung dan sudah pasti akan memakan kuota internet. Hal ini tentu tak menjadi masalah bagi mereka yang memakai kuota internet unlimited, namun bagi mereka yang kuota internetnya terbatas tentu hal ini akan menjadi mimpi buruk. Sebenarnya masalah update otomatis pada Windows 10 ini masih bisa diatasi dengan berbagai trik. Nah, bagi Anda yang menggunakan Windows terbaru ini namun kuota internet yang dimiliki pas-pasan, maka kali ini Jelas.id akan menjelaskan cara mematikan update Windows 10.

Cara Mematikan Update Windows 10 Dengan Mudah

Cara Mematikan Update Windows 10 dengan Metered Connection

Berikut ini adalah salah satu cara untuk mematikan update Windows 10 dengan metered connection:

  • Pertama, cara mematikan update Windows 10 dengan metered connection adalah dengan membuka menu Setting pada komputer atau bisa dilakukan dengan perintah shortcut Windows + I
  • Setelah terbuka kotak dialog Setting, kemudian lanjut pilih menu Network & Internet
  • Pada menu Wi-Fi, klik pada bagian Advanced Setting
  • Langkah terakhir dalam cara mematikan update Windows 10 dengan metered connection ini adalah dengan mengganti metered connection ke posisi On.

Itulah salah satu cara untuk mematikan update Windows 10 dengan metered connection yang bisa dilakukan untuk mematikan pembaruan otomatis pada Windows 10. Cara ini cukup menguntungkan bagi Anda yang memiliki kuota internet pas-pasan sebab menghentikan update otomatis dengan cara ini Anda tak perlu terkoneksi dengan internet terlebih dahulu karena Anda bisa langsung mengaturnya pada menu settings. Ketika koneksi pada pengaturan sudah diubah menjadi “metered”, maka Windows 10 secara otomatis tidak akan melakukan update lagi pada koneksi tersebut. Windows kembali bisa melakukan update lagi, jika Anda mengubahnya ke opsi non-metered. Selanjutnya, Anda akan mengetahui alternatif cara lain yaitu cara mematikan update Windows 10 dengan services.msc.

Cara Mematikan Update Windows 10 Dengan Metered Connection

Cara Mematikan Update Windows 10 dengan Services.msc

Berikut ini adalah cara mematikan update Windows 10 dengan services.msc:

  1. cara mematikan update Windows 10 dengan services.msc yang pertama ketik ‘services’ pada menu Start dan pilih pencarian yang muncul di taskbar, kemudian tekan Enter. Anda juga bisa melakukan proses ini dengan memakai Run dan ketik services.msc, kemudian tekan Enter.
  2. Carilah layanan yang bernama Windows Updates. Kemudian, klik kanan dan pilih ‘Properties’ untuk membuka kotak dialog pengaturan pada layanan Windows Update.
  3. Cara mematikan update Windows 10 dengan services.msc yang selanjutnya yaitu mengubah pengaturan pada menu Startup type ke ‘Disabled’, kemudian klik tombol Apply dan restart komputer Anda.
  4. Setelah komputer hidup kembali, dan cara mematikan update Windows 10 yang Anda praktekkan sukses, biasanya Windows 10 tidak akan melakukan pembaruan secara otomatis lagi.

Nah, itulah salah satu cara mematikan update Windows 10 dengan services.msc. Sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menghentikan update tersebut yang bisa Anda coba, baik itu dengan menggunakan software atau tidak. Namun, dari sekian cara yang ada, cara mematikan update Windows 10 dengan services.msc merupakan salah satu yang paling ampuh. Meski begitu, perlu diingat jika Microsoft tak lagi memposisikan Windows 10 sebagai software namun layanan sehingga Microsoft bakal secara rutin meluncurkan update. Jadi, apabila tidak terpaksa, maka sebaiknya jangan mematikan Update Windows 10.

Cara Mematikan Update Windows 10 Dengan Services.msc

Bagaimana? Mematikan Windows 10 ternyata mudah, bukan? Dengan mengikuti setiap langkah cara mematikan update Windows 10 yang telah Jelas.id paparkan di atas, maka Anda tak perlu khawatir bakal kehilangan banyak kuota sebab Anda sudah bisa mematikan update secara diam-diam yang dilakukan oleh Microsoft tersebut. Nah, itulah informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait dengan cara mematikan update Windows 10. Semoga bermanfaat dan terima kasih.