jelas

Cara Memasang Wallpaper Dinding dengan Benar

Cara Memasang Wallpaper Dinding – Bosan dengan warna cat dinding yang itu-itu saja? Nah, cara lama ini bisa Anda gunakan untuk memberikan nuansa klasik di rumah Anda. Ya, cara yang dimaksud adalah cara memasang wallpaper dinding. Mungkin hal ini dirasa ketinggalan zaman karena jika melihat saat ini sudah begitu banyak kreasi-kreasi unit cat dinding dengan pilihan warna yang tak kalah menarik. Namun, teknik memperindah dinding dengan cara klasik ini memberi kesan unik tersendiri, terlebih jika Anda menyukai nuansa vintage. Tentu cara memasang wallpaper dinding ini adalah salah satu solusinya. Selain memberi kesan yang lebih unik, pemasangan wallpaper untuk interior rumah juga dinilai lebih efisien. Maksudnya, untuk pemasangan wallpaper bisa (lepas-tempel) dan diganti kapan saja. Jadi, jika Anda termasuk salah satu yang mudah bosan dengan suasana interior ruangan maka bisa memilih motif dan tema sesuai keinginan karena memang saat ini telah tersedia beraneka ragam motif unik dan menarik yang bisa dipilih untuk menciptakan interior rumah yang tidak biasa. Bagaimana cukup menarik bukan jika kita mengetahui cara memasang wallpaper dinding?

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Cara memasang wallpaper dinding yang dilakukan sendiri ini memang tidaklah mudah. Perlu beberapa teknik agar wallpaper dinding tersebut bisa terpasang dengan halus dan sempurna. Pada kesempatan kali ini, Jelas.id akan membantu Anda mempelajari apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara memasang wallpaper dinding yang tepat untuk hasil yang maksimal. Mengapa diperlukan teknik yang bagus? Tentu saja, karena pada setiap pemasangan wallpaper dinding setiap sentuhan akan menghasilkan nuansa berbeda. Mulai dari teknik pemilihan warna, pemilihan desain hingga pemasangannya. Bahkan, dikatakan juga bahwa kunci keberhasilan dalam memasang wallpaper dinding ini sendiri terletak pada perencanaan yang baik dan mengetahui setiap trik-triknya untuk mencapai sambungan wallpaper yang halus untuk setiap sudut-sudut ruangan. Meskipun termasuk pemula, namun dengan informasi cara memasang wallpaper dinding yang tepat pastinya Anda juga akan bisa memasangnya seperti hasil tangan profesional. Dengan memasang wallpaper dinding sendiri, selain memperindah interior ruangan, Anda juga bisa mengeksplor ide dan kreativitas. So, coba simak langkah-langkah memasang wallpaper dinding yang akan Jelas.id paparkan di bawah ini!

Cara Memasang Wallpaper

Adapun alat-alat yang harus dipersiapkan dalam cara memasang wallpaper dinding ini diantaranya adalah :

  • Alas plastic
  • Tangga
  • Cutter
  • Pensil
  • Penggaris
  • Benang dengan pemberat
  • Lem
  • Wallpaper
  • Bak tempat adukan lem (2 buah)
  • Spons
  • Kuas lem
  • Roller
  • Amplas
  • Dan kape untuk meratakan dinding

Cukup banyak juga ya peralatan yang diperlukan dalam cara memasang wallpaper dinding ini! Namun, jangan khawatir karena peralatan-peralatan tersebut tidak sulit didapatkan bahkan sebagian besar adalah peralatan yang ada di rumah Anda. Setidaknya, untuk memasang wallpaper dinding untuk hasil maksimal, Anda harus melengkapi peralatan tersebut terlebih dahulu agar nantinya saat eksekusi tidak terlalu repot. Setelah bahan-bahan tersebut tersedia, kini waktunya yang tepat bagi Jelas.id untuk memaparkan cara memasang wallpaper dinding bagi anda.

Seperti yang telah Jelas.id utarakan, untuk pemasangannya diperlukan beberapa trik. Nah, di bawah ini Jelas.id telah siapkan beberapa langkah yang harus dilakukan. Coba simak cara memasang wallpaper dinding ini baik-baik!

Cara Memasang Wallpaper Dinding Di Rumah

Cara Memasang Wallpaper Dinding

  1. Siapkan bidang dinding atau permukaan yang akan dipasangi wallpaper. Jika ada paku, gantungan atau semacamnya lepaskan terlebih dahulu. Copot semua aliran listrik termasuk saklar untuk menjaga keamanan pada saat pemasangan.
  2. Cara memasang wallpaper dinding yang kedua yaitu bersihkan bidang atau dinding dari debu dan semacamnya, karena akan susah apabila nantinya dinding dalam keadaan kotor. Jangan lupa, untuk dinding yang telah dicat berikan primer terlebih dahulu.
  3. Berikutnya adalah tentukan titik awal bidang yang akan ditempel terlebih dahulu. Hal ini untuk mempermudah alur pemasangan.
  4. Setelah semua bidang telah siap, berikutnya adalah ukur semua bagian untuk menyesuaikan seberapa banyak wallpaper yang dibutuhkan. Ukur bagian pertama dari langit-langit ke lantai. Pastikan pengukuran sesuai dan akurat.
  5. Sebelum kita memasuki cara memasang wallpaper dinding selanjutnya, siapkan wallpaper yang Anda butuhkan dan sukai.
  6. Sesuaikan ukuran wallpaper dengan pengukuran dinding. Jangan lupa, lebihkan 1 atau 1,5 sentimeter pada sisi wallpaper untuk sambungan.
  7. Cara berikutnya adalah pemotongan. Jika ukuran dirasa telah sesuai, maka potong panjang wallpaper menjadi panel-panel yang sesuai kebutuhan. Perhatikan petunjuk pemasangan pada kertas keterangan di setiap kemasan untuk membuat pola yang serasi antar panel.
  8. Tandai posisi wallpaper dengan pensil pada dinding. Gunakan alat bantu seperti benag dan alat pemberat agar hasil pemasangan lurus dan rapi.
  9. Cara memasang wallpaper dinding selanjutnya adalah siapkan lem. Campurkan lem dengan air. Buat dua buah lem dengan wadah terpisah untuk lem bangian sambungan dan lem keseluruhan.
  10. Setelah siap, sapukan lem menggunakan roller pada permukaan bidang atau dinding yang telah ditandai. Lakukan secara perlahan-lahan.
  11. Setelah itu, temple wallpaper dengan hati-hati. Perhatikan tanda yang telah Anda buat sebelumnya menggunakan pensil dan pola yang akan digunakan.
  12. Setelah satu panel terpasang, untuk panel berikutnya jangan lupa gunakan lem yang lebih kental untuk bagian sambungan. Sapukan menggunakan kuas khusus di bagian sambungan.
  13. Lalu ratakan wallpaper yang telah terpasang dengan menggunakan penggaris akrilik. Potong sisa wallpaper menggunakan cutter dan gunakan spons untuk menyerap sisa lem yang berantakan. Proses ini juga sekaligus untuk meratakan wallpaper yang telah terpasang.
  14. Cara memasang wallpaper dinding yang Jelas.id sudah selesai, namun jangan lupa cek ulang untuk memastikan bahwa wallpaper telah terpasang dengan rapi.

Cara Memasang Wallpaper Dinding Yang Benar

Nah, itulah beberapa cara memasang wallpaper dinding yang Jelas.id paparkan untuk memasang wallpaper dinding sendiri. Memang agak ribet, namun Anda bisa mencobanya perlahan dengan mengikuti langkah-langkah secara berurutan. Untuk memasang wallpaper dinding ini sendiri, Jelas.id memiliki tips agar hasilnya lebih maksimal yaitu jangan sapukan terlalu banyak lem agar pemasangan wallpaper bisa lebih rata dan tidak menimbulkan gelembung. Jangan lupa pilih tema atau motif wallpaper yang nyaman dipandang mata dan memberi kesan ilusi tersendiri pada ruangan Anda. Bagaimana tidak terlalu rumit kan cara memasang wallpaper dinding yang Jelas.id paparkan? Jika anda mengikuti cara yang Jelas.id sampaikan dengan seksama, hasilnya pasti akan sempurna. Selamat mencoba!