jelas

Cara Memasang Tenda Untuk Pemula

Cara Memasang Tenda – Jika Anda seorang petualang yang menyukai aktivitas pendakian maka salah satu hal yang perlu dipersiapkan dan wajib ada, yaitu tenda. Sebab, tenda merupakan salah satu sarana berteduh ketika berada di belantara hutan dalam proses pendakian. Namun, dalam memasang tenda tentunya ada cara yang wajib diketahui. Mungkin, bagi para pendaki yang sudah berpengalaman bukan merupakan suatu hal yang sulit dalam memasang tenda. Akan tetapi, bagi para pendaki yang tergolong masih pemula, pastinya harus benar-benar mengetahui cara memasang tenda yang benar supaya tidak roboh ketika nanti dihantam angin besar. Banyak berbagai macam cara yang bisa dilakukan dengan beragam tips mudah dalam memasang tenda. Namun, hal yang pertama paling perlu diketahui yaitu cara dasar tentang bagaimana memasang tenda. Sebab, mengetahui trik dan tips memasang tenda tanpa mengetahui teori atau dasarnya, akan menyebabkan pemasangan tenda tidak maksimal. Lantas, kira-kira bagaimana ya cara memasang tenda yang benar itu?

Cara Memasang Tenda

Cara Memasang Tenda

Sebenarnya, cara memasang tenda tak sesulit yang dibayangkan, asalkan tahu dan paham caranya. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa tenda ini memiliki berbagai macam jenis tergantung dari kapasitasnya. Sehingga, tentukan jenis tendanya dulu sebelum mendaki supaya sesuai dengan kebutuhan Anda. Di sisi lain juga, jika Anda sebagai pemula yang akan melakukan pendakian, sangat disarankan untuk mengajak teman atau kawan Anda yang paham betul dan berpengalaman dalam memasang tenda. Hal ini sebagai tindakan antisipasi agar nantinya ketika memasang tenda, Anda tidak kewalahan atau merasa kesulitan. Nah, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi terkait bagaimana cara memasang tenda yang benar. Namun, sebelum jauh membahas cara memasang tenda, ada baiknya kita kenali dulu jenis-jenis tenda yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut jenis-jenis tenda berdasarkan kapasitasnya

Cara Memasang Tenda Dengan Mudah

Jenis Tenda

Oke sebelum menjadi jagoan dalam cara memasang tenda, ini saatnya Jelas.id menerangkan terlebih dahulu jenis tenda macam apa yang biasa digunakan oleh para ahli dalam menjelajah bumi. Pembagian jenis tenda memang bisa dilihat dari berbagai sisi, namun kali ini Jelas.id hanya akan menerangkan jenis tenda berdasarkan pembagian kapasitasnya saja.

  1. Jenis Tenda Ridge. Tenda ini pada umumnya dipakai bagi anak-anak untuk menunjang kegiatan atau aktivitas berkemah pramuka. Bentuknya mirip seperti atap rumah dengan atapnya berbentuk segitiga. Tenda ini dinilai cukup aman sebab benar-benar tertutup akses dari luar.
  2. Tenda Tunnel. Jenis tenda yang ke 2 yaitu tenda tunnel. Tenda ini dibilang memiliki bentuk rancangan yang cukup unik. Pasalnya, jenis tenda ini bersifat non free standing dan memiliki ciri pada bagian tengahnya memiliki bingkai yang lebih tinggi daripada bagian tepi.
  3. Tenda Dome. Nah, untuk tenda yang satu ini sangat familiar dan sering digunakan oleh para pendaki gunung. Pasalnya, jenis tenda ini tergolong nyaman dan hangat serta lebih praktis di antara tenda lainnya. Bahkan, bentuk frame pada jenis tenda ini pun memang sengaja dirancang sedemikian rupa sehingga ketika akan dipasang atau dibongkar, tidak akan menyulitkan.

Jenis Tenda

Cara Memasang Tenda yang Benar

Seperti yang sudah disinggung di atas, mengetahui dasar dalam cara memasang tenda sangat lah diperlukan bagi seorang pemula yang akan melakukan aktivitas mendaki. Sebab, tanpa adanya pengetahuan dasar dalam memasang tenda, tentu Anda akan merasa kebingungan dan bahkan tenda tidak bisa terpasang dengan baik. Oleh sebab itu, berikut Jelas.id akan memberikan beberapa langkah dasar mengenai cara memasang tenda yang bisa Anda terapkan ketika mendaki :

  1. Cara memasang tenda yang pertama yaitu ketahui dan tentukan terlebih dahulu lokasi kemah yang tepat. Dalam memilih lokasi disarankan jangan memilih tempat yang asal-asalan, pilihlah lokasi yang cocok dengan posisi yang lebih tinggi dan tekstur tanah yang datar. Pemilihan ini penting agar cara memasang tenda yang nanti Jelas.id paparkan sukses 100%. Selain itu, Anda juga harus memilih lokasi yang terlindung dari sengatan sinar matahari langsung supaya Anda nyaman di dalam tenda ketika siang hari. Jauhkan juga dari sumber api jika Anda akan menyalakan api unggun dan bersihkan kerikil-kerikil yang akan dijadikan alas tenda. Seluruh langkah dalam kriteria penentuan lokasi tersebut harus diketahui dan diterapkan guna menunjang kenyamanan Anda.
  2. Setelah lokasi ditentukan, maka selanjutnya Anda sudah bisa mempraktikkan cara memasang tenda sebagai berikut :
    • Bentangkan kain terpal di atas permukaan tanah yang sudah dibersihkan tadi. Kain terpal ini berguna sebagai alas atau pembatas kelembaban antara tanah dengan tenda Anda.
    • Cara memasang tenda yang selanjutnya adalah dengan meletakkan seluruh alat-alat tenda di atas kain terpal. Hal ini sebagai kontrol terhadap seluruh alat-alat yang diperlukan untuk membangun tenda sebagai upaya dalam memastikan bahwa tidak ada komponen tenda yang hilang atau tertinggal.
    • Sambunglah tiang rangka tenda. Secara umum, rangka tenda yang disambung biasanya memiliki panjang sekitar 1-3 meter. Letakkan tiang yang telah tersambung tersebut di atas permukaan tanah yang rata.
    • Langkah berikutnya dalam cara memasang tenda ini yaitu masukkan tiang rangka ke dalam selubung luar tenda. Caranya, bentangkan terlebih dahulu kain tendanya dalam kondisi menyilang. Hal ini sebagai antisipasi guna memastikan masing-masing tiang rangka dimasukkan ke dalam selubung luar yang sesuai.
    • Dirikan tenda dengan cara pasangkan ujung dari tiap-tiap tiang rangka pada penyemat yang ada pada setiap ujung bagian bawah. Bisa dibilang, setelah mencapai tahap ini, maka cara memasang tenda kita sudah hampir selesai. Pasalnya, pada waktu Anda memasangkan ujung tiang pada penyemat tersebut, secara langsung akan membuat tiang rangka tenda mendapat tekanan yang membuatnya melengkung sehingga kain tenda dapat terangkat dan mulai membentuk tenda.
    • Siapkan pasal dan pasang tendanya. Caranya, Anda harus menambatkan tenda yang dibangun tersebut melalui eyelet atau lubang yang terbuat dari cincin logam ke tanah. Lalu, masukkan pasak ke dalam lubang tali tadi dan masukkan pasak ke dalam tanah dan voila! Itulah cara memasang tenda Jelas.id.

Cara Memasang Tenda Dengan Cepat

Nah, itulah cara memasang tenda yang telah Jelas.id jelaskan. Memang, jika belum terbiasa tampak sedikit sulit, terutama bagi par pemula. Sebelum mendaki, Anda bisa berlatih dengan menerapkan langkah-langkah tersebut di rumah terlebih dahulu. Jika cara tersebut dilakukan secara urut dan berhati-hati maka tenda Anda akan mampu didirikan dengan kokoh. Semoga, paparan mengenai cara memasang tenda yang benar tersebut bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.