jelas

Cara Memasang Tempered Glass Sendiri dengan Mudah

Cara Memasang Tempered Glass – Permasalahan yang sering dialami para pengguna smartphone adalah keamanan layar touchscreen terhadap goresan. Goresan yang terjadi pada layar ponsel juga bervarisasi penyebabnya. Yang paling sederhana, bisa terjadi saat pengoperasian atau saat disimpan di dalam tas dan terkena benda-benda lainnya. Inilah beberapa persoalan yang rentan terjadi pada ponsel layar sentuh. Oleh sebab itu, sebuah smartphone layar sentuh memang sangat memerlukan perangkat sejenis screen guard atau pelindung layar yang siap melindungi layar ponsel dari goresan apapun termasuk benda tajam sekalipun. Untuk itu disini Jelas.id hadir untuk memberikan informasi mengenai cara memasang tempered glass. Untuk urusan ini, biasanya vendor smartphone saling berlomba menerapkan fitur proteksi layar yang canggih pada produknya. Misalnya saja seperti kita ketahui, produk proteksi layar yang saat ini paling terkenal adalah Corning Gorilla Glass. Hanya saja, tak semua vendor menerapkannya secara built-in. Terkadang, untuk ponsel-ponsel dengan harga lebih miring masih belum dilengkapi fitur tersebut, maka pengguna harus memasangnya secara manual agar layar ponsel tetap terlindungi. Lalu bagaimana sih sebenarnya cara memasang tempered glass sendiri dengan benar?

Cara Memasang Tempered Glass

Cara Memasang Tempered Glass

Sebelum kita mengetahui cara memasang tempered glass, Jelas.id ingin sharing nih jika berbicara mengenai pelindung layar anti gores, beberapa tahun lalu kita sempat mengetahui jenis proteksi layar anti gores berbahan mika. Namun, proteksi layar berbahan mika tersebut dirasa masih kurang bagus karena memang harganya juga cukup murah. Bahkan, jika digunakan dalam waktu lama, anti gores berbahan mika ini semakin buram dan menggelembung sehingga mengganggu kenyamanan. Namun, saat ini teknologi sudah semakin canggih karena telah hadir sebuah pelindung layar anti gores yang disebut tempered glass. Nah sebelum Jelas.id membagikan cara memasang tempered glass, apakah sih sebenarnya keunggulan dari sistem proteksi layar ini? Tempered glass sendiri memiliki fungsi yang lebih tangguh dibandingkan dengan pelindung layar anti gores seperti Corning Gorilla Glass dan Dragontrail glass. Karena, selain melindungi layar dari goresan, tempered glass ini juga akan menambah kekuatan layar pada saat tertindih benda berat hingga benturan benda keras agar tidak mudah retak. Jadi, tak jarang mereka yang ponselnya telah dilengkapi proteksi layar anti gores dari vendor langsung juga tetap menambahkan tempered glass ini untuk memberi perlindungan lebih maksimal pada layar ponsel. Bagaimana sudah tidak sabar ingin mengetahui cara memasang tempered glass sendiri dari rumah?

Cara Memasang Tempered Glass dengan Mudah

Namun sebelum Jelas.id sharing mengenai cara memasang tempered glass, perlu anda ketahui jika tempered glass sendiri terdapat beberapa fitur yang masing-masing kualitasnya berbeda. Kali ini, Jelas.id memiliki beberapa fitur yang biasanya ada pada tempered glass, yaitu:

  1. Fitur tempered glass HD-Anti Glare dan PET Ultra Slim yang akan membantu layar ponsel dalam mengurangi tingkat kesialauan dan menghindari adanya bekas sidik jari yang menempel pada layar
  2. Fitur tempered glass High Definition yaitu jenis tempered glass yang akan melindungi kaca tanpa membuat layar menjadi kabur
  3. Fitur tempered glass Extreme yang akan melindungi layar dari guncangan agar tidak mudah pecah

Beberapa fitur tersebut, biasanya terdapat pada masing-masintg merek produki tempered glass. Untuk itu, saat hendak membeli perangkat tersebut, Anda pelu memastikan fitur apa saja yang sekiranya dibutuhkan.

Adapun alat-alat yang harus dipersiapkan sebelum anda mepraktekkan cara memasang tempered glass yang Jelas.id sampaikan, diantaranya adalah :

  • Gunting yang fungsinya untuk membuka segel dan stiker yang ada pada tem[ered glass yang masih baru
  • Selotip, fungsinya adalah untuk menghilangkan debu yang menempel pada layar ponsel

Sangat sederhana memang peralatan yang dibutuhkan dalam cara memasang tempered glass ini. Nah, setelah kedua alat utama tersedia. Kini waktunya Jelas.id akan memeparkan step demi step cara memasang perangkat ini. Cara memasang tempered glass ini sendiri, sebetulnya terbilang gampang-gampang susah. Harus sabar dan teliti.

Cara Memasang Tempered Glass Sendiri

Cara Memasang Tempered Glass

  1. Cara memasang tempered glass yang pertama yaitu keluarkanlah isi kemasan dalam box tempered glass.
  2. Bersihkan layar ponsel dengan menggunakan alcohol yang telah terdapat di dalam kemasan.
  3. Kemudian, keringkan menggunakan tisu kering (dry wipers) yang juga telah tersedia dalam kemasan.
  4. Angkat debu yang menempel menggunakan sticker (dust-absorber) atau menggunakan selotip yang telah disediakan, tempelkan lalu angkat berulang-ulang kali pada setiap sudut hingga dipastikan bahwa sudah tidak ada debu yang menempel.
  5. Nah, selanjutnya cara memasang tempered glass yang kelima ini adalah langkah yang harus hati-hati karena anda sekarang akan menempelkan tempered glass pada layar ponsel. Pertama, tempelkan ujung tempered bagian atas terlebih dahulu dan sesuaikan dengan libang speaker dan kamera. Untuk menjaga posisinya agar tidak bergesar, bisa menahannya dengan guide sticker.
  6. Setelah bagian atas terpasang dengan posisi yang sesuai, kemudian sesuaikan bagian bawahnya.
  7. Bila dirasa sudah pas, baru kemudian langsung tempelkan sana tempered glass.
  8. Cara memasang tempered glass yang terakhir yaitu setelah tertempel, tekan pada bagian tengah, dan perhatikan semuanya sudah melekat. Jika sudah dipastikan melekat secara keseluruhan, maka ponsel siap digunakan.

Cara Memasang Tempered Glass dengan Benar

Nah, begitulah cara memasang tempered glass yang telah Jelas.id paparkan. Cukup simple bukan? Namun bagi pemula tetap harus berhati-hati karena jika belum terbiasa makan akan terasa cukup sulit. Namun, tidak ada salahnya mencoba memasangnya sendiri di rumah. Anda bisa menerapkan cara memasang tempered glass yang Jelas.id paparkan diatas. Meskipun untuk pemula dikatakan agak sulit, namun jika Anda berhati-hati dan mengikuti langkah-langkah yang ada, maka tempered glass akan bisa terpasang secara sempurna pada smartphone Anda. Semoga informasi mengenai cara memasang tempered glass ini bermanfaat untuk anda. Baca juga Cara Menggunakan WhatsApp Web dan Cara Menggunakan Snapchat.