jelas

Cara Memasang Tali Sepatu dengan Berbagai Gaya!

Cara Memasang Tali Sepatu – Setiap orang tentunya ingin tampil menarik sehingga berbagai macam cara pun dilakukan, seperti memilih baju yang sesuai, memakai celana yang cocok dan masih banyak lagi. Selain itu, ada satu lagi yang memiliki pengaruh pada penampilan seseorang, yaitu pada sepatu. Sepatu yang dikenakan umumnya dipakai oleh seseorang dan disesuaikan berdasarkan aktivitas yang dilakukan. Biasanya, banyak dari mereka yang menggunakan sepatu tanpa tali dengan alasan lebih praktis dan simple. Namun, bagaimana dengan mereka yang memiliki sepatu bertali? Memang, sebagian orang memiliki sepatu bertali yang sudah terpasang dan tinggal menali. Akan tetapi, jika tali sepatu yang dimiliki seseorang tersebut rusak atau akan diganti, tentunya tak semua orang tahu bagaimana cara memasangnya. Padahal, ada beberapa cara yang unik dalam memasang tali sepatu yang bisa sedikit memengaruhi tampilan seseorang tampak berbeda dan mungkin bisa lebih menarik. Bahkan, cara memasang tali sepatu pun saat ini menjadi sebuah tren yang cukup menarik dibicarakan dan diterapkan dengan berbagai gaya. Lantas, bagaimana cara memasang tali sepatu yang unik?

Cara Memasang Tali Sepatu

Cara Memasang Tali Sepatu

Jika Anda tahu betul, sebenarnya cara memasang tali sepatu ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan. Selain itu, setiap langkah-langkah tersebut pun juga akan memberikan gaya tampilan berbeda yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Beberapa gaya tersebut pun juga sangat cocok jika diterapkan pada sepatu milik anak SD, SMP, SMA bahkan sampai sepatu milik mahasiswa atau karyawan.

Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Benar

Nah, Anda ingin tahu bagaimana sih cara memasang tali sepatu dengan berbagai gaya yang unik? Tak perlu khawatir, pada pembahasan kali ini, Jelas.id akan menerangkan beragam cara unik dalam memasang tali sepatu dengan berbagai gaya yang bisa Anda terapkan di rumah. Akan tetapi, ada baiknya sebelum jauh pada topik bagaimana cara memasang tali sepatu, untuk diketahui terlebih dahulu bahwa ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui terkait tali sepatu yang akan dipasang. Beberapa hal yang perlu diketahui antara lain :

  1. Bahan tali sepatu. Biasanya, tali sepatu terbuat dari 5 bahan, yaitu berbahan kapas yang telah ditenun, tali sepatu dari serat alami, berbahan kulit, sintetis, dan tali sepatu elastis. Kelima bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dan bisa Anda pilih sesuai dengan jenis sepatu serta selera Anda. Bahan dari tali sepatu ini juga akan memengaruhi cara memasang tali sepatu lantaran setiap tali memiliki karakteristik tersendiri untuk diperlakukan lebih kencang atau sebaliknya.
  2. Gaya tali sepatu. Hal yang perlu diperhatikan berikutnya yaitu gaya tali sepatu. Biasanya, orang menggunakan gaya tali sepatu datar di mana gaya ini sering digunakan pada beberapa sepatu atlet dan sepatu kasual lainnya sebab gaya tali ini mampu mengikat sepatu secara kencang dan tahan lama. Artinya, jika menggunakan tali jenis ini, maka cara memasang tali sepatu juga tak perlu terlalalu kencang. Kemudian, ada juga tali sepatu bulat yang dianggap lebih menarik dari sepatu datar tetapi kurang memiliki kekuatan tali yang kuat serta biasanya kurang nyaman mengingat ada tekanan pada bulatan di atas permukaan kaki.
  3. Panjang tali sepatu. Dalam menentukan panjang tali sepatu mungkin dirasa membingungkan.Tapi, hal ini perlu diperhatikan mengingat panjang dari tali sepatu akan sangat berpengaruh pada penampilan dan kesesuaian sepatu dengan talinya. Tentunya, Anda tak mau kan tali sepatunya lebih panjang atau lebih pendek dari sepatunya? Hanya saja, semakin panjang tali yang digunakan juga akan semakin mempersulit cara memasang tali sepatu nantinya.
  4. Aglets tali sepatu. Biasa disebut juga dengan kepala tali sepatu yang bagiannya keras yang letaknya berada di setiap ujung awal dan akhir dari tali tersebut. Umumnya, kepala tali sepatu ini sangat berfungsi dalam mempermudah memasukkan tali ke lubang sepatu dan untuk menjaga supaya ujung-ujung tali sepatu tidak terurai. Tanpa adanya aglets ini, tentu cara memasang tali sepatu akan sama sulitnya dengan memasukkan benang ke dalam lubang jarum.

Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Mudah

Cara Memasang Tali Sepatu

Nah, akhirnya sampailah kita pada sesi akhir, di mana pada sesi ini Jelas.id akan mengajak kawan-kawan semua untuk membahas mengenai cara memasang tali sepatu yang unik dan stylish. Tahapan di bawah ini ditujukan untuk Kamu yang anti mainstream dan suka mencoba sensasi baru. Untuk itu, sebenarnya ada beberapa cara memasang tali sepatu yang bisa Anda terapkan di rumah, yaitu :

  1. Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Metode Formasi Lurus
    • Caranya yaitu, masukkan salah satu ujung talinya lewat lubang dari sebelah kanan depan dan dimasukkan juga di ujung kiri di belakang
    • Masukkan ujung yang tadi di sebelah kanan pada lubang tepat di sebelah kirinya
    • Cara memasang tali sepatu yang selanjutnya perlu mengingat apabila tadi memasang dari bawah, maka masukkan ujungnya ke lubang di sebelah kanan yang posisinya berada di atas lubang sebelumnya
    • Lakukan langkah ketiga tersebut secara berurutan hingga mencapai lubang terakhir
    • Ikatlah tali sepatu Anda
  2. Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Metode Formasi Menyilang
    • Masukkan kedua ujungnya pada lubang yang berada paling depan dari dalam. Pastikan panjang masing-masing ujung sama
    • Masukkan tali ujung satu lubang di sebelahnya dengan menyilang satu tingkat di atas lubang sebelumnya dari dalam
    • Terapkan hal tersebut untuk setiap ujung dan terus ulangilah sampai semua lubang terlewati tali
    • Kemudian, Anda bisa mengikat sepatu Anda
  3. Cara Memasang Tali Sepatu Alternatif Dengan Gaya Formasi Lurus
    • Cara yang satu ini sedikit berbeda sebab permulaannya diawali dengan memasukkan ujung tali dari dalam pada lubang di bagian belakang
    • Lanjutkan dengan memasukkan ujung tali satunya pada lubang yang posisinya tepat di depan lubang pertama dari dalam
    • Selanjutnya, masukkan tali dari dalam pada lubang yang letaknya tepat di sebelahnya
    • Masukkan kembali tali dari dalam tepat di posisi paling depan sisi seberangnya
    • Cara memasang tali sepatu yang selanjutnya yakni dengan masukkan ke lubang dari luar pada lubang yang ada di seberangnya
    • Masukkan ke lubang dari dalam paling depan yang masih kosong
    • Ulangi langkah tersebut hingga menyisakan 1 lubang pada bagian paling belakang
    • Ikatlah tali sepatu

Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Cepat

Selain cara memasang tali sepatu tersebut di atas, hal yang perlu dicatat yaitu ketika ikatan sering lepas, Anda bisa mengakalinya dengan menyimpulkan 2 kali pada ikatan pitanya atau pada langkah awalnya. Jika beberapa metode dalam memasang tali sepatu tersebut Anda lakukan secara urut dan benar maka tali sepatu Anda akan terpasang dengan baik dan rapi. Itulah tadi beberapa cara memasang tali sepatu yang unik. Semoga, informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.