jelas

Cara Memasang Senar Gitar dan Cara Memilihnya

Cara Memasang Senar Gitar – Apalah artinya gitar tanpa sebuah senar? Tentu, sebuah gitar tak akan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya jika tanpa senar. Bagaikan syair lagu yang membutuhkan irama supaya menghasilkan sebuah lagu dengan nada yang menarik. Sebagaimana juga gitar dan senarnya. Terlepas dari hal tersebut, jika Anda seorang pemain gitar pemula, selain fokus belajar bermain gitar, Anda juga harus bisa untuk memasang senar gitar sendiri. Kenapa demikian? Sebab, pengetahuan terkait cara memasang senar gitar adalah hal yang wajib diketahui oleh seorang gitaris supaya ketika dalam kondisi senar putus, Anda bisa memasang senar gitar secara mandiri tanpa perlu bantuan orang lain. Namun, tak jarang juga seorang gitaris pemula yang belum mengetahui cara memasang senar gitar. Nah, jika Anda seorang gitaris yang sedang mencari tahu cara memasang senar gitar, kunjungan Anda ke Jelas.id ini sangat tepat. Sebab, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan memberikan beberapa informasi yang terkait tentang cara memasang senar gitar yang baik dan benar supaya menghasilkan nada yang cocok dan enak didengar.

Cara Memasang Senar Gitar

Cara Memasang Senar Gitar

Tapi tunggu dulu, jangan terburu-buru. Karena, sebelum Jelas.id jauh membahas cara memasang senar gitar, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, yaitu tentang bagaimana cara memilih senar gitar yang baik dan benar supaya cocok dengan gitar Anda. Selain itu, dengan mengetahui cara memilih senar gitar yang tepat, tentunya juga bisa disesuaikan dengan karakter atau selera Anda. Jika Anda belum tahu caranya, jangan khawatir sebab Jelas.id juga akan memberikan tips tentang bagaimana memilih senar gitar yang baik supaya menghasilkan suara yang menarik dan enak didengar. Sejatinya, memilih senar gitar sendiri memang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tahapan dalam cara memasang senar gitar.

Cara Memasang Senar Gitar Akustik

Cara Memilih Senar Gitar

  1. Cara memilih senar gitar yang pertama adalah dengan menyesuaikan jenis senar dengan jenis gitar Anda. Jangan sampai memilih senar gitar elektrik untuk gitar akustik atau sebaliknya.
  2. Jika Anda memiliki gitar elektrik maka gunakan senar standar industri yang dipakai, yaitu nikel. Sementara itu, jika gitar yang dimiliki gitar akustik maka bisa dipilih antara jenis senar steel string atau nylon string.
  3. Menentukan ukuran ketebalan dari senar merupakan PR tersendiri dari rangkaian cara memasang senar gitar. Sebab, hal tersebut memang akan memengaruhi suara yang dihasilkan. Untuk pemula, Jelas.id menyarankan dalam cara memilih senar gitar ini untuk memakai senar dengan ketebalan yang sedang atau berdiameter kecil supaya lebih mudah untuk memainkannya.
  4. Pilihlah senar gitar yang memiliki lapisan atau coated. Hal ini diperlukan supaya gitar tidak mudah karatan.

Cara Memilih Senar Gitar

Cara Memasang Senar Gitar

Setiap para gitaris, pasti memiliki cara memasang senar gitar dengan caranya masing-masing. Akan tetapi, bagi para gitaris pemula, tentu harus mengetahui konsep dasar dalam memasang senar gitar supaya senar yang dipasang nantinya menjadi lebih rapi dan tak terlihat acak-acakan. Oleh sebab itu, pada sesi kali ini, Jelas.id akan memberikan beberapa langkah atau cara memasang senar gitar yang baik dan benar yang bisa Anda terapkan di rumah. Pada cara ini, ada 2 langkah cara memasang senar gitar yaitu mencabut senar dan pin pada bridge. Kedua langkah untuk mengganti senar.

  1. Cara Memasang Senar Gitar Tahap Pertama
    • Pada langkah ini, Anda bisa memutuskan untuk mengganti senar secara keseluruhan atau sebagian saja. Jika mengganti beberapa senar saja maka akan menjadikan neck gitar tetap tegang. Sementara itu, jika diganti secara keseluruhan maka Anda akan lebih mudah dalam membersihkan bagian neck gitar.
    • Cara memasang senar gitar yang selanjutnya cabutlah senarnya dari gitar. Caranya yaitu Anda bisa mengendurkan senarnya dengan cara memutar alat pemutar yang ada pada bagian headstock (kepala). Kendurkan sampai Anda bisa dengan mudah mencabut pin pada bridge.
    • Setelah itu, Anda bisa melepas senar dari lubang bridge secara perlahan satu per satu.
    • Setelah semuanya sudah dilepas, maka selanjutnya Anda bisa membersihkan seluruh bagian gitar Anda dengan lap kering yang lembut.
  2. Cara Memasang Senar Gitar Tahap Kedua
    • Persiapkan senar baru Anda dan pilihlah senar mana yang akan dipasang terlebih dahulu.
    • Setelah itu, Anda bisa memasukkan senar ke dalam lubang bridge kemudian pasanglah kembali pinnya. Ketika memasukkan senar ke dalam bridge Anda juga harus menarik senar tersebut untuk memastikan saja bahwa senar terpasang dengan baik dan rapi. Setelah dipastikan, Anda sudah dapat melanjutkan pada tahapan selanjutnya dari cara memasang senar gitar ini.
    • Langkah berikutnya yaitu mengencangkan senarnya. Caranya yaitu dengan memutar alat pemutar pada bagian headstock.
    • Setelah senar terpasang, Anda bisa merapikan senar dengan cara memasukkannya pada lubang di alat pemutar yang terletak pada headstock gitar.
    • Kemudian, jangan lupa untuk mengencangkan senarnya kembali.
    • Atur nada gitar Anda. Ketika senar sudah terpasang dengan baik maka selanjutnya Anda bisa mengatur nada gitar sesuai nada yang ada di setiap masing-masing senar.
    • Cara memasang senar gitar yang terakhir adalah merapikannya dengan memotong sisa senar tetapi jangan dipotong semuanya. Sisakan sekitar setengah cm saja untuk membuat senarnya lebih longgar.

Cara Memasang Senar Gitar Listrik

Dengan kedua metode cara memasang senar gitar yang diperinci tersebut, tentunya Anda sebagai gitaris pemula akan lebih mudah dalam memahami proses dan langkah terkait bagaimana cara memasang gitar yang baik dan benar. Selain itu, apabila cara yang telah Jelas.id paparkan tersebut dilakukan dengan perlahan dan urut tentu senar gitar Anda akan terpasang dengan baik dan rapi. Semoga, artikel cara memasang senar gitar serta cara memilih senar gitar yang Jelas.id sampaikan ini bermanfaat bagi Anda, terutama para gitaris pemula. Sekian dan terimakasih.