jelas

Cara Memasang Pelindung Kabel dan Manfaatnya

Cara Memasang Pelindung Kabel – Sebelum Jelas.id menjelaskan mengenai cara memasang pelindung kabel tentunya anda tahu bahwa aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari tak lepas dari penggunaan berbagai macam perangkat elektronik mulai dari ponsel hingga laptop. Semua perangkat yang kita gunakan tersebut hadir dengan berbagai macam kabel yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ponsel misalnya hadir dengan kabel yang digunakan untuk mengisi baterai. Ponsel juga umumnya dilengkapi dengan aksesoris bernama headset yang sering digunakan untuk mendengarkan musik. Jika anda menggunakan laptop anda akan bertemu juga dengan kabel yang digunakan untuk pengisian baterai. Selain itu, masih banyak perangkat-perangkat berkabel lainnya yang sering kita pakai untuk menunjang kebutuhan dan aktivitas seperti transfer data. Sayangnya, kabel-kabel tersebut lama-kelamaan akan menemui ajalnya lantaran putus karena penggunaan yang wajar sekalipun. Untuk itu, produsen kreatif membuat pelindung kabel berbentuk spiral yang sebenarnya mudah untuk dipasang. Sayangnya, tak semua orang bisa memasang pelindung kabel ini lantaran memang cukup ribet untuk pemula. Untuk itu, kali ini Jelas.id akan memberikan tutorial cara memasang pelindung kabel ini untuk anda.

Cara Memasang Pelindung Kabel

Cara Memasang Pelindung Kabel

Pada dasarnya hal yang paling penting dalam menerapkan cara memasang pelindung kabel ini adalah memiliki pelindung kabel itu sendiri. Saat ini pelindung kabel sangat mudah didapatkan. Anda tak hanya bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik namun toko online pun sekarang sudah banyak yang menawarkan alat yang satu ini. Alat yang fungsional ini tersedia dalam berbagai macam pilihan dan ukuran. Namun, jika anda perhatikan pelindung kabel spiral merupakan jenis yang paling banyak diminati dan digunakan oleh orang. Hal ini karena pelindung kabel dengan bentuk spiral merupakan yang paling cocok digunakan untuk melapisi berbagai macam kabel mulai dari kabel charger, kabel headset, kabel data, dan berbagai jenis kabel lainnya. Pelindung kabel atau yang juga sering disebut dengan cord cover atau cord protector ini kini hadir dengan banyak pilihan warna. Dengan berbagai macam pilihan warna tersebut, tak heran jika banyak orang yang menjadi tertarik untuk menggunakannya. Tentu saja, warna yang tersedia tersebut tak akan memengaruhi cara memasang pelindung kabel ini.

Cara Memasang Pelindung Kabel Dengan Mudah

Manfaat Pelindung Kabel

Sebelum Jelas.id membagikan informasi mengenai cara memasang pelindung kabel yang tepat, sepertinya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa sajakah manfaat pelindung kabel ini untuk memantapkan hati dalam mengikuti tutor cara memasang pelindung kabel ini.

  1. Manfaat pelindung kabel yang pertama tentunya adalah untuk melindungi komponen-komponen penting yang ada di dalam kabel
  2. Melindungi kabel dari gangguan binatang seperti gigitan tikus, kecoa, atau serangga lainnya
  3. Membuat kabel menjadi tidak mudah patah atau rusak
  4. Bahan pelindung kabel yang elastis akan menjaga kabel agar tidak mudah kusut atau tertekuk
  5. Manfaat pelindung kabel yang lain adalah melindungi kabel dari debu atau kotoran yang biasanya mudah menempel sehingga akan mengganggu fungsi dari kabel
  6. Memudahkan penyimpanan kabel
  7. Manfaat pelindung kabel yang jarang terpikirkan adalah memudahkan dalam pengelompokan kabel sehingga tidak mudah tertukar dengan jenis kabel lainnya. Kemudahan ini didapat karena pelindung kabel bisa dipilih dengan berbagai warna
  8. Sebagai aksesoris yang membuat tampilan kabel lebih menarik karena tersedia dalam berbagai macam pilihan warna (solid, transparan, dan kombinasi warna)

Manfaat Pelindung Kabel

Cara Memasang Pelindung Kabel

Ini saatnya Jelas.id menyampaikan cara memasang pelindung kabel yang benar. Tentunya setelah kamu mengetahui manfaat pelindung kabel itu sendiri, kamu akan semakin mantap untuk mengikuti tutor cara memasang pelindung kabel ini bukan? Yuk disimak!

  1. Cara memasang pelindung kabel yang pertama adalah dengan menyiapkan earphone atau jenis kabel lainnya yang akan dipasangi dengan pelindung kabel. Pastikan kondisi kabel dalam keadaan bersih, jadi jika kabel berselimut debu atau anda masih menemukan kotoran yang menempel, bersihkanlah kabel tersebut terlebih dahulu.
  2. Lalu cara memasang pelindung kabel yang berikutnya juga kudu menyiapkan pelindung kabel dengan warna favorit anda. Anda bisa memilih menggunakan satu warna atau bisa juga menggunakan kombinasi warna yang terdiri dari dua atau tiga warna. Untuk kabel yang memiliki panjang sekitar satu meter, anda biasanya akan membutuhkan sekitar 2 pelindung kabel.
  3. Perlu diperhatikan, sebelum melanjutkan cara memasang pelindung kabel ini, Anda perlu menghilangkan bagian gumpalan yang ada pada pelindung kabel biasanya terletak pada sambungan. Anda bisa memotongnya dengan menggunakan gunting. Anda bisa terlebih dahulu melakban ujung kabel agar tidak mudah terlepas.
  4. Jika anda ingin menggunakan kombinasi warna dalam menerapkan cara memasang pelindung kabel ini, maka anda bisa langsung melilitkan pelindung kabel dengan dua warna yang anda sukai secara bersamaan. Anda hanya perlu melilitkannya dari ujung yang satu ke ujung lainnya. Caranya adalah dengan memutarnya hingga kabel tertutup sempurna dengan pelindung tersebut.
  5. Cara memasang pelindung kabel ini juga bisa diterapkan dengan kombinasi warna lainnya yang bisa digunakan dengan menempatkan warna secara selang-seling. Potong setiap warna pelindung kabel dengan ukuran sekitar 2 cm. Lalu, lilit secara bergantian dari warna pertama ke warna kedua kemudian balik ke warna pertama lagi begitu seterusnya hingga kabel tertutup sempurna.

Cara Memasang Pelindung Kabel Sendiri

Nah, begitulah cara memasang pelindung kabel ala  Jelas.id. Cukup simple untuk diikuti bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut anda bisa memasang sendiri pelindung untuk berbagai macam kabel yang ada di sekeliling anda. Anda bahkan bisa mengombinasi warna pada pelindung kabel dengan warna-warna yang anda sukai. Semoga informasi tentang manfaat pelindung kabel dan cara memasang pelindung kabel ini bermanfaat untuk anda.