jelas

Cara Memasang Parabola yang Baik dan Benar

Cara Memasang Parabola – Cara memasang parabola mungkin banyak dicari bagi sebagian orang yang ingin menikmati siaran tv chanel lokal maupun luar negeri dengan tampilan gambar yang memuaskan. Maka dari itu, sebagian orang menggunakan sebuah media canggih yang bernama parabola sebagai alat untuk menangkap sinyal siaran langsung dari luar negeri atau siaran lokal. Dengan menggunakan alat ini, tentu Anda bisa melihat beragam siaran TV chanel lokal maupun luar negeri. Namun, terkadang yang menjadi kendala yaitu pada proses pemasangan parabola itu sendiri. Pasalnya, tak sedikit orang yang mampu membayar tagihan tv channel dan membeli parabola tetapi tidak bisa memasangnya. Padahal, dengan mengetahui cara memasang parabola akan memberi banyak manfaat untuk Anda. Salah satunya Anda tak perlu meminta bantuan petugas pemasang parabola yang tak jarang memiliki jadwal padat sehingga harus mengantri panjang. Tentu, memasang parabola sendiri akan jauh lebih efisien. Lantas, bagaimana ya cara memasang parabola yang baik dan benar? Tak perlu khawatir, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan membantu Anda dengan memberikan info mengenai cara memasang parabola di rumah Anda.

Cara Memasang Parabola

Cara Memasang Parabola

Terkait cara memasang parabola, sebenarnya mudah kok. Jika Anda mengetahui caranya, tentu memasang parabola bukan suatu hal yang sulit. Tetapi, bagi yang belum pernah atau belum mengetahui cara pemasangannya, tentu merupakan hal yang sangat sulit dan bahkan membingungkan, mungkin juga termasuk Anda. Bahkan, ada juga yang rela membayar seorang teknisi pemasang parabola hanya karena kita tak tahu cara memasangnya padahal Anda pun bisa memasangnya sendiri di rumah. Jika memang benar demikian, Anda tak perlu bingung. Pasalnya, kali ini Jelas.id akan membahas cara memasang parabola yang baik dan benar beserta alat-alat yang dibutuhkan untuk memasangnya. Nah, sebelum jauh membahas proses atau cara memasang parabola, Anda perlu persiapkan beberapa alat – alat yang nantinya akan digunakan untuk memasang parabola di rumah Anda.

Cara Memasang Parabola Yang Baik

Alat Untuk Memasang Parabola

Berikut ini beberapa alat untuk memasang parabola yang harus Anda persiapkan:

  • Alat untuk memasang parabola yang pertama adalah kunci ring pas ukuran 10, 17, 19 (kebanyakan ukuran ini yang di pakai pada antena parabola)
  • Obeng (sering digunakan pada baut penyetel LNB)
  • Kompas juga merupakan alat untuk memasang parabola yang wajib Anda miliki. Fungsinya adalah untuk menentukan kira-kira arah mata angin atau menentukan arah antena parabola pada awalnya ke Barat, Timur, Utara dan Selatan, LNBF C band arah 0 ke Barat, LNB KU band arah konektor ke Utara.

Beberapa alat untuk memasang parabola tersebut harus Anda persiapkan. Sebab, ketiga alat semua itu sangat dibutuhkan pada tahapan proses dalam memasang parabola. Selain itu, dengan mempersiapkan beberapa alat-alat tersebut, tentunya nanti akan mempermudah dan mempercepat proses pemasangan parabola di rumah Anda. Nah, setelah alat untuk memasang parabola dipersiapkan, di bawah ini kita akan menginjak pada proses cara memasang parabola.

Cara Memasang Parabola Yang Benar

Cara Memasang Parabola

Di bawah ini beberapa cara memasang parabola :

  1. Cara memasang parabola yang pertama yaitu dengan buatlah sebuah lubang untuk tiang parabola. Anda bisa menggunakan cangkul untuk membuat parabolanya. Hal yang perlu diperhatikan yaitu, gunakan tiang dari bahan yang kuat, seperti dari besi atau baja.
  2. Setelah lubang dibuat, maka langkah selanjutnya dalam cara memasang parabola ini adalah dengan membenamkan tiang penyangga dan tancapkan secara tegak lurus.
  3. Letakkan disk/ antena parabola pada dudukan disk yang di pancangkan terlebih dahulu ( apabila Anda menggunakan bahan semen pada dasar tiang berarti Anda harus menunggu sampai semennya keras dan siap untuk di letakkan antenanya ). Usahakan posisi disk menghadap tegak lurus juga agar cara memasang parabola ini sukses.
  4. Kencangkan beberapa baut penahan yang terpasang pada pangkal antena. Peletakkannya sesuai tahap 2 supaya bisa di gerak-gerakkan untuk mencari arah barat, utara juga kemiringan antena terhadap garis khatulistiwa.
  5. Setelah itu, cara memasang parabola ini harus dilanjutkan denagn memasang LNB pad antena dan dilanjut dengan memasang konektor yang menghubungkan antena ke receiver.
  6. Lalu, sambung konektor dari antena ke receiver. Jangan lupa juga untuk menghubungkan kabel dari receiver ke monitor tv.
  7. Berikutnya, Anda harus mengatur satelit atau parameter satelit, chanel yang akan kita cari untuk menerapkan cara memasang parabola ini secara benar. Cari salah satu chanel untuk di jadikan acuan untuk mendapatkan chanel satelit yang akan kita tampilkan (pada kolom bagian atas itu untuk melihat kekuatan signal LNB, kolom di bawahnya untuk melihat kekuatan signal dari chanel yang akan kita cari) kalau menggunakan LNB C Band maka pengaturan Lo LNBnya memang harus standar 5150 bro.. kalau universal 9750/10600 untuk LNB jenis Ku band.
  8. Pada tahap selanjutnya, Anda sudah bisa mencari chanel dengan melihat dari monitor, gerakkan ke kiri, kanan untuk mendapatkan arah Barat/Timur yang merupakan arah orbit satelit, atas bawah sambil melihat pada kolom kualitas signal di monitor, cari setingannya sampai signal terkuat/tertinggi di dapat, sambil mengencangkan baut-baut yang ada pada pangkal antena dan tongkat penyangga antena (arah barat ke timur). Pada tahap ini, cara memasang parabola ini sudah bisa dibilang hampir selesai. Selanjutnya jika Anda memiliki motor penggerak/ aktuator bisa langsung di pasangkan sehingga nantinya kendali untuk menaikkan dan menurunkan arah antena parabola langsung dari positioner atau bisa juga langsung dari receiver.
  9. Langkah yang terakhir, yaitu mencari di menu receiver untuk mendapatkan menu scan otomatis. Tunggulah beberapa saat hingga semua channel muncul. Dari sini, Anda sudah bisa menikmati siaran channel lokal maupun luar negeri di rumah dan tentu itu artinya Adna telah berhasil menerapkan cara memasang parabola

Jika kita melihat sepintas, tampaknya cara memasang parabola memang sedikit sulit. Namun, jika kesembilan cara di atas Anda terapkan secara urut, baik dan benar maka bukan suatu hal yang sulit. Dalam pemasangan parabola, hal yang paling penting untuk diperhatikan yaitu ketelitian dalam memasang beberapa kabel penghubung yang terkadang membingungkan. Tetapi, jika kita lakukan secara hati-hati dan perlahan maka cara memasang parabola bisa dijalani dengan baik.

Cara Memasang Parabola Yang Baik Dan Benar

Itulah tadi beberapa cara memasang parabola dalam tahapan proses memasang parabola sendiri di rumah. Dengan mengetahui cara tersebut, diharapkan Anda tak perlu lagi harus antri panjang hanya untuk menunggu giliran petugas datang untuk memasang parabola. Jika sudah mengetahui caranya, Anda pun bisa melakukannya secara mandiri di rumah. Nah, demikianlah informasi mengenai cara memasang parabola yang baik dan benar beserta alat-alat yang dibutuhkan. Semoga cara memasang parabola ini bermanfaat dan selamat mencoba.