jelas

Cara Memasang Gorden Jendela dengan Benar

Cara Memasang Gorden – Bagaimana ya cara memasang gorden jendela agar ruangan lebih terlihat indah dan elegan? Gorden merupakan sejenis kain yang dipasang menggantung di bagian dalam jendela. Fungsi utamanya sendiri sebenarnya untuk menghalau cahaya yang masuk ke dalam rumah agar tidak berlebihan. Selain itu, gorden dipakai untuk membantu menjaga privasi di dalam rumah. Pasalnya, jika jendela tidak ditutup dengan gorden maka orang di luar bisa melihat bagian dalam rumah dengan mudah dan hal ini bisa mengundang bahaya bagi isi rumah tersebut. Tak hanya digunakan untuk memenuhi kedua fungsi tersebut, jika Anda mengetahui cara memasang gorden jendela dengan benar, gorden juga dipakai sebagai salah satu dekorasi di dalam rumah. Tak heran jika saat ini gorden tersedia dalam berbagai macam warna dan motif. Mulai dari gorden yang hadir dengan warna polos tanpa sedikit pun motif sampai gorden dengan motif-motif lucu yang membuat rumah menjadi tampak hidup dan lebih menarik. Tak hanya itu, gorden yang dahulu sangat identik dengan desain klasik kini cara memasang gorden hadir dengan berbagai gaya yang lebih ringan sehingga cocok untuk menghias bagian dalam rumah-rumah yang mengaplikasikan desain minimalis.

Cara Memasang Gorden

Cara Memasang Gorden

Apapun jenis gorden yang dipakai, agar terlihat indah di jendela, cara memasang gorden tersebut harus dilakukan dengan benar. Gorden yang tak dipasang dengan benar selain tidak akan enak dilihat juga kemungkinan malah merusak bagian-bagian dari gorden itu sendiri sehingga bukanya menjadi indah malah terlihat norak. Meski begitu, tak banyak orang yang paham tentang cara memasang gorden yang benar ini dan memilih untuk memakai jasa pemasangan gorden sepaket dengan pembelian gorden tersebut. Hal ini tentu memang sah-sah saja dilakukan jika memang Anda telah menyiapkan budget khusus untuk hal tersebut. Namun, jika ternyata budget Anda pas-pasan atau karena kondisi lain yang tak memungkinkan untuk memakai jasa pemasangan gorden, maka mau tidak mau Anda harus memasang gorden tersebut sendiri. Tentu harus ada beberapa hal yang diperhatikan sebelum memasang gorden tersebut. Nah, bagi Anda yang berniat memasang gorden baru di jendela rumah namun belum tahu caranya, maka kali ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara memasang gorden dengan benar.

Cara Memasang Gorden Jendela

Kesalahan dalam Memasang Gorden

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam memasang gorden yang mungkin terjadi :

  • Tidak melakukan pengukuran jendela dengan tepat merupakan kesalahan dalam memasang gorden yang bisa mengakibatkan gorden yang sudah terpasang masih terlihat tidak pas. Oleh karena itu, pengukuran jendela harus dilakukan dengan benar dan Anda harus menentukan jarak terbaik untuk memansangnya agar gorden terlihat pas dengan ukuran jendela.
  • Menggantung gorden terlalu pendek juga termasuk kesalahan dalam memasang gorden Karena bisa mengurangi kemegahan tampilannya sehingga gorden sebaiknya digantung pada jarak yang lebih tinggi untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih lapang.
  • Gorden yang terlalu pendek justru akan mengganggu tampilan di dalam rumah sehingga panjang gorden harus disesuaikan dengan ukuran jendela. Rumah dengan desain interior klasik misalnya perlu memakai gorden yang panjangnya hingga menyentuh lantai agar mendukung nuansa megahnya.
  • Gorden yang tidak disetrika sebelum dipasang juga merupakan kesalahan dalam memasang gorden yang cukup banyak dilakukan sehingga membuat gorden terlihat kurang rapi.

Di atas merupakan beberapa kesalahan dalam memasang gorden yang umum dilakukan. Banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan hal tersebut sehingga mengakibatkan gorden menjadi kurang pas ketika dilihat. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, Anda bisa menghindarinya ketika memasang gorden. Berikutnya, Anda akan mengetahui bagaimana cara memasang gorden dengan benar.

Cara Memasang Gorden dengan Benar

Cara Memasang Gorden Jendela

Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang gorden jendela dengan tepat:

  1. Cara memasang gorden yang dilakukan pertama kali sebelum memasang kain gordennya adalah mengukur jendela terlebih dahulu. Pastikan bahwa lebar jendela sesuai dengan lebar kain gorden yang akan digunakan. Mengukur jendela dengan benar akan membuat waktu menjadi lebih efisien sebab Anda tak akan lagi bolak-balik untuk menukarkan gorden dengan ukuran yang salah.
  2. Setelah mengukur jendela, maka cara memasang gorden selanjutnya adalah memilih jenis penyangga untuk gorden tersebut. Pemilihan penyangga gorden ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan seharusnya memang disesuaikan dengan desain rumah. Anda bisa mencari berbagai referensi terlebih dahulu untuk menentukan jenis penyangga yang tepat.
  3. Gunakan kain gorden yang panjangnya melebihi ukuran jendela rumah atau bisa menggunakan gorden yang panjangnya hingga lantai namun jangan berlebihan agar tak mudah kotor.
  4. Kemudian cara memasang gorden jendela selanjutnya adalah dengan melubangi dinding sebagai tempat untuk memasang penyangga. Anda bisa menggunakan bor listrik agar lubangnya kecil namun hasilnya lebih kuat dan tidak mudah lepas. Anda sebaiknya juga menghindari cara manual seperti dengan palu karena biasanya hasilnya kurang rapi dan justru merusak dinding.
  5. Setelah penyangga terpasang dengan kuat, maka selanjutnya adalah memasang kain gordennya. Kain gorden sebaiknya dipasang pada posisi yang agak tinggi sehingga mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Ini penting untuk dilakukan terutama jika ruangan tersebut berukuran sempit.
  6. Sebelum benar-benar memasang kain gorden ke penyangganya, cara memasang gorden yang terakhir adalah mengecek lagi apakah gorden tersebut sudah rapi atau belum. Jika masih kusut atau kotor, Anda bisa membersihkan dan merapikannya terlebih dahulu sebelum akhirnya dipasang.

Itulah langkah-langkah untuk memasang gorden dengan tepat yang bisa Anda praktikan di rumah. Cara memasang gorden jendela di atas memang terkesan mudah namun jika tidak dilakukan dengan benar maka hasilnya tetap akan kurang sempurna. Selain itu, tidak semua kain gorden bisa disetrika sehingga Anda harus berhati-hati untuk memasang gorden dengan jenis kain tertentu.

Cara Memasang Gorden Jendela Sendiri

Nah, itulah cara memasang gorden jendela dengan baik dan benar. Tak terlalu sulit, bukan? Dengan begitu, gorden yang Anda pasang tidak hanya pas dengan jendela tetapi juga akan membuat tampilan rumah semakin cantik. Jika Anda mengikuti setiap langkah yang sudah Jelas.id paparkan di atas, Anda tak perlu lagi menyewa jasa pemasangan gorden untuk memasang gorden tersebut dirumah karena Anda pun sudah bisa melakukannya sendiri. Demikianlah, informasi yang bisa Jelas.id bagikan mengenai cara memasang gorden. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.