jelas

Cara Memasang Gas Elpiji Secara Aman

Cara Memasang Gas Elpiji – Nah di sesi tutorial kali ini, Jelas.id akan membagikan kepada para pembaca semua mengenai cara memasang gas elpiji dengan benar. LPG atau yang lebih populer disebut dengan Elpiji adalah gas alam yang umumnya dipakai oleh masyarakat Indonesia untuk memasak atau kegiatan pengolahan makanan yang lain. Penggunaan elpiji ini menjadi pilihan alternatif ketika masyarakat yang dulunya mengandalkan minyak tanah untuk kegiatan memasak menjadi susah didapatkan dan dijual dengan harga yang tinggi. Memakai tabung elpiji memang menawarkan kelebihan tersendiri karena selain lebih simpel digunakan juga lebih terjangkau harganya. Meski begitu, bukan berarti bahwa penggunaan tabung elpiji ini tidak lepas dari masalah. Salah satu masalah yang menghantui para pengguna elpiji ini tak lain adalah ledakan karena cara memasang gas elpiji yang salah. Kasus ledakan elpiji memang lumayan sering terjadi sehingga hal ini tampaknya membuat sebagian masyarakat Indonesia masih enggan untuk memakainya. Selain itu, masyarkat yang memakai elpiji pun terkadang masih memiliki kecemasan ketika memasang tabung elpiji ini ke kompor gas bahkan yang telah memakainya sejak lama sekalipun sehingga terkadang justru memilih meminta tolong orang lain untuk memasangkannya, untuk menghindari kesalahan fatal akibat cara memasang gas elpiji yang tidak benar.

Cara Memasang Gas Elpiji

Cara Memasang Gas Elpiji

Cara memasang gas elpiji dengan benar akan menghindarkan resiko kecelakaan dalam menggunakannya. Di Indonesia sendiri, tabung gas elpiji ini tersedia dalam berbagai macam dan ukuran. Akan tetapi, yang saat ini lebih banyak digunakan adalah tabung elpiji dengan ukuran 3 kg. Tabung gas elpiji 3 kg ini selain lebih murah juga lebih mudah dibedakan dengan tabung elpiji yang lain sebab ukurannya paling kecil serta hadir dengan warna hijau seperti buah melon. Tak heran jika kemudian banyak masyarakat yang menyebutnya dengan elpiji melon. Semua kecemasan saat memasang gas elpiji baik itu untuk yang 3 kg ataupun ukuran yang lebih besar seharusnya bisa diatasi jika Anda mengetahui cara memasang gas elpiji tersebut dengan baik dan benar. Anda mungkin bisa meminta bantuan orang lain untuk memasang gas elpiji jika Anda takut melakukannya sendiri, namun bagaimana jika seandainya Anda dalam keadaan terpaksa dan harus memasang tabung elpiji tersebut sendiri? Tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Jelas.id akan membagikan informasi tentang bagaimana cara memasang gas elpiji dengan tepat.

Cara Memasang Gas Elpiji yang Baik

Cara Mengetahui Kebocoran Gas Elpiji

Berikut ini adalah beberapa cara mengetahui kebocoran gas elpiji :

  • Cara mengetahui kebocoran gas elpiji yang pertama adal melalui aroma atau bau. Pada tabung gas yang bocor akan tercium bau gas yang cukup menyengat di sekitar gas elpiji atau setelah regulator pada tabung gas selesai dipasang.
  • Cara mengetahui kebocoran gas elpiji yang kedua adalah dengan mengecek apakah ada embun pada bagian leher atau didaerah lubang ada tabung gas tersebut.
  • Dan cara mengetahui kebocoran gas elpiji yang paling mudah yakni dengan mendengar. Jika terdengar bunyi mendesis yang bersumber dari radiator setelah radiator itu dipasang pada gas elpiji maka anda harus segera mengatasinya. Karena jika hal tersebut terjadi besar kemungkinan terdapat masalah pada saluran gas tersebut.

Di atas adalah beberapa cara mengetahui kebocoran gas elpiji. Kondisi seperti ini bisa membahayakan jika tak segera ditangani karena bisa mengakibatkan ledakan atau kebakaran. Jika Anda mengalami hal tersebut maka sebaiknya segera lepas regulator dan padamkan api atau listrik di sekitarnya. Anda juga bisa mengembalikan tabung elpiji tersebut ke agen dimana Anda membelinya. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara memasang gas elpiji yang benar.

Cara Memasang Gas Elpiji 3 Kg

Cara Memasang Gas Elpiji

Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang gas elpiji dengan benar secara aman:

  1. Cara memasang gas elpiji pertama dan terpenting yang harus dilakukan sebelum memasang gas tersebut adalah memastikan bahwa tabung gas yang akan Anda gunakan memiliki logo SNI dan dalam keadaan tidak terjadi kebocoran. Untuk melakukan pengecekan bisa dilihat pada foot ring dan kepala tabung gas. Lakukan pengujian simpel dengan cara melumuri leher tabung tersebut dengan air sabun. Jika muncul gelembung-gelembung sabun, maka kemungkinan terjadi kebocoran. Jika tidak ada gelembung maka gas elpiji dalam keadaan yang aman.
  2. Kemudian, cara memasang gas elpiji yang kedua pastikan bahwa kepala tabung gas masih memiliki karet (rubber seal) yang masih lentur, halus, tidak gampang sobek serta sesuai dengan lingkar diameter pada tabung itu sendiri.
  3. Pastikan, juga tidak ada api yang menyala selama pemasangan gas elpiji.
  4. Pasang regulator ke leher tabung dengan posisi tegak lurus, lalu putar pengunci yang ada di samping regulator searah dengan jarum jam atau 180 derajat.
  5. Ketika terdengar bunyi mendesis selama pemasangan, maka segera buka regulator dan ganti dengan karet gas yang baru atau karet yang dipakai pada tabung elpiji sebelumnya.
  6. Cara memasang gas elpiji selanjutnya adalah jika tidak terdengar bunyi mendesis, maka Anda bisa langsung memutar knop kompor ke posisi ON untuk melihat apakah kompor akan menyala atau tidak.
  7. Jika setelah dinyalakan kompor tidak mengeluarkan api, maka amatilah putaran jarum di regulator. Jika jarumnya tidak mengarah ke kanan maka kemungkinan regulator tersebut rusak dan mempengaruhi kompornya.
  8. Jika jarum berputar ke kanan namun kompor masih belum bisa menyala, maka kembalikan knop ke posisi OFF, lalu tepuk-tepuk bagian regulator dan goyangkan selangnya sebelum dicoba dihidupkan lagi.
  9. Cara memasang gas elpiji yang terakhir jika kompor masih belum mau hidup, Anda bisa menukar tabung elpiji tersebut dengan tabung yang baru sebab kemungkinan ada bagian penekan regulator tidak pas dengan panjang leher tabung.

Itulah langkah-langkah cara memasang gas elpiji dengan benar. Cara di atas juga menunjukkan sejumlah masalah yang mungkin saja terjadi selama pemasangan gas elpiji dan bagaimana cara mengatasinya. Setelah dihubungkan dengan gas elpiji kompor biasanya masih belum menyala dan ini bisa disebabkan karena regulatornya maupun karena gas elpijinya sendiri.

Cara Memasang Gas Elpiji 15 Kg

Setelah membaca langkah-langkah cara memasang gas elpiji di atas tentu Anda sekarang sudah mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah memasang gas elpiji. Anda juga sudah mengetahui berbagai indikasi kebocoran pada tabung gas. Nah, dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah Jelas.id paparkan di atas, Anda kini bisa memasang gas elpiji di rumah dengan aman meski tanpa bantuan orang lain. Itulah informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait cara memasang gas elpiji yang benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.