jelas

Cara Memasang Antena TV dan Cara Memilihnya

Cara Memasang Antena TV – Berbicara tentang cara memasang antena TV tentu tak bisa dilepaskan dari kenyataan bahwa kehidupan manusia saat ini memang tak lepas dari yang namanya televisi atau biasa disingkat dengan TV. Pasalnya, TV merupakan salah satu barang elektronik berbekal kemampuan teknologi audio visual yang biasa digunakan sebagai salah satu media untuk mendapatkan berita informasi atau pun menonton hiburan. Sehingga, setiap acara yang ditonton pun akan semakin lebih mudah dipahami oleh seseorang dibandingkan barang elektronik lainnya, seperti radio. Selain itu, dengan kehadiran sebuah TV tentu setiap orang pun bisa melihat dan mendengar setiap acara yang disiarkan oleh beberapa stasiun TV. Itupun apabila cara memasang antena TV dilakukan dengan benar. Memang, awalnya barang elektronik ini hanya mampu memberikan suara dan tampilan gambar hitam putih saja. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin maju maka di era modern seperti saat ini televisi sudah hadir dengan membawa tampilan gambar yang berwarna sehingga akan lebih menarik untuk ditonton. Di sisi lain, salah satu komponen yang perlu diketahui dan berpengaruh terhadap tampilan gambarnya yaitu antena TV. Sehingga tak heran jika banyak orang ingin mengetahui cara memasang antena TV yang baik dan benar.

Cara Memasang Antena TV

Cara Memasang Antena TV

Antena TV ini sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang ditampilkan sehingga memang benar apabila cara memasang antena TV tidak tepat dipastikan bakal mendapatkan gambar yang tak jernih. Pasalnya, antena TV memang digunakan sebagai penerima sinyal yang dipancarkan dari stasiun TV tertentu lalu sinyal tersebut disalurkan ke TV sehingga akan menampilkan gambar atau siaran. Dengan demikian, tanpa kehadiran antena TV bisa dipastikan Anda tak dapat melihat setiap siaran yang ditampilkan di televisi. Karena merupakan salah satu komponen penting dari sebuah televisi maka hal pertama yang harus Anda lakukan setelah memiliki televisi ini yaitu dengan memilih antena TV dan cara memasang antena TV yang baik dan benar. Sebab, jika dipasang secara asal-asalan, antena TV tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Lantas, bagaimana caranya memasang antena TV itu? Tak perlu khawatir, pada pembahasan kali ini, Jelas.id akan membagikan informasi tentang cara memasang antena TV dan cara memilihnya yang akan dibahas pada beberapa segmen berikut ini. Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama.

Cara Memasang Antena TV Outdoor

Cara Memilih Antena TV

Berikut ini beberapa cara memilih antena TV yang berkualitas baik :

  • Cara memilih antena TV yang baik yaitu pertama pilihlah jenis antena apa yang akan digunakan, antena indoor atau antena outdoor. Jika jangkauan rumah Anda jauh dari stasiun TV maka sebaiknya memilih antena outdoor. Sebaliknya, jika jangkauan lokasi rumah Anda dekat dengan stasiun TV maka antena indoor bisa menjadi pilihan.
  • Perhatikan driver mainboard yang terpasang pada badan antena TV.
  • Selain itu, Anda perlu memilih jenis kabel RG 6 dengan merk apa saja agar tidak salah dalam cara memilih antena TV tersebut.
  • Tak lupa pula, telitilah dalam memilih kabel. Caranya, lihat pada bagian dalam dari kabel tersebut, kabel yang memiliki kualitas bagus terdapat tembaga yang sangat tebal.
  • Lalu cara memilih antena TV yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan juga pada anyaman serabut yang berbentuk melingkar. Pilihlah kabel dengan anyaman serabut yang rapi sebab anyaman serabut yang rapi menandakan bahwa kabel tersebut memiliki kualitas yang baik.

Beberapa cara memilih antena TV yang telah Jelas.id paparkan di atas merupakan salah satu langkah awal dalam memilih tipe driver antena dan pemilihan kabelnya. Dengan kata lain, nantinya aka nada proses perakitan atau cara pemasangannya. Selain itu, dengan mengetahui beberapa langkah tersebut maka Anda pun sudah bisa memilih mana antena yang berkualitas dan mana yang tidak. Sebab, pemilihan kabel ataupun driver antena TV yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan gambar yang dihasilkan secara visual pada layar kaca TV. Sehingga, cara memilih antena TV yang baik menjadi hal mutlak sebelum Anda menerapkan cara memasang antena TV di bawah ini.

Cara Memilih Antena TV

Cara Memasang Antena TV

Berikut ini, Jelas.id paparkan beberapa cara memasang antena TV yang baik dan benar :

  1. Cara memasang antena TV yang pertama yaitu mengupas kulit kabel pada bagian luar sekitar 1,5 cm dengan menggunakan pisau kecil atau cutter. Lakukan hal ini secara perlahan.
  2. Langkah selanjutnya, nanti Anda akan melihat ada serabut dan kertas aluminium foil serta kabel tengah. Satukan ketiga komponen tersebut dengan cara dipelintir. Ingat, pastikan semuanya menyatu dan tidak ada yang tersisa.
  3. Tahapan berikutnya dalam cara memasang antena TV ini, Anda harus mengendurkan baut yang terletak pada port jack yang nantinya akan dihubungkan dengan lubang port antena pada TV.
  4. Lalu, masukkan kabel atau kawat tengah serta isolatornya yang berwarna putih. Sementara itu, kabel serabut dililitkan atau dipelintir pada bagian luarnya. Setelah itu, jepit atau bisa direkatkan dengan menggunakan solder. Hal yang perlu diperhatikan dalam cara memasang antena TV ini yaitu jangan sampai kabel tembaga menyatu dengan kabel serabut tersebut.
  5. Jika kabel dirasa sudah terpasang dengan rapi maka masukkan semua bagian menjadi satu kesatuan.
  6. Cara memasang antena TV yang berikutnya, tutup bagian yang sudah disatukan tadi dengan menggunakan lapisan pertama plastik dan disusul per dan rumah jack pada bagian luar.
  7. Masukkan rumah jack tersebut pada colokan kabel antena TV. Biasanya terletak di bagian belakang TV.

Setelah antena telah dirakit atau dipasang maka cara memasang antena TV yang selanjutnya yaitu dengan mencari arah sinyal yang pas. Untuk mendapatkan sinyal yang pas dan hasil tampilan visual yang maksimal, Anda bisa memutar antena secara perlahan. Kabel yang panjang akan lebih memudahkan Anda untuk menemukan sinyal karena jangkauan pencarian sinyal pada antena akan lebih luas, terutama untuk jenis antena indoor. Sementara itu, untuk jenis antena outdoor biasanya memiliki daya tangkap sinyal lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis antena indoor. Untuk cara memasang antena TV outdoor, Anda cukup memerlukan tiang tinggi di luar rumah sebagai tempat gantungannya.

Cara Memasang Antena TV Dengan Benar

Nah, bagaimana kawan-kawan? Tak sesulit yang dibayangkan kan cara memasang antena TV ini? Jika beberapa langkah dalam pemasangan antena TV di atas diterapkan secara urut, baik, dan benar maka tak menutup kemungkinan jika nantinya gambar visual yang ditampilkan pada layar kaca TV akan terlihat lebih jelas. Demikian ulasan yang telah Jelas.id sampaikan mengenai beberapa cara memilih antena TV dan cara memasang antena TV yang baik dan benar. Semoga beberapa cara yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.