jelas

Cara Memasak Udang Saus Tiram Spesial dan Bahan-Bahannya

Cara Memasak Udang Saus Tiram – Udang merupakan salah satu masakan yang digemari oleh banyak orang, apalagi jika dimasak dengan menggunakan saus tiram. Tentu saja, hal ini membuat cara memasak udang saus tiram spesial benar-benar dicari orang. Selain memiliki rasa yang gurih dan enak, masakan berbahan udang yang satu ini juga memiliki banyak kandungan protein dan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Sehingga, masakan udang yang satu ini tak jarang menjadi salah satu pilihan alternatif para pecinta seafood. Maka dari itu, wajar saja bila banyak sekali restoran yang menawarkan masakan laut udang ini dengan berbagai macam menu, ada udang saus tiram, udang asam manis, dan sebagainya. Tentu, semua masakan tersebut biasanya memiliki harga yang mahal. Dengan demikian, terkadang beberapa orang penggemar masakan berbahan utama udang pun harus rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli 1 porsi masakan udang. Padahal, jika Anda mengetahui bahan dan cara memasak udang pun Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke restoran. Selain itu, jika melihat dari berbagai menu yang biasa disajikan di restoran tersebut, tampaknya memang banyak sekali menu yang bisa Anda buat di rumah. Lantas, bagaimana ya cara memasak udang itu? Nah, berkaitan dengan itu, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan membagikan informasi mengenai cara memasak udang saus tiram spesial lengkap dengan bahan-bahan dan cara membuatnya.

Cara Memasak Udang Saus Tiram

Cara Memasak Udang Saus Tiram

Namun, tunggu dulu dan jangan terburu-buru. Sebelum jauh membahas mengenai cara memasak udang saus tiram spesial, ada baiknya Anda perlu ketahui beberapa hal. Pertama, biasanya udang yang dijual oleh penjual sudah dalam 3 bentuk, yaitu Udang utuh (masih lengkap dengan kepalanya), udang tanpa kepala tetapi sudah dikupas, dan udang tanpa kepala dan sudah dikupas. Nah, karena biasanya udang dijual dalam ketiga bentuk tersebut maka Anda harus mengetahui beberapa cara untuk memilih udang segar yang baik dan benar agar nantinya masakan udang Anda memiliki rasa yang enak dan lezat. Nah, pada sesi kali ini, Jelas.id akan memberikan informasi terkait cara memilih udang yang baik dan benar agar cara memasak udang saus tiram spesial nantinya benar-benar dapat diterapkan dengan baik. Berikut penjelasannya.

Cara Memasak Udang Saus Tiram Spesial

Cara Memilih Udang

Seperti yang sudah dikatakan di atas, untuk menerapkan cara memasak udang saus tiram spesial maka Anda harus ketahui terlebih dulu bagaimana cara memilih udang yang benar. Hal ini tentu unutk menjamin semua bahan dalam cara memasak udang saus tiram spesial nantinya dapat sesuai dengan perkiraan rasa yang diinginkan. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Cara memilih udang dalam keadaan masih utuh
  • Udang yang masih segar bagian kepalanya masih kuat dan tidak mudah putus dari bagian badannya
  • Isi kepala belum pecah. Jika kepala udang memerah itu tandanya sudah pecah
  • Kulitnya masih keras, berkilat, jika diraba terasa kesat
  • Dagingnya masih kenyal dan tak lembek bila ditekan
  1. Cara memilih udang tanpa kepala sebelum dikupas
  • Karena sudah tak memiliki kepala maka Anda harus mengecek bagian lain. Seperti kulitnya masih keras, mengkilap, kesat, tidak ada cacat, dagingnya terasa kenyal, tak lembek dan tidak berbau sangat menyengat
  1. Cara memilih udang tanpa kepala yang sudah dikupas kulitnya
  • Sebenarnya, udang yang sudah dikupas dan dipotong kepalanya ini tidak disarankan untuk dipilih. Karena, biasanya tubuhnya sudah mulai memerah dan kualitas dagingnya biasanya sudah mulai agak lembek. Jika demikian keadaannya, jangan dipilih. Anda harus lebih teliti, usahakan pilihlah udang yang sudah dikupas dan tanpa kepala ini yang dagingnya masih terasa kenyal dan tak berbau amis

Cara Memilih Udang

Bahan Memasak Udang Saus Tiram Spesial

Nah, masih ada satu tahapan lagi sebelum menginjak cara memasak udang saus tiram spesial. Jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih udang yang baik dan benar maka selanjutnya Anda bisa mempersiapkan proses dalam membuat udang saus tiram. Hal pertama yang harus segera Anda persiapkan yaitu mengenai bahan memasak udang saus tiram ini. Apa saja bahan-bahannya? Yuk, kita simak bersama bahan memasak udang saus tiram spesial yang nanti akan digunakan dalam cara memasak udang saus tiram spesial ala Jelas.id.

  • Udang besar 1 kg.
  • Bawang merah 6 siung yang sudah diiris tipis.
  • 4 siung bawang putih yang sudah diiris tipis juga.
  • 1 siung bawang Bombay dan diiris tipis.
  • Merica bubuk sebanyak 1 sendok the.
  • Mentega sebanyak 3 sendok makan.
  • Kecap manis 3 sendok makan.
  • Saus tiram 6 sendok teh.
  • Siapkan garam secukupnya saja.
  • Mentega secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.

Bahan Memasak Udang Saus Tiram Spesial

Cara Memasak Udang Saus Tiram

Bagaimana? Semakin penasaran ya dengan cara memasak udang saus tiram spesial ala Jelas.id? Nah, setelah semua bahan memasak udang saus tiram spesial yang radi telah dijabarkan Jelas.id disiapkan, ini saatnya Jelas.id akan menjelaskan dengan baik dan rinci cara memasak udang saus tiram spesial ini. Yuk simak!

  1. Cara memasak udang saus tiram spesial yang pertama dan perlu untuk diperhatikan yaitu dalam memilih bahan utamanya, yaitu udang segar dan berukuran besar. Pilihlah udang yang baik dan sehat.
  2. Jika Anda membeli udang segar, biasanya kulit dan kepalanya belum dihilangkan. Maka dari itu, cara memasak udang saus tiram spesial ini perlu didahului dengan mengupas kulit udang dan kepalanya dan bersihkan kotoran-kotoran udang supaya rasa pahit nantinya tidak lagi terasa. Dalam hal ini, kulit udang juga memiliki manfaat antibody bagi tubuh Anda sehingga tidak dikupas juga tidak masalah.
  3. Cucilah udang di bawah air mengalir.
  4. Setelah itu, persiapkan bumbu-bumbu halusnya dengan menggunakan cobek.
  5. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan garam secukupnya di cobek tersebut.
  6. Panaskan minyak goreng ke dalam sebuah wajan lalu campurkan juga dengan mentega hingga mencair dan mencampur. Metode ini penting dalam cara memasak udang saus tiram spesial agar didapati panas yang pas untuk menghasilkan rasa yang kuat.
  7. Jika sudah panas, maka selanjutnya masukan bumbu halus dan bawang bombay yang sudah diiris tipis tadi ke dalam wajan yang sudah dicampur minyak goreng dan mentega. Tumis lah sampai bumbu halus dan tampak layu serta beraroma harum.
  8. Lalu yang menjadi inti dari cara memasak udang saus tiram spesial ini adalah memasukkan udang yang sudah dicuci tadi ke dalam wajan tersebut . Aduk hingga bumbu merata dan meresap pada udang.
  9. Kemudian, tambahkan segera kecap manis dan saus tiram. Masaklah hingga matang.
  10. Setelah itu, angkat udang yang telah matang tersebut dan berakhirlah cara memasak udang saus tiram spesial ini. Itu artinya udang sus tiram siap untuk disantap.

Cara Memasak Udang Saus Tiram Yang Enak

Jika dilihat cara memasak udang saus tiram spesial di atas, tampaknya cukup mudah dan simpel kan? Namun, hal yang perlu diperhatikan yaitu pada proses pemilihan dan tahapan mencuci udang. Pasalnya, Anda harus benar-benar memilih udang yang baik dan mencuci sampai bersih agar nantinya tidak ada kuman atau bakteri ketika dimasak. Selain itu, jika beberapa tahapan di atas dilakukan secara urut dan benar maka udang saus tiram pun akan bisa Anda buat dengan rasa enak dan tak kalah dari masakan restoran. Itulah tadi cara memasak udang saus tiram spesial lengkap dari cara memilih udang, bahan-bahannya, hingga pada tahap memasak yang telah Jelas.id sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.