jelas

Bahan dan Cara Masak Sayur Lodeh yang Enak

Cara Memasak Sayur Lodeh – Ingin tahu cara memasak sayur lodeh sebagai menu harian? Tak perlu bingung. Pasalnya, pada pembahasan ini, Jelas.id akan menerangkan resep memasak sayur lodeh yang mudah untuk Anda terapkan sendiri di rumah. Memang sih, sayur lodeh ini merupakan jenis masakan harian yang sederhana namun memiliki rasa yang begitu lezat. Cara memasak sayur lodeh ini memang tidak terlalu sulit, sehingga wajar jika banyak ibu rumah tangga yang menjadikan masakan dengan komposisi sayur beraneka ragam ini sebagai salah satu menu santapan harian untuk keluarga. Namun, bagi Anda yang belum pernah membuatnya, tentu resep sayur lodeh yang akan dibahas pada ulasan kali ini bisa Anda jadikan sebagai rujukan dalam membuat sayur lodeh yang enak dan lezat. Lantas, bagaimana sih cara memasak sayur lodeh itu?

Cara Memasak Sayur Lodeh

Cara Memasak Sayur Lodeh

Sebenarnya cara memasak sayur lodeh itu mudah sehingga Anda pun tak perlu lagi membeli di warung makan. Bahkan, yang menarik dari sayur lodeh yaitu komposisi sayuran yang bervariasi sehingga tak mengherankan jika sebagian besar ibu rumah tangga menggunakan sayur yang berbeda-beda sesuai dengan selera. Akan tetapi, meski memiliki variasi sayur yang berbeda namun persamaannya terletak pada penggunaan santan sebagai salah satu komponen dalam panduan cara memasak sayur lodeh. Selain itu, sayur lodeh ini juga diketahui memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Sebab, pada dasarnya, semua masakan berbahan dasar sayur tentunya terdiri dari sayuran yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka, tak salah jika Anda menjadikan sayur lodeh ini sebagai menu harian untuk keluarga tercinta. Nah, berkaitan dengan cara memasak sayur lodeh, sebelumnya perlu diketahui dulu beberapa bahan masak sayur lodeh dan bumbu sayur lodeh. Yuk, kita simak bersama!

Cara Masak Sayur Lodeh

Bahan dan Bumbu Masak Sayur Lodeh

Berikut bahan masak sayur lodeh dan bumbu sayur lodeh yang perlu Anda persiapkan:

  1. Bahan dan bumbu memasak sayur lodeh yang pertama yaitu siapkan melinjo secukupnya.
  2. Kemudian, siapkan juga daun melinjo secukupnya atau bisa menyesuaikan selera/kebutuhan.
  3. 200 gr labu siam yang sudah dikupas dan dipotong membentuk dadu.
  4. 1 ikat kacang panjang lalu dipotong kecil-kecil seukuran korek api.
  5. 1 buah terong yang dipotong membentuk dadu.
  6. 3 potong jagung manis kemudian dipotong.
  7. Santan sebanyak 600 ml.
  8. Tempe 1 potong atau sesuai selera.
  9. Bawang putih sebanyak 3 siung.
  10. Bawang merah. Untuk bahan dan bumbu memasak sayur lodeh yang satu ini siapkan 6 siung.
  11. Kemiri sebanyak 3 butir saja.
  12. Ketumbar dengan takaran 1 sendok teh.
  13. Garam sebanyak 1 sendok makan atau sesuai selera.
  14. Gula pasir secukupnya. Anda juga bisa menggunakan 1 sendok the gula merah.
  15. 1 buah cabai merah dan 3 cabai hijau yang sudah dibuang bijinya.
  16. Siapkan juga lengkuas dan 2 lembar daun salam.
  17. Dan bahan dan bumbu memasak sayur lodeh yang terakhir yaitu 1 buah tomat.

Bahan masak sayur lodeh dan bumbu sayur lodeh memang terbilang cukup banyak. Namun, meskipun demikian, beberapa bahan dan bumbu tersebut mudah didapatkan sehingga Anda tak terlalu sulit untuk mempersiapkannya. Selain itu, beberapa bahan dan bumbu di atas pun juga ada beberapa yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Selanjutnya, Jelas.id akan menjelaskan secara lengkap cara memasak sayur lodeh yang lezat.

Bahan Masak Sayur Lodeh

Cara Memasak Sayur Lodeh

Nah, setelah mempersiapkan bahan dan bumbunya, kini waktunya Jelas.id jelaskan cara memasak sayur lodeh. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Langkah pertama dalam cara masak sayur lodeh, terlebih dahulu Anda perlu merebus santan yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam panci dengan nyala api sedang.
  2. Sembari menunggu rebusan santan setengah mendidih, Anda bisa menghaluskan beberapa bumbu yang sudah dipersiapkan, yaitu bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, garam, dan gula.
  3. Cara memasak sayur lodeh berikutnya, masukkan bumbu yang dihaluskan tersebut ke dalam panci rebusan santan tadi. Kemudian, aduk-aduk sampai bumbu merata dan mendidih. Pada langkah ini, Anda bisa membesarkan sedikit nyala apinya.
  4. Jika dirasa sudah tercampur dan mendidih, masukkan lengkuas, potongan jagung manis, abu siam, melinjo dan kacang panjang. Masak seluruh bahan-bahan tersebut sampai matang.
  5. Nah, menginjak pada cara masak sayur lodeh yang terakhir, Anda bisa memasukkan daun melinjo, cabai merah, dan terong. Pada proses ini, Anda bisa mencicipinya, apabila dirsa kurang garam atau gula maka Anda bisa menambahkannya sesuai selera. Jika sudah, aduk perlahan dan rebus sampai bahan dan bumbu tercampur semua. Tunggu sampai matang.
  6. Setelah matang maka angkat dan tuangkan dalam mangkuk besar yang tahan panas. Anda bisa menambahkan tomat yang sudah dipotong menjadi 4 bagian.
  7. Nah, cara memasak sayur lodeh pun selesai dan sayur lodeh buatan Anda sudah siap untuk disantap.

Apabila kita cermati kembali pada proses cara memasak sayur lodeh di atas, tampaknya hal yang cukup sulit yaitu untuk mendapatkan rasa yang pas di lidah. Namun, jika Anda benar-benar menerapkan langkah-langkah di atas secara urut dan dengan takaran bahan maupun bumbu yang sesuai resep maka hasil masakan sayur lodeh buatan Anda pun tak akan mengecewakan. Maka dari itu, lakukan poses cara masak sayur lodeh sesuai langkah-langkah di atas secara urut dan benar agar menghasilkan masakan dengan rasa yang enak dan lezat.

Cara Memasak Sayur Lodeh yang Enak

Cukup mudah bukan cara memasak sayur lodeh itu? Nah, setelah tahu bagaimana resep membuat sayur lodeh ini maka Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Namun, apabila Anda masih baru memulai memasak sayur lodeh ini maka bahan, bumbu, dan cara membuatnya pun sangat disarankan sesuai dengan yang telah Jelas.id sampaikan di atas. Jika dilakukan dengan urut dan sesuai takaran maka sayur lodeh pun buatan Anda akan terasa lezat. Demikian ulasan yang telah Jelas.id uraikan mengenai cara masak sayur lodeh dengan beberapa bahan dan bumbunya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua. Sekian dan sampai jumpa.