jelas

Cara Memasak Sayur Asem dan Bahannya

Cara Memasak Sayur Asem – Siapa yang tak kenal dengan sayur asem? Ya, Jelas.id yakin hampir semua orang Indonesia, termasuk Anda pastinya sudah tahu masakan yang bernama sayur asem karena sudah tak asing lagi di telinga kita. Masakan berkuah khas Indonesia yang satu ini memang cukup digemari oleh sebagian besar masyarakat kita. Tak hanya itu saja, masakan yang berbahan dasar sayur-sayuran yang direbus dengan bumbu rempah-rempah ini memang memiliki rasa yang gurih dan agak asem seperti namanya sehingga tak mengherankan jika banyak para ibu rumah tangga yang memasak masakan lezat ini sebagai menu makanan sehari-hari. Bahkan, tak sedikit juga sayur asem ini dijadikan sebagai salah satu menu utama di beberapa warung makan. Di sisi lain, sebagian besar dari Anda ingin mencoba untuk memasak masakan sayur asem ini. Namun, mungkin Anda masih bingung dan belum mengetahui kira-kira bagaimana ya cara memasak sayur asem yang enak dan lezat? Nah, jangan khawatir, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan mengulas terkait cara memasak sayur asem yang enak dan lezat.

Cara Memasak Sayur Asem

Cara Memasak Sayur Asem

Namun, sebelum jauh membahas terkait cara memasak sayur asem perlu kita ketahui dulu bahwa sebagai masakan khas Indonesia yang berbahan sayur dan bahan rempah-rempah alami, tentu masakan berkuah yang satu ini tak hanya enak dan lezat tetapi juga sangat bermanfaat bagi tubuh mengingat beberapa sayuran yang terkandung di dalam makanan ini mengandung vitamin yang baik bagi tubuh Anda. Selain itu, sayur asem sendiri ini pun juga bisa Anda masak sendiri di rumah tanpa harus membeli dan bisa dijadikan sebagai menu sehari-hari di dalam keluarga. Tetapi, mungkin seperti yang sudah disinggung di atas bahwa sebagian orang masih belum mengetahui cara memasak sayur asem. Bahkan, tak sedikit orang yang menganggap bahwa cara memasak masakan berkuah ini sulit. Padahal, jika Anda tahu caranya, langkah-langkah memasak sayur asem itu cukup mudah. Terkait hal tersebut, berikut ini Jelas.id akan memaparkan beberapa bahan dasar dan cara memasak sayur asem yang enak dan lezat. Yuk, kita simak bersama.

Cara Memasak Sayur Asem Yang Enak

Bahan Memasak Sayur Asem

Cara memasak sayur asem tak akan bisa dilepaskan dari bahan memasak sayur asem. Dari namanya saja sudah kita ketahui bahwa yang namanya sayur asem tentu bahan dasar membuatnya berasal dari beberapa sayur yang diracik sedemikian rupa bersamaan dengan beragam rempah-rempah dan bahan lainnya. Selain itu, rasa asem yang berasal dari bumbunya tersebut akan semakin menambah kelezatan tersendiri bagi setiap orang yang mencicipinya. Nah, untuk mendapatkan rasa yang khas dan lezat seperti itu maka ada beberapa bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu dalam cara memasak sayur asem. Berikut beberapa bahan dan bumbu untuk membuat sayur asem :

  • Bahan memasak sayur asem yang tak boleh dilupakan adalah air asam sebanyak 4 sendok makan.
  • Kacang panjang sebanyak 75 gr yang dipotong 4 cm. Atau bisa juga sesuai selera.
  • Cabe hijau besar 5 buah.
  • Lengkuas sepanjang 3 cm yang sudah dimemarkan sebelumnya.
  • Kacang tanah sebanyak 2 sendok makan akan menjadi bahan memasak sayur asem yang membuat gurih.
  • 1 buah labu siam yang sudah dikupas dan dipotong-potong seperti dadu.
  • Buah melinjo sebanyak 2 sendok makan.
  • Daun melinjo secukupnya
  • Jagung manis 2 buah dan dipotong dengan ukuran yang sedang saja. Alangkah lebih baik jika bahan memasak sayur asem ini dipotong menjadi 3 bagian.
  • 2 lembar daun salam.
  • Kecambah secukupnya. (Optional)
  • Terong 1 buah dan dipotong merupakan bahan memasak sayur asem tambahan yang boleh dipakai jika suka.

Bahan Memasak Sayur Asem

Bumbu Sayur Asem

Dari beberapa bahan memasak sayur asem tersebut, untuk kecambah dan terong merupakan pilihan, bisa Anda gunakan atau tidak dalam cara memasak sayur asem nantinya. Yang jelas, selain kedua bahan tersebut, semuanya harus dipersiapkan. Setelah beberapa bahan tersebut dipersiapkan, jangan lupa juga untuk mempersiapkan rempah-rempah sebagai bumbunya. Berikut ini beberapa bumbu sayur asem yang akan menyempurnakan cara memasak sayur asem kita nantinya :

  • Bumbu sayur asem yang penting adalah 3 cabe merah. Namun, untuk jumlah cabe merah yang akan digunakan bisa menyesuaikan dengan selera Anda.
  • Kemiri sebanyak 6 butir.
  • Bawang merah sebanyak 5 siung.
  • Bawang putih 3 siung merupakan bumbu sayur asem yang akan menguatkan cita rasanya.
  • 1 sendok teh terasi bakar. Anda bisa juga menggunakan terasi biasa.
  • 1 sendok makan gula merah sisir. Bisa juga dengan gula jawa secukupnya.
  • 1 ruas jari lengkuas yang sudah dimemarkan sebelumnya akan menjadi bumbu sayur asem khas Jawa dalam komposisinya nanti.
  • Garam secukupnya.
  • Bumbu sayur asem tambahan tentunya adalah micin sesuai kebutuhan saja.

Cara Memasak Sayur Asem Yang Sederhana

Cara Memasak Sayur Asem

Ini saatnya membahas cara memasak sayur asem setelah Anda mempersiapkan beberapa bahan memasak sayur asem tadi dan juga yang terpenting bumbu sayur asem tersebut. Pada sesi ini Jelas.id akan memberikan beberapa langkah atau tahapan dalam memasak sayur asem. Mau tahu caranya? Yuk, kita simak bersama cara memasak sayur asem yang Jelas.id sampaikan secara urut di bawah ini.

  1. Cara memasak sayur asem yang pertama yaitu diawal dengan mempersiapkan panci besar dan isilah dengan air sebanyak 1,5 liter. Kemudian rebuslah air tersebut hingga mendidih.
  2. Setelah air terlihat sedikit mendidih, campurkan beberapa bahan-bahan yang sudah dipersiapkan tadi, seperti melinjo, jagung, kacang tanah atau kacang panjang. Rebuslah hingga beberapa sayuran tersebut tampak setengah matang.
  3. Sambil menunggu sayuran yang dimasukkan tadi setengah matang, Anda bisa melanjutkan cara memasak sayur asem dengan menghaluskan bumbu-bumbu, seperti terasi, bawang merah, bawang putih, gula merah atau gula jawa, garam dan micin.
  4. Jangan lupa, lihat sayuran yang direbus tadi, apakah sudah setengah matang atau belum. Jika sudah, masukkan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam rebusan tersebut bersamaan dengan air asam dan lengkuasnya.
  5. Lalu, masukkan juga beberapa bahan lain tadi, seperti kecambah, labu, cabe hijau dan cabe merah serta potongan terong sebagai pelengkap dalam cara memasak sayur asem ini.
  6. Aduklah sampai bumbu merata. Dalam proses ini, Anda bisa mencicipi rasanya, bila ada yang kurang, bisa ditambahkan garam, micin atau gula.
  7. Aduk terus dan diamkan sesaat sampai matang.
  8. Ketujuh cara memasak sayur asem tersebut sudah sempurna. Selanjutnya Anda bisa mengangkatnya dan sayur asem siap dihidangkan.

Cara Memasak Sayur Asem Yang Lezat

Bagaimana kawan-kawan? Tak terlalu sulit kan cara memasak sayur asem ini? Jika Anda sudah mengetahui beberapa bumbu dan tahapan dalam memasaknya, Jelas.id sangat yakin bahwa sayur asem yang Anda buat akan memiliki rasa yang enak dan menggoda lidah setiap orang yang mencobanya. Bahkan, jika beberapa langkah atau tahapan tersebut dilakukan secara urut, tentu saja rasa sayur asemnya akan terasa enak. Nah, itulah tadi beberapa tips atau informasi mengenai cara memasak sayur asem dan bahannya yang bisa diterapkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.