jelas

Cara Memasak Sarden Ala Bintang 5

Cara Memasak Sarden – Anda yang mengunjungi halaman ini, pasti sangat ingin mengetahui cara memasak sarden yang enak. Sebelum kita ketahui caranya, tentunya anda tahu jika sarden merupakan salah satu jenis makanan kaleng yang cukup populer di berbagai negara termasuk Indonesia. Sarden sebenarnya merupakan sejenis ikan berminyak berukuran kecil yang dulu ditemukan dalam populasi yang besar di Pulau Sardinia, kawasan Mediterania. Masakan yang dibuat dengan bahan dasar sarden adalah salah satu masakan yang paling mudah untuk dibuat karena makanan ini sudah dilengkapi dengan bumbu. Anda hanya tinggal menambahkan sejumlah bumbu lain sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan anda. Sarden ini juga biasanya menjadi masakan andalan untuk mereka yang tak memiliki waktu yang banyak untuk memasak seperti ketika sarapan, sahur, atau berbuka puasa. Sarden memiliki cita rasa kuat yang merupakan gabungan dari rasa gurih, pedas, dan sedikit manis. Selain karena rasanya yang enak dan pembuatannya yang mudah, sarden sering digunakan sebagai bahan utama sebuah masakan karena memiliki kandungan protein. Nah, untuk memenuhi kebutuhan akan makanan yang enak dan bergisi, kali ini Jelas.id akan menerangkan cara memasak sarden khusus untuk Anda semua.

Cara Memasak Sarden

Cara Memasak Sarden

Cara memasak sarden kalengan sebenarnya cukup mudah. Bahkan, anda hanya memerlukan waktu beberapa menit. Meskipun cukup mudah untuk dimasak, anda harus tahu beberapa trik untuk memasak sarden ini. Jika salah dalam memasaknya bukannya akan menjadi hidangan yang lezat, daging pada ikan sarden bisa hancur. Jika sudah begini maka kelezatan dari masakan sarden juga akan berkurang. Selain daging yang mudah hancur, masalah lain yang timbul ketika memasak sarden adalah dagingnya malah bertambah amis. Meskipun bau amis pada sarden tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, tetapi bau amis sarden ini bisa dikurangi. Di Indonesia ada sejumlah bumbu dapur yang memiliki khasiat ampuh untuk mengurangi bau amis di antaranya adalah jeruk nipis, tomat, jahe, kunyit, bawang bombay, asam jawa, kemangi, dan masih banyak lagi lainnya. Kita bisa menambahkan beberapa di antaranya ke dalam masakan sarden yang kita buat agar bau amisnya tidak terlalu kuat. Sebenarnya variasi masakan yang terbuat dari bahan dasar sarden tak terhitung jumlahnya, Jelas.id akan menghadirkan satu cara memasak sarden yang cukup mudah dibuat namun tetap enak di lidah.

Cara Memasak Sarden Yang Enak

Bahan Memasak Sarden

Sebelum Jelas.id memaparkan langkah-langkah cara memasak sarden, sepertinya anda harus mengetahui terlebih dahulu alat dan bahan memasak sarden yang anda harus persiapkan. Tujuannya tentu agar seluruh rasa lezat dari cara memasak sarden nantinya benar-benar dapat dirasakan oleh anda semua.

Alat:

  • Kompor
  • Pembuka kaleng
  • Panci ukuran sedang untuk menampung bahan memasak sarden
  • Spatula
  • Piring untuk penyajian

Bahan Memasak Sarden:

  • 1 kaleng sarden ukuran besar
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • ½ butir bawang bombay sebagai pelengkap bahan memasak sarden
  • 1 butir tomat
  • 10 buah cabai merah (bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera)
  • ½ ruas jahe juga penting untuk menguatkan rasa bahan memasak sarden yang lain
  • 1 batang daun bawang
  • ¼ gelas kecil air
  • ½ sendok makan tepung maizena
  • Garam secukupnya untuk menguatkan rasa bahan memasak sarden yang lain di atas.
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Memasak Sarden

Cara Memasak Sarden

Bagaimana? Bahan memasak sarden tersebut di atas tidak sulit bukan untuk ditemui? Nah, sekarang waktunya Jelas.id menerangkan langkah-langkah untuk cara memasak sarden yang dari tadi kita bahas. Tentu sebelumnya Anda harus mengingat bahwa langkah-langkah yang dijelaskan berikut harus diikuti seluruhnya tanpa terlewat sedikitpun juga. Hal ini untuk menjaga cita rasa cara memasak sarden ala Jelas.id yang sesungguhnya lho.

  1. Langkah pertama dalam cara memasak sarden yang anda harus lakukan adalah menyiapkan bumbu dari masakan tersebut. Cincang bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay. Setelah itu , potong juga daun bawang dan tomat menjadi beberapa bagian.
  2. Selanjutnya, cara memasak sarden harus dilanjutkan dengan memanaskan dua sendok makan minyak goreng dalam panci dengan menggunakan api sedang. Masukkan bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay yang sudah dicincang ke dalamnya. Kemudian, tumis hingga bumbu tersebut berbau harum.
  3. Sambil menunggu harum, Anda perlu mengupas jahe kemudian geprek agar aromanya ketika dimasak lebih keluar. Hal ini sebenarnya termasuk fase rahasia dalam cara memasak sarden Jelas.id yang tak boleh dilupakan utnuk mengeluarkan rasa sarden yang sebenarnya.
  4. Setelah bumbu yang ditumis mengeluarkan bau harum, cara memasak sarden yang selanjutnya adalah masukkan jahe dan potongan tomat ke dalamnya. Tumis sebentar agar bahan-bahan tersebut bercampur dengan bumbu yang telah ditumis sebelumnya.
  5. Buka kaleng sarden dan masukkan seluruh isinya ke dalam panci dengan hati-hati agar ikannya tidak hancur. Aduk sarden perlahan-lahan agar tercampur merata dengan bahan-bahan yang sebelumnya telah ditumis sesuai dengan tutor cara memasak sarden ini. Tambahkan seperempat gelas kecil air dan aduk kembali .
  6. Biarkan sebentar hingga masakan tersebut mendidih. Sambil menunggu, Anda perlu mengencerkan setengah sendok makan tepung maizena dengan air untuk melengkapi cara memasak sarden di atas. Setelahnya, masukkan larutan tersebut ke dalam panci agar kuah sarden sedikit lebih kental. Aduk agar maizena tidak menggumpal dan tercampur merata dengan kuah.
  7. Untuk membuat aroma semakin sedap, masukkan irisan daun bawang ke dalamnya. Cicipi masakan yang anda buat untuk meneguhkan bahwa Anda telah menyelesaikan cara memasak sarden ini dengan sempurna. Jika masih kurang asin anda bisa menambahkan garam secukupnya.
  8. Diamkan selama beberapa menit agar kuahnya sedikit mengental dan meresap.
  9. Matikan kompor, pindahkan sarden ke dalam piring dan siap untuk disajikan.

Cara Memasak Sarden Dengan Mudah

Itulah cara memasak sarden yang bisa Jelas.id bagikan kepada Anda. Cukup gampang, bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dipaparkan di atas, anda bisa membuat hidangan berbahan sarden kaleng yang lezat dan tidak amis. Anda juga bisa menggunakan resep di atas sebagai contoh untuk membuat kreasi masakan dari sarden yang lain. Semoga tutorial cara memasak sarden ini bermanfaat dan selamat mencoba!