jelas

Cara Memasak Nasi Goreng Spesial dan Bahan Pembuatnya

Bahan dan Cara Memasak Nasi Goreng Spesial – Siapa sih yang tak mengenal nasi goreng? Khususnya untuk masyarakat Indonesia, nasi goreng adalah salah satu menu favorit. Selain cara memasaknya yang gampang alias simple dan hanya memerlukan sedikit waktu, rasa dari nasi goreng juga bervariasi. Seperti yang sering kita temui di rumah makan, restaurant, bahkan warung-warung kaki lima ada berbagai varian kreasi nasi goreng, seperti nasi goreng kambing, nasi goreng telor, nasi goreng sosis, nasi goreng seafood dan masih banyak lagi. Nasi goreng ini adalah salah satu kuliner nusantara yang fenomenal namun harganya juga murah meriah. Jadi, memang disukai oleh semua kalangan. Menu makanan ini juga cocok disajikan kapan saja, bisa untuk sarapan pagi, makan siang bahkan makan malam. Memasak nasi goreng juga sangat mudah dipelajari, jadi Anda bisa membuatnya kapan saja di rumah dan tentunya dengan kreasi menu ala rumahan yang spesial dan lebih variatif. Hal tersebut akhirnya membuktikan bahwa cara memasak nasi goreng spesial merupakan hal yang perlu diketahui oleh semua orang.

Cara Memasak Nasi Goreng Spesial

Cara Memasak Nasi Goreng Spesial

Berbicara soal cara memasak nasi goreng spesial, dapat dipastikan menu ini bukan sekedar nasi goreng biasa lagi. Anda bisa membuatnya dengan berbagai bahan kombinasi atau tambahan sesuai selera, sehingga rasanya juga akan pas di lidah. Nah, untuk kesempatan kali ini, Jelas.id akan membagikan rahasia untuk membuat nasi goreng spesial yang simple dan rasanya tak kalah sedap dari nasi goreng yang biasa dijual di tempat-tempat makan. Membuat nasi goreng spesial sangatlah mudah seperti yang berulang kali Jelas.id sebutkan. Bahan-bahannya juga tidak sulit di dapatkan. Hidangan lezat nan murah ini dijamin akan bisa membuat keluarga Anda tak ingin melewatkan momen makan di rumah. Namun, untuk menciptakan nasi goreng yang bukan hanya sekedar nasi goreng, tentu ada rahasianya. Selain dari pemilihan tekstur nasi, bahan-bahan, cara memasaknya juga harus diperhatikan sehingga siapapun yang menikmati nasi goreng spesial buatan Anda, dijamin bakal nambah dan nambah lagi. Mau tahu rahasianya? Yuk kita ikuti step by step cara memasak nasi goreng spesial ala Jelas.id!

Bahan Memasak Nasi Goreng Spesial

Bahan Memasak Nasi Goreng Spesial

  • 2 piring nasi
  • 50 g daging ayam (cincang kasar) / bisa juga gunakan daging ayam yang telah direbus potong dadu
  • 3 butir telur ayam
  • 50 g jamur kancing
  • 100 gram kacang polong
  • Jika suka, bisa ditambahkan wortel potong dadu kecil-kecil
  • 2 buah sosis potong-potong melingkar
  • Sedikit minyak atau mentega untuk menumis

Itulah tadi bahan memasak nasi goreng spesial yang setidaknya harus disiapkan untuk membuat hidangan khas Indonesia ini. Untuk selanjutnya, anda perlu menyiapkan bumbu nasi goreng spesial sebagai berikut:

Bumbu-Bumbu Nasi Goreng Spesial

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai rawit atau sesuai selera
  • ½ suing bawang Bombay cincang kasar
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Kecap manis sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Memasak Nasi Goreng Spesial di Rumah

Cukup banyak kan bumbu nasi goreng spesial yang harus anda siapkan? Tenmtu saja karena kita akan membuat nasi goreng dengan cita rasa yang spesial. Tapi masih ada Bahan Pelengkap Nasi Goreng Spesial yang perlu disiapkan pula untuk membuat rasa semakin berwarna, sebagai berikut :

Bahan Pelengkap Nasi Goreng Spesial

  • Tomat
  • Mentimun
  • Selada
  • Kerupuk

Itulah tadi bahan pelengkap nasi goreng spesial yang setidaknya diperlukan untuk membuat hidangan nasi goreng yang istimewa. Namun sebelum Jelas.id menjelaskan tentang cara memasak nasi goreng spesial, sebetulnya untuk membuat nasi goreng, tidak harus sama persis dengan bahan-bahan yang ada di atas. Anda bisa melakukan improvisasi sendiri dengan tambahan bahan-bahan lainnya sesuai selera. Bisa menggunakan sayuran atau mie, bisa juga dicampur dengan sejenis macaroni atau pasta yang dikombinasi dengan keju untuk rasa yang kebarat-baratan. Selain itu juga bisa juga memilih varian rasa yang Indonesia banget dengan membubuhkan sedikit terasi pada bumbunya. Untuk versi Jelas.id inilah cara memasak nasi goreng spesial.

Cara Memasak Nasi Goreng Spesial yang Enak

Cara Memasak Nasi Goreng Spesial

Kali ini Jelas.id akan menjelaskan cara memasak nasi goreng spesial. Untuk membuat nasi goreng spesial, selain bahan-bahan yang telah tersedia di atas juga diperlukan ketrampilan atau teknik agar rasanya bisa pas dan semua bumbu tercampur sempurna. Untuk langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

  1. Cara memasak nasi goreng spesial yang pertama adalah dengan menyiapkan 2 porsi atau dua piring nasi dan haluskan bumbu-bumbu (bawang merah, bawang putih, cabai rawit, merica)
  2. Masukkan mentega ke dalam wajan, panaskan
  3. Masukkan bawang bombai cincang dilanjutkan bumbu yang telah dihaluskan
  4. Tumis sampai harum, jangan terlalu lama agar tidak gosong
  5. Masukkan potongan ayam hingga setengah matang
  6. Cara memasak nasi goreng spesial yang selanjutnya adalah dengan memasukkan telur ayam sambil terus lanjutkan menumis hingga menjadi telur orak-arik
  7. Masukkan jamur kancing, kacang polong dan potongan wortel terus tumis hingga bahan-bahan tercampur sempurna dan matang merata
  8. Selanjutnya tinggal masukkan nasi putih dan tumis hingga semuanya tercampur
  9. Setelah semuanya tercampur, masukkan garam, saus tomat, saus sambal, saus tiram, dan kecap manis
  10. Aduk terus hingga semuanya tercampur secara merata dan pastikan rasanya sudah pas
  11. Hal yang terakhir yang amat penting dalam cara memasak nasi goreng spesial adalah mencicipi rasanya yang sudah pas. Jika semua sudah terlihat sempurna, segera hidangkan selagi masih panas.

Untuk menikmati hidangan nasi goreng spesial, bisa juga ditambahkan mentimun, tomat dan selada sebagai acarnya. Selain itu, sebagai pelengkap nikmat juga jika dihidangkan dengan kerupuk.

Bagamaina? Mudah kan, cara membuat nasi goreng spesial rumahan ala Jelas.id. Perlu dicatat! Jelas.id punya beberapa tips rahasia untuk menciptakan nasi goreng dengan  rasa yang sempurna,

  • Cara memasak nasi goreng spesial yang Jelas.id jelaskan ini jika diterapkan dengan betul sebenarnya sudah menciptakan rasa nasi goreng yang sangat enak. Namun, sebaiknya dalam pembuatan nasi goreng spesial menggunakan nasi dengan tekstur agak kenyal dan kering, jangan terlalu lembek (nasi putih yang telah dimasak sehari sebelumnya).
  • Jika ingin aroma nasi goreng lebih gurih, Anda bisa tambahkan sedikit minyak wijen.
  • Masaklah dengan api besar dan bertekanan saat nasi goreng hampir matang.
  • Agar cara memasak nasi goreng spesial tersebut di atas dapat berhasil 100 persen, ada baiknya menggunakan wajan dengan ukuran besar, selain agar lebih mudah mencampurkan semua bahan, hal ini juga untuk mencegah nasi dan bahan lain berhamburan keluar saat mengaduk, karena untuk membuat nasi goreng diperlukan teknik menumis dengan cepat.

Inilah tips dan cara memasak nasi goreng spesial ala Jelas.id semoga bermanfaat dan selamat mencoba!