jelas

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning yang Lezat

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning – Bagaimana ya cara memasak ikan patin bumbu kuning? Eits tunggu dulu, sebelum Jelas.id menjelaskan, Jelas.id ingin mengenalkan ikan patin kepada anda. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena ikan patin bisa diolah ke berbagai masakan. Salah satu resep masakan ikan patin yang cukup populer di tanah air adalah ikan patin bumbu kuning. Selain rasanya yang lezat, ikan patin yang digunakan dalam masakan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein dan lemak rendah. Selain karena cara memasak ikan patin bumbu kuning yang memang sudah sangat umum, masakan berbahan ikan patin ini cocok dikonsumsi oleh siapa saja, terlebih anak-anak. Pasalnya, ikan patin dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan, konsentrasi, serta daya tahan tubuhnya. Selain alasan kesehatan, orang lebih suka memilih ikan patin untuk dijadikan masakan sebab ikan ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan jenis ikan-ikan lainnya. Tak hanya itu, jika Anda mengetahui cara memasak ikan patin bumbu kuning tentu sudah paham tekstur daging ikan ini. Tekstur daging patin ini sangat lembut sehingga lebih nikmat ketika dikonsumsi.

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning

Cara memasak ikan patin bumbu kuning memang sangat umum di jumpai. Bahkan, resep yang satu ini menjadi favorit banyak orang untuk mengolah ikan yang satu ini. Seperti namanya, ikan patin yang diolah dengan cara ini memiliki warna kuning. Warna kuning yang tercipta pada kuah masakan ini tentu tak bisa dilepaskan dari bumbu yang dipakai. Bumbu kuning yang digunakan pada masakan ini berasal dari kunyit dan sejumlah bumbu lainnya sehingga membuat masakan ikan patin bumbu kuning ini semakin nikmat dan lezat ketika dikonsumsi. Penggunaan kunyit sebagai bahan utama pada cara memasak ikan patin bumbu kuning berfungsi untuk menghilangkan bau amis yang biasanya menyertai ikan patin. Menu masakan ikan patin ini bisa menjadi pilihan yang spesial baik untuk konsumsi sehari-hari maupun untuk acara-acara tertentu. Memasak ikan patin dengan bumbu kuning ini pun sebenarnya tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya pun bisa didapatkan dengan mudah. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan resep dan cara mengolah menu khas Indonesia berbahan ikat patin yang satu ini, maka Jelas.id akan menjelaskan Cara memasak Ikan Patin bumbu kuning khusus untuk Anda.

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning yang Enak

Bahan Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning

Berikut ini adalah bebrapa bahan memasak ikan patin bumbu kuning:

Bahan Utama

  • 2 ekor ikan patin, dibersihkan dan dibuang isi perutnya
  • 1 batang sereh, dimemarkan
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 5 buah belimbing wuluh, dipotong menjadi dua bagian
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 buah cabe merah besar, dibersihkan bijinya dan dipotong serong
  • 2 buah tomat ukuran sedang, dipotong menjadi empat bagian
  • 400 ml santan (bisa diganti dengan air)
  • Daun bawang secukupnya, diiris
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 5 cm kunyit
  • 2 biji kemiri

Di atas merupakan daftar bahan memasak ikan patin bumbu kuning. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari dua jenis yaitu bahan utama dari masakan itu sendiri dan bumbu halus dengan kunyit yang menjadi ciri khas dari masakan ini. Meskipun, bahan memasak ikan patin bumbu kuning tersebut cukup mudah didapatkan, namun akan lebih baik jika dipersiapkan semua terlebih dahulu agar tak mengganggu proses memasak. Selanjutnya, Jelas.id akan menjelaskan cara memasak ikan patin bumbu kuning.

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning dengan Mudah

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning

Berikut ini cara memasak ikan patin bumbu kuning secara mudah namun lezat:

  1. Cara memasak ikan patin bumbu kuning yang harus dilakukan pertama, letakkan ikan patin yang sudah dibersihkan ke dalam sebuah wadah. Lalu, lumuri ikan patin tersebut dengan air perasan jeruk nipis dan garam dan diamkan selama 15 menit. Proses ini berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada ikan patin.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan di atas kompor dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Goreng ikan patin hingga matang. Kemudian, angkat dan tiriskan.
  3. Cara memasak ikan patin bumbu kuning selanjutnya adalah haluskan bahan-bahan pada bumbu halus dan tumis bumbu halus yang sudah jadi dengan menggunakan minyak goreng secukupnya. Tunggu hingga aroma harumnya tercium.
  4. Kemudian, tambahkan santan, garam, gula, tomat, daun bawang, belimbing wuluh, cabe merah, sereh dan daun salam ke dalam tumisan bumbu halus tadi.
  5. Setelah bumbu tercampur dengan santan, Anda bisa memasukkan ikan patin yang sudah digoreng ke dalamnya. Tutup wajan yang dipakai untuk memasak agar kuah cepat mendidih dan bumbu meresap sempurna ke dalam ikan patinnya.
  6. Setelah masakan sudah dirasa matang, lalu cara memasak ikan patin bumbu kuning yang selanjutnya adalah diamkan sebentar. Lalu, bisa disajikan saat masih hangat agar rasanya lebih nikmat.

Itulah tahapan-tahapan cara memasak ikan patin bumbu kuning. Meskipun resep ini sudah mampu menghasilkan masakan ikan patin dengan cita rasa yang lezat, namun Anda perlu memperhatikan penggunaan kunyitnya. Gunakan kunyit dengan takaran yang pas. Jangan sampai hanya karena ingin membuat kuahnya terlihat kuning dan menarik kemudian cara memasak tersebut menggunakan kunyit secara berlebihan karena hal ini justru akan mengurangi rasa nikmatnya.

Cara Memasak Ikan Patin Bumbu Kuning yang Lezat

Ternyata cara memasak ikan patin bumbu kuning ini tidak terlalu sulit kan? Menu yang satu ini cocok dipilih sebagai hidangan utama karena kaya akan kandungan gizi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id telah jelaskan di atas, Anda bisa memasak ikan patin bumbu kuning dengan mudah dan menyajikannya untuk keluarga di rumah. Demikianlah informasi mengenai resep dan cara memasak ikan patin bumbu kuning yang Jelas.id bisa berikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.