jelas

Cara Memakai Rok Lilit Batik dengan Mudah

Cara Memakai Rok Lilit Batik – Bagi kamu yang suka fashion, tentu mengetahui cara memakai rok lilit batik akan menjadi salah satu pengetahuan berharga bagi kawan-kawan dalam tutorial berbusana. Pasalnya, model rok lilit batik saat ini menjadi salah satu tren gaya berbusana yang cukup banyak digemari oleh para kaum hawa agar penampilannya semakin anggun dan oke punya. Selain itu, model berbusana yang memanfaatkan kain batik ini, tentu juga akan melestarikan budaya batik yang merupakan busana asli Indonesia. Maka dari itu, tak sedikit dari para wanita yang mencari-cari cara memakai rok lilit batik mengingat langkah-langkahnya jika belum terbiasa memang cukup sulit. Namun, jangan khawatir. Sebab, kali ini Jelas.id akan membantu sobat semua, khususnya bagi kamu para kaum hawa yang ingin mengetahui bagaimana cara memakai rok lilit batik dengan penjelasan yang singkat dan mudah Anda pahami.

Cara Memakai Rok Lilit Batik

Cara Memakai Rok Lilit Batik

Nah, sebelum kita jauh mengulas bagaimana cara memakai rok lilit batik, Jelas.id ingin mengajak kamu semuanya untuk mengetahui tips memilih batik yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan rok lilit. Pasalnya, jika kain batik yang akan dijadikan rok lilit ini nantinya tak cocok dengan warna kulit mu maka penampilanmu pun juga tak akan menarik, untuk itu Kamu harus tahu cara memakai rok lilit batik yang benar. Alih-alih ingin tampil namun justru malah menjadi agak aneh. Tentu, sobat tidak ingin kan salah dalam berbusana. Maka dari itu, untuk mengawali tutorial terkait bagaimana cara memakai rok lilit batik, terlebih dahulu Jelas.id akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui tips memilih kain batik yang cocok dengan warna kulitmu. Mau tahu? Yuk, kita simak bersama.

Cara Memakai Rok Lilit Batik Panjang

Tips Memilih Kain Batik Sesuai Warna Kulit

Berikut beberapa tips memilih kain batik sesuai warna kulit. Antara lain :

  1. Pertama, untuk kamu yang memiliki warna kulit cerah, tips memilih kain batik sesuai warna kulit kamu ini tampaknya akan terasa cocok menggunakan pakaian dengan warna apapun. Akan tetapi, sepertinya akan lebih menarik lagi jika sobat menggunakan pakaian berwarna pastel atau lembut seperti coklat muda, biru muda maupun pink muda karena akan terkesan lebih elegant.
  2. Tips memilih kain batik selanjutnya, bagi kawan yang memiliki warna kuning langsat maka pilih kain batik yang berwarna tropis. Sebagai contoh seperti warna jingga, hijau, merah, kuning dan biru.
  3. Kemudian, untuk yang kulitnya berwarna sawo matang khas Indonesia, tentu kamu akan sangat cocok menggunakan batik yang berwarna ungu, maroon, merah hati atau tosca. Bahkan, kombinasi antara warna gelap dan terang pun akan memberikan kesan elegan untuk kulitmu yang berwarna sawo matang ini. Selain itu, tips memilih kain batik sesuai warna kulit yang berwarna sawo matang ini, kamu bisa menggunakan warna pink, cream (beige), dan biru tua (navy). Namun, perlu dihindari pemilihan warna pucat seperti olive (hijau abu-abu), warna terang seperti merah, dan coklat tua.
  4. Terakhir, tips memilih kain batik sesuai warna kulit yang benar, bagi kamu yang kulitnya gelap pun bisa tampil elegan. Pilih warna tanah yang lembut, seperti perpaduan antara warna hitam, abu-abu, coklat, krem, sampai kuning.

Nah, dengan mengetahui beberapa tips memilih kain batik sesuai warna kulit yang telah disampaikan di atas, tentu kawan-kawan semua nantinya akan memiliki tampilan yang seimbang dan tidak terkesan norak. Selain itu, kamu juga akan terkesan sebagai orang yang pandai menyesuaikan pilihan gaya berbusana yang sesuai. Nah, setelah tahu beberapa tips memilih kain batik sesuai warna kulitmu, selanjutnya kita akan mengulas cara memakai rok lilit batik dengan kain batik yang sudah sesuai dengan warna kulitmu.

Cara Memakai Rok Lilit Batik dengan Benar

Cara Memakai Rok Lilit Batik

Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara memakai rok lilit batik yang benar dan mudah:

Cara memakai rok lilit batik model pertama

  • Cara memakai rok lilit batik model ini, kamu bisa mengawalinya dengan berdiri pada posisi kaki terbuka tepat di bagian tengah lebar kain. Akan lebih mudah jika sobat berdiri di depan cermin.
  • Kemudian, ambil sisi yang lebar dari kain bagian depan kemudian ikat di pinggang pada bagian belakang. Jika merasa kesulitan, kamu bisa meminta tolong teman kamu untuk membantu dalam menerapkan cara memakai rok lilit batik ini.
  • Setelah itu, pada sisi lebar sebelahnya, disilangkan supaya bagian tengah kain menjadi terpelintir. Bersamaan dengan itu, kamu bisa melangkahkan kakimu menyeberang kain. Hal ini dilakukan supaya sisi yang sobat pegang berpindah ke belakang tubuh.
  • Selanjutnya, untuk menyempurnakan cara memakai rok lilit batik ini, kamu bisa membalut kain ke arah depan dan mengikatnya di sisi kanan. Menginjak pada proses ini, kamu bisa juga mengikatnya di bagian depan sesuai dengan selera.

Nah, beberapa langkah dalam cara memakai rok lilit batik model pertama di atas cukup mudah. Hanya saja, dalam proses melilitkan kain dan mengikatnya yang agak sulit. Namun, Anda bisa meminta bantuan dari teman untuk melilitkan atau pun mengikat bagian yang sulit kamu jangkau. Yang terpenting adalah cara memakai rok lilit batik di atas harus dilakukan dengan perlahan dan hati-hati, apalagi bagi kamu yang baru pemula.

Cara memakai rok lilit batik model kedua

  • Cara memakai rok lilit batik model ini, pertama kamu harus berdiri lalu lilitkan kain ke badan layaknya memakai kain biasa.
  • Kemudian, kamu bisa langsung mengambil ujung kain dari salah satu sisi. Pilin atau pelintir kain tersebut sampai ujungnya terangkat. Teruslah dipelintir sampai kain terangkat sesuai dengan keinginan atau selera mu.
  • Jika cara memakai rok lilit batik pada tahap 1 & 2 sudah selesai, maka rapikan terlebih dahulu posisi kain batik supaya memudahkan pada langkah selanjutnya.
  • Nah, jika sudah rapi dan sesuai maka sobat bisa mengikatkan ujung kain yang dipelintir tadi dengan ujung kain lainnya.
  • Terakhir, cara memakai rok lilit batik pun bisa diperindah dengan menggunakan hiasan seperti buckle yang berbahan tembaga atau pun kayu. Yang jelas, jangan merubah pola kain yang sudah terikat karena nantinya akan merubah model rok lilit batik.

Satu lagi, cara memakai rok lilit batik pada model kedua ini, sebaiknya menggunakan kain dengan warna dasar gelap namun bermotif ramai. Pasalnya, penggunaan motif seperti ini Jelas.id rasa sangat cocok mengingat bentuk pelintiran kain pada proses tadi akan membentuk motif yang lebih seimbang. Di sisi lain, kamu pun bisa mengembangkannya sendiri dengan ide sobat sesuai selera agar tampil sesuai dengan tampilan yang kamu mau.

Cara Memakai Rok Lilit Batik cengan Mudah

Bagaimana kawan? Cukup sulit ya? Memang, jika cara memakai rok lilit batik yang telah Jelas.id uraikan di atas akan terasa agak sulit jika dibaca saja. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya jika beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas kamu baca dan sambil diterapkan langsung. Tentu, akan terasa lebih mudah. Yang jelas bahwa beberapa tahapan di atas harus dilakukan secara urut ya, supaya hasilnya lebih optimal. Cukup sampai di sini dulu ya perjumpaan kita. Semoga ulasan mengenai cara memakai rok lilit batik yang telah diuraikan di atas bisa menjelaskan dengan tepat. Sampai jumpa.