jelas

Cara Memakai Hijab Pashmina dengan Benar

Cara Memakai Hijab Pashmina – Berbicara tentang cara memakai hijab pashmina tentu tak lepas dari pemahaman konsep hijab tersebut. Pashmina merupakan salah satu jenis kain kerudung yang cukup banyak diminati oleh para pengguna jilbab. Jika jilbab segi empat dan jilbab instan dulu sempat menjadi andalan para wanita, kini tren hijab rupanya sedikit bergeser ke arah jilbab pashmina. Sebenarnya apa sih pashmina itu? Kata pashmina sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Persia yang berarti kain wool. Namun, bahan yang digunakan untuk membuat kain ini ternyata adalah khasmir sehingga harganya cukup mahal. Pada titik ini, belum ada cara memakai hijab pashmina yang dikembangkan. Dalam perkembangannya, pashmina dibuat dengan mengombinasikan khasmir dengan bahan lainnya seperti sutra. Di Indonesia, pashmina ini merujuk pada kain lebar polos maupun bermotif yang dibuat dari bahan yang bervariasi. Pashmina memiliki bentuk persegi panjang layaknya selendang yang pada umumnya dikenakan sebagai shawl, penutup bahu, maupun dada. Karena memiliki bentuk yang panjang, orang kemudian juga memakainya untuk menutupi bagian kepala dan rambut atau dikenakan sebagai jilbab. Dari situlah muncul istilah hijab pashmina seperti yang selama ini kerap kita dengar yang akhirnya menuntut banyak akhwat mencari cara memakai hijab pashmina itu pula.

Cara Memakai Hijab Pashmina

Cara Memakai Hijab Pashmina

Di kalangan pengguna jilbab pashmina, ternyata ada kelebihan dan kekurangan tersendiri sehubungan dengan cara memakai hijab pashmina yang ada. Sebagian besar orang memang suka sekali dengan jilbab pashmina karena selain terlihat stylish, jenis jilbab yang satu ini lebih mudah dibuat ke dalam banyak variasi. Pashmina juga cukup fleksibel karena bisa dipakai untuk berbagai acara, baik itu acara bertema kasual maupun formal. Selain itu, jilbab pashmina hadir dengan banyak pilihan, mulai dari yang polos hingga yang bermotif menarik dan indah. Meski begitu, sebagian yang lain kurang menyukai jilbab ini karena sejumlah alasan. Sebagai contohnya, memakai pashmina membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dan ini terasa menyiksa bagi mereka yang tak terbiasa memakainya. Walaupun demikian, beberapa orang mengatasinya dengan mencari cara memakai hijab pashmina yang ringkas. Ada juga jenis pashmina yang terbuat dari kain yang licin sehingga cukup menyulitkan ketika dipakai. Bentuk wajah tertentu juga terkadang menjadi masalah dalam penggunaan pashmina. Oleh sebab itu, Andaharus mencari model pashmina yang sesuai dengan kontur wajah. Nah, pada kesempatan ini Jelas.id akan membagikan informasi tentang cara memakai hijab pashmina.

Cara Memakai Hijab Pashmina Simple

Jenis Hijab Pashmina

Berikut ini adalah jenis hijab pashmina yang sering sering digunakan:

  • Pashmina shawl merupakan jenis hijab pashmina yang sebelumnya sudah ada sejak lama. Seperti namanya, pashmina ini awalnya memang digunakan sebagai penutup leher atau shawl. Akan tetapi, seiring perkembangan waktu pashmina shawl kemudian bertransformasi menjadi salah satu jenis jilbab. jenis hijab pashmina yang satu ini cukup digemari karena hadir dengan motif-motif yang bervariasi dan warna-warna yang menarik.
  • Pashmina rajut adalah jenis hijab pashmina yang unik karena tampilannya seperti jaring dan umumnya memiliki perpaduan warna yang cantik sehingga cocok digunakan untuk acara kasual atau aktivitas sehari-hari .
  • Pashmina rawis boleh jadi merupakan jenis hijab pashmina yang paling disukai oleh mereka yang memiliki segudang aktivitas dalam keseharian. Selain cukup nyaman untuk digunakan, pashmina rawis identik dengan tampilannya yang kusut namun tetap terlihat indah ketika dipadukan dengan berbagai macam pakaian.
  • Pashmina sifon meski terkenal licin, susah dibentuk, dan sedikit panas ketika digunakan, namun banyak kaum hawa yang malah jatuh hati. Pasalnya, jenis hijab pashmina yang dibuat dari bahan sifon jatuhnya terlihat sangat indah dan sangat cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai macam pakaian. Meski begitu, bahan sifon ini cukup sensitif sehingga mudah sobek jika tidak dirawat dengan hati-hati dan lebih baik dicuci dengan tangan.
  • Pashmina spandek atau lycra adalah jenis hijab pashmina yang paling nyaman dipakai karena tidak panas. Jenis pashmina dari bahan spandek juga cukup fleksibel ketika dipakai sehingga cukup mudah untuk dikreasikan.

Sebenarnya masih banyak jenis hijab pashmina lainnya yang dikenakan oleh kaum hawa. Jenis-jenis di atas hanya beberapa contoh saja yang cukup sering dipakai. Sebelum mengenakan pashmina sebaiknya Andamengetahui lebih dulu jenis pashmina yang akan digunakan agar Andatahu cara memakainya dan variasi apa saja yang bisa dibuat. Mengetahui jenis hijab pashmina juga akan membantu Andauntuk mengetahui perawatan yang tepat untuk pashmina tersebut. Nah, walaupun banyak jenisnya, namun cara memakai hijab pashmina secara umum sama saja. Yuk disimak ya!

Jenis Jilbab Pashmina

Cara Memakai Hijab Pashmina

Berikut ini adalah cara memakai hijab pashmina yang simpel:

  1. Hal pertama yang wajib dilakukan dalam cara memakai hijab pashmina ini adalah mengenakan ciput terlebih dahulu. Tujuannya tentu agar rambut lebih rapi dan tidak mudah keluar. Siapkan pashmina panjang bisa yang polos atau yang berumbai. Kemudian, posisikan di atas kepala dengan bagian kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Tarik ujung sisi kiri pashmina lewat bawah dagu menuju ke samping telinga kanan dan sematkan dengan jarum atau peniti agar tidak mudah lepas.
  2. Cara memakai hijab pashmina yang selanjutnya adalah dengan merapikan bagian atas pashmina dan pastikan ciput sudah tertutup dengan sempurna. Untuk merapikan bagian atas, Anda bisa menyematkan jarum di sisi kanan dan kiri pada daerah di atas telinga.
  3. Ambil sisi kanan yang lebih panjang melewati bagian dada dan letakkan ujungnya di atas kepala. Sematkan jarum pentul di ujung tersebut agar tidak mudah lepas. Cara memakai hijab pashmina ini pun selesai.
  4. Jika Anda ingin tampil lebih stylish misalnya untuk menghadiri pesta, maka Anda bisa menambahkan aksesoris atau menggunakan kalung statement pada bagian leher. Cara memakai hijab pashmina ini termasuk opsional semata tergantung selera.

Itulah tadi salah satu contoh cara memakai hijab pashmina ala Jelas.id. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda coba. Akan tetapi tutorial di atas menghasilkan model jilbab yang cocok digunakan untuk berbagai acara baik formal maupun informal. Selain itu, karena pashmina yang digunakan panjang maka pashmina ini tak hanya menutup bagian leher tetapi juga bagian dada. Nah, sudah diterapkan belum cara memakai hijab pashmina di atas?

Cara Memakai Hijab Pashmina Sederhana

Bagaimana tutorial cara memakai hijab pashmina di atas? Cukup simple bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah Jelas.id paparkan tadi, Anda bisa memakai pashmina dengan rapi dan indah serta yang paling penting adalah tidak membutuhkan waktu yang lama. Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa bagikan tentang jenis jilbab pashmina serta cara memakai hijab pashmina. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.