jelas

Cara Memakai Dasi dan Berbagai Jenisnya

Cara Memakai Dasi – Penampilan seseorang sering menjadi cerminan orang tersebut. Hal tersebut biasanya dilihat dan tampak dari cara orang itu berpakaian sehingga tak sedikit orang yang memahami akan hal ini, selalu menjaga penampilan mereka. Tak hanya wanita, begitu juga bagi kalangan para pria, penampilan pun menjadi salah satu hal yang mendapat perhatian lebih, terutama bagi para pria yang bekerja di kantoran, tentunya harus memberikan kesan yang berwibawa dan resmi. Oleh sebab itu, bagi Anda para pria yang bekerja di kantoran tentunya harus bisa memilah dan memilih pakaian formal yang cocok dan sesuai. Biasanya, pakaian formal yang dikenakan seorang pria terdiri dari kemeja lengan panjang, dasi, celana panjang kain, dan pantofel. Terkait baju kemeja, celana, dan sepatu biasanya lebih mudah memilih mengingat tinggal pakai. Namun untuk dasi, tentunya harus bisa memakainya. Nah, tetapi tak sedikit para pria yang masih belum mengetahui cara memakai dasi yang baik dan benar. Padahal, kita ketahui dasi merupakan salah satu atribut yang biasanya harus dipakai ketika seorang pria bekerja di kantor. Lantas, kira-kira bagaimana ya cara memakai dasi yang baik dan benar?

Cara Memakai Dasi

Cara Memakai Dasi

Sebenarnya, cara memakai dasi ini bisa dibilang cukup simple dan tidak terlalu sulit. Akan tetapi, bagi Anda yang belum terbiasa memakainya mungkin harus mengetahui cara memakai dasi. Namun, sebelumnya Jelas.id ingin menyampaikan beberapa informasi penting terkait dasi. Perlu diketahui bahwa ada beberapa macam jenis dasi yang sesuai dengan segala outfit dan acara, baik formal atau pun kasual. Hal ini perlu Anda ketahui supaya Anda bisa menyesuaikan jenis dasi apa yang sesuai yang akan digunakan nantinya. Pasalnya, setiap pemakaian dasi tentunya juga harus cocok dengan jenis acara yang akan diikuti. Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang cara memakai dasi, perlu Jelas.id jelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa jenis dasi yang bisa dikenakan dan sesuai dengan segala acara (formal dan kasual) :

Jenis Dasi

Jenis Dasi

  1. Jenis dasi yang pertama yaitu dasi wool. Dasi ini cocok dan sesuai jika Anda menggunakan sebuah jas tebal. Dasi yang berwarna polos dengan motif simple akan lebih pantas dikenakan dalam berbagai outfit.
  2. Dasi Hitam Atau Navy Polos merupakan jenis dasi dengan motif polos dan sangat cocok atau sesuai untuk dikenakan dalam berbagai acara, baik acara formal maupun casual. Jika ingin tampil formal, Anda bisa memadukannya dengan jas abu-abu atau hitam disertai kemeja polos. Sementara itu, jika Anda ingin berpenampilan kasual, jenis dasi ini cocok untuk dikolaborasikan dengan jaket kulit atau pun jeans.
  3. Selain itu, ada juga jenis dasi Pin-Dot di mana dasi ini memiliki kemiripan dengan dasi polka-dot. Perbedaannya hanya terletak pada motifnya kecil yang menampilkan kesan cerdas dan tajam.
  4. Apabila Anda ingin memberikan penampilan yang unik maka Anda bisa menggunakan jenis dasi Club. Dasi ini memiliki motif logo yang berulang. Jika Anda mengenakan dasi ini maka penampilan akan cenderung terkesan fresh dan cool.
  5. Jenis dasi yang terakhir yaitu Dasi Resep yang sangat sesuai jika dikenakan pada acara formal. Dasi ini kebanyakan memiliki pola garis diagonal dan akan sangat cocok jika dipadukan dengan kemeja polos.

Cara Memakai Dasi dengan Mudah

Cara Memakai Dasi

Setelah tahu tentang berbagai macam jenis dasi yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan gaya busana yang dikenakan, ini saatnya Jelas.id menjelaskan tentang cara memakai dasi yang baik dan benar. Hal ini penting diketahui oleh para pria, khususnya mereka yang bekerja di kantoran supaya memberikan penampilan yang berwibawa dan menimbulkan aura atau kesan bekerja yang mendorong pekerjaannya agar lebih kondusif. Tak perlu berlama-lama, berikut ini Jelas.id akan memberikan informasi terkait cara memakai dasi yang baik dan benar, antara lain :

  1. Cara memakai dasi yang pertama yaitu persiapkan terlebih dahulu dasi yang akan dikenakan. Setelah itu, letakkan untuk bagian yang besar disebelah kiri (sedikit lebih panjang), yang kecil disebelah kanan (lebih pendek).
  2. Selanjutnya, Anda bisa menyilangkan kedua bagian tali dasi tersebut. Dengan catatan pada bagian yang panjang berada di atas bagian yang pendek.
  3. Melanjutkan cara memakai dasi, setelah Anda menyilangkan kedua bagian tali dasi, Anda bisa mengarahkan bagian tali yang panjang ke belakang tali yang pendek tadi.
  4. Masih pada tali yang panjang, selanjutnya Anda bisa menarik tali yang panjang tersebut ke arah bagian atas dari tali dasi yang pendek.
  5. Kemudian, secara perlahan dan hati-hati, tariklah tali dasi yang panjang ke arah lingkaran yang berdekatan dengan ke arah baju atau leher.
  6. Langkah selanjutnya dari cara memakai dasi ini adalah dengan masukkan tali dasi yang panjang itu dalam putaran tali yang sudah dibuat tadi.
  7. Nah, untuk sentuhan yang terakhir, tinggal tarik dasi yang panjang ke arah bawah secara perlahan. Jangan menarik terlalu kencang agar cara memakai dasi ini dapat berjalan dengan sempurna.

Cara Memakai Dasi dengan Cepat

Bagaimana? Cukup mudah dan simple bukan? Bagi Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara memakai dasi, Anda bisa menerapkan beberapa cara yang Jelas.id paparkan tersebut. Jika Anda mengikuti langkah-langkah tersebut secara urut dan hati-hati dari awal hingga langkah akhir maka dasi pun bisa Anda pakai dengan mudah. Demikian beberapa cara memakai dasi yang baik dan benar. Jelas.id berharap semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.