jelas

Cara Memainkan Harmonika Untuk Pemula

Cara Memainkan Harmonika – Anda tentu sudah tak asing lagi dengan alat musik yang bernama harmonika. Bahkan di antara Anda mungkin sudah ada yang pernah dan mengetahui cara memainkan harmonika tersebut. Harmonika adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki bentuk persegi panjang dan terdiri dari sejumlah lubang yang bisa ditemukan pada bagian depan dan belakangnya. Harmonika ini bisa dibilang merupakan alat musik yang unik sebab selain bentuknya tak terlihat seperti alat musik pada umumnya, suara yang dihasilkannya juga terdengar khas. Bagi yang sudah bisa dan mengetahui cara memainkan harmonika ini, tentu harmonika menjadi salah satu alat musik yang cukup mengasyikkan. Selain ukurannya yang kecil dan bisa dengan mudah dibawa kemanapun, harmonika juga bisa dipadukan dengan alat musik apapun sehingga menghasilkan bunyi musik yang menarik. Meski harmonika terlihat sangat rumit untuk dipelajari saat baru pertama kali memainkannya, namun sebenarnya alat musik ini cukup mudah untuk dimainkan. Asalkan Anda mau untuk belajar cara memainkan harmonika ini dan rajin mempraktikannya, maka memainkan alunan harmonika yang indah bukanlah sesuatu hal yang mustahil.

Cara Memainkan Harmonika

Cara Memainkan Harmonika

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana belajar cara memainkan harmonika secara otodidak padahal Anda sebelumnya belum pernah memainkan alat musik ini. Untuk bisa sukses memainkan harmonika tentu Anda harus mengetahui seluk beluk tentang alat musik ini terlebih dahulu. Mencari informasi tentang berbagai hal terkait dengan alat musik ini serta video orang-orang yang sudah ahli memainkan harmonika setidaknya akan sedikit banyak memberikan gambaran pada Anda tentang cara memainkan harmonika ini. Anda juga perlu tahu berbagai jenis harmonika karena biasanya masing-masing jenis memiliki kesulitan sendiri saat dimainkan. Yang tak kalah penting adalah Anda harus belajar terlebih dahulu tentang teknik dasar permainan harmonika ini. Meski harmonika masuk ke dalam kategori alat musik tiup, namun tentu memerlukan cara yang berbeda untuk memainkannya dibandingkan dengan alat musik tiup yang lain. Mengetahui perbedaannya dengan alat musik yang lain juga akan membuat Anda lebih mudah untuk mempelajari alat musik yang satu ini. Nah, bagi para pemula yang ingin belajar untuk memainkan alat musik tiup berbentuk bar tersebut, kali ini Jelas.id akan memberikan penjelasan tentang cara memainkan harmonika.

Cara Memainkan Harmonika Dengan Benar

Hal yang Diperhatikan Ketika Belajar Harmonika

Berikut ini adalah beberapa hal yang diperhatikan ketika belajar harmonika:

  1. Hal yang diperhatikan ketika belajar harmonika yang pertama yaitu pemilihan harmonika. Memilih harmonika menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan terutama bagi para pemula yang sedang belajar harmonika. Untuk pemula, jenis harmonika yang biasa dimainkan adalah diatonis dan kromatik. Harmonika diatonis adalah jenis yang paling banyak dimainkan sebab harganya terjangkau. Sedangkan harmonika kromatik memiliki sistem mekanik yang difungsikan untuk mengendalikan lubang-lubangnya agar bisa menghasilkan nada yang indah.
  2. Teknik dasar dalam pernapasan juga termasuk hal yang diperhatikan ketika belajar harmonika. Pertama, berlatihlah untuk memainkan nada dasar do-re-mi-fa-sol-la-si-do. Kemudian, praktikkan teknik menyedot dan meniup secara teratur setiap hari. Jika Anda sudah terbiasa melakukannya, maka Anda lebih mudah untuk mempelajari nada yang lebih kompleks.
  3. Teknik memegang harmonika juga termasuk hal yang diperhatikan ketika belajar harmonika. Meski terkesan sepele namun hal ini akan sangat mempengaruhi permainan. Jika belum terbiasa bisa pakai jari telunjuk dan jempol tangan kiri dan menggesernya ke permukaan harmonika. Jika sudah mulai terbiasa bisa memakai dua tangan atau tangan yang dominan.

Itulah tiga hal yang diperhatikan ketika belajar harmonika. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut tujuan Anda untuk lekas bisa memainkan harmonika dengan baik dan benar bisa segera tercapai. Meski hal-hal tersebut terkesan sepele namun jika Anda tak memperhatikannya maka ini akan mempengaruhi permainan Anda seterusnya. Selanjutnya Anda akan mengetahui cara memainkan harmonika dengan benar.

Cara Memainkan Harmonika Dengan Baik

Cara Memainkan Harmonika

Berikut ini adalah teknik-teknik dasar cara memainkan harmonika:

  1. Cara memainkan harmonika yang pertama harus dilakukan adalah membunyikan nada dengan meniupnya. Pilihlah satu lubang terlebih dahulu dan tiup dengan lembut. Kemudian, lanjutkan untuk meniup beberapa lubang sekaligus karena lubang yang satu dengan sampingnya akan berharmonisasi secara otomatis. Jika sudah, Anda bisa berlatih perpindahan tiupan dari satu lubang ke beberapa lubang.
  2. Setelah latihan meniup, Anda bisa berlatih untuk menghisap nada. Pastikan hisapan udara dilakukan secara lembut dan untuk meninggikan nada satu langkah bisa dilakukan dengan menarik udara tersebut. Sedangkan, jika ingin memainkan semua nada pada harmonika bisa dilakukan tiupan dan hisapan sepanjang mouthpiece.
  3. Lalu, cara memainkan harmonika selanjutnya yakni mulailah memainkan tangga nada. Sebagai contohnya untuk harmonika diatonik, Tangga nada C diawali dari (atas) 4 dan naik ke (atas) 7. Pola tiup-hisap ini bisa dilakukan secara berulang kecuali pada lubang ke-7 sebab di lubang ini tekniknya di balik menjadi hisap dulu baru ditiup.
  4. Kunci sukses cara memainkan harmonika tentu dengan terus berlatih. Ulangi terus untuk memainkan nada serta nada tunggal hingga Anda merasa nyaman untuk memainkan satu nada untuk satu waktu saja. Ketika Anda sudah memiliki kendali yang baik atas harmonika, maka Anda bisa mulai untuk mencoba memainkan lagu-lagu dengan tabulasi sederhana.

Di atas merupakan beberapa teknik dasar cara memainkan harmonika bagi pemula. Sebaiknya, teknik-teknik ini dilatih terus hingga Anda benar-benar menguasainya. Pasalnya, dengan menguasai teknik -teknik di permainan harmonika di atas Anda akan lebih mudah untuk memainkan teknik lanjutan yang tentu bakal lebih sulit.

Cara Memainkan Harmonika Dengan Mudah

Itulah teknik-teknik dasar cara memainkan harmonika yang harus dipelajari dahulu oleh pemula. Tak terlalu sulit bukan? Nah, dengan mengikuti setiap langkah yang telah Jelas.id paparkan tersebut dengan seksama, maka Anda akan bisa cepat menguasai teknik dasar memainkan harmonika dengan mudah. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id bagikan tentang cara memainkan harmonika. Semoga bermanfaat dan selamat berlatih.