jelas

Cara Memainkan Angklung yang Benar Untuk Pemula

Cara Memainkan Angklung – Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang cukup populer di tanah air. Bahkan, sekarang alat musik yang terbuat dari bambu ini sudah banyak dipentaskan di luar negeri sehingga semakin banyak saja orang yang ingin mempelajari cara memainkan angklung ini. Angklung sendiri termasuk ke alat musik multitonal yang memiliki nada ganda. Alat musik ini diketahui berkembang di kalangan masyarakat Sunda, Jawa Barat. Instrumen musik tradisional yang terdiri dari pipa-pipa yang terbuat dari bambu ini dimainkan dengan cara digoyangkan atau digetarkan. Bunyi yang dihasilkan oleh angklung diakibatkan oleh adanya benturan antara pipa dengan bambu sehingga mampu menghasilkan susunan nada 2, 3, hingga 4 nada dalam berbagai ukuran baik besar maupun kecil. Cara memainkan angklung sebenarnya sangat gampang. Angklung ini dibuat susunan pipa-pipa bambu yang dipotong pada bagian ujungnya. Kemudian, pipa-pipa tersebut diikat dalam satu bingkai dan untuk membunyikannya harus digetarkan atau digoyangkan. Untuk menciptakan alunan nada yang indah maka pemain harus berpindah menggoyangkan satu pipa ke pipa yang lain yang terdapat pada angklung. Untuk mereka yang sudah terbiasa dan mengerti cara memainkan angklung yang benar, maka alunan suara yang dikeluarkan akan terlihat indah.

Cara Memainkan Angklung

Cara Memainkan Angklung

Jika dilihat cara memainkan angklung memang sepertinya bisa dilakukan dengan mudah. Pemain hanya tinggal menggunakan satu tangannya untuk memegang rangka dan tangan yang lain menggoyangkan pipa-pipanya yang tergantung bebas. Namun, seperti alat musik lainnya, angklung juga memiliki kunci-kunci nada sendiri yang membedakannya hanyalah penghasil suara pada angklung ini terbuat dari bambu. Untuk bisa menghasilkan bunyi nada yang indah dan benar, maka seseorang harus terlebih dahulu menguasai teknik-teknik cara memainkan angklung tersebut. Pasalnya, angklung memiliki beberapa teknik dasar permainan yang harus lebih dahulu dikuasai dan teknik-teknik tersebut cukup berbeda dengan teknik dasar dari alat musik pada umumnya. Selain itu, karena angklung ini terdiri dari banyak pipa dan dimainkan dengan menggoyangkan pipa-pipanya maka Anda juga harus mengetahui cara memegang dan menggetarkannya dengan benar. Membaca tips-tips serta melihat video tutorial tentu akan sangat membantu Anda untuk memahami dan mempelajari bagaimana cara memainkan alat musik yang satu ini. Kali ini pun Jelas.id akan berbagi informasi tentang cara memainkan angklung dengan baik dan benar.

Cara Memainkan Angklung Jawa Barat

Cara Memegang dan Menggetarkan Angklung

Berikut ini adalah beberapa teknik cara memegang dan menggetarkan angklung:

  • Cara memegang dan menggetarkan angklung yang pertama adalah, aturlah posisi angklung terlebih dahulu. Posisi yang benar adalah tabung yang tinggi berada di sebelah kanan pemain, sedangkan tabung yang kecil berada di sebelah kiri pemain. Posisi angklung juga harus lurus dan tak boleh miring.
  • Setelah posisi angklung benar, maka selanjutnya adalah mengatur posisi tangan Anda. Peganglah angklung tepat di bagian simpul atas dengan menggunakan tangan kanan, sementara simpul bagian bawah dipegang dengan menggunakan tangan kiri. Pastikan kedua tangan tetap lurus.
  • Cara memegang dan menggetarkan angklung yang benar selanjutnya adalah tangan kanan dipakai untuk menggetarkan angklung, sedangkan dipakai untuk memegang angklung saja bukan menggetarkannya. Gerakan tangan dilakukan dari kanan ke kiri dan sebaiknya dilakukan dengan cepat.
  • Jika memakai lebih dari satu angklung, cara memegang dan menggetarkan angklung yang benar adalah pastikan jika angklung yang berukuran besar terletak dekat dengan badan. Jika angklungnya berukuran besar maka bisa dimasukkan ke dalam lengan agar lebih mudah dimainkan. Sedangkan, jika angklungnya kecil maka berikan jarak antara yang satu dengan yang lain agar tidak bersinggungan ketika sedang dimainkan.

Mengetahui teknik cara memegang dan menggetarkan angklung sangat penting karena meski terlihat mudah angklung tidak bisa digoyangkan secara sembarangan. Teknik memegang yang salah selain akan membuat bunyinya kurang maksimal juga terkadang akan mengacaukan susunan angklung yang lain. Setelah memahami teknik memegang dan menggetarkan angklung, maka selanjutnya Anda akan mengetahui langkah-langkah cara memainkan angklung.

Cara Memainkan Angklung dengan Benar

Cara Memainkan Angklung

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar cara memainkan angklung:

  1. Teknik getaran panjang adalah salah satu teknik cara memainkan angklung dengan cara menggerakkannya secara panjang sesuai dengan jenis nada yang akan dimainkan. Dengan memakai teknik ini, nada yang dimainkan akan saling sambung dan tidak terputus.
  2. Teknik staccato adalah cara memainkan angklung dengan tidak digetarkan seperti biasa melainkan diketok sehingga bunyi yang dihasilkan cenderung terdengar pendek. Selain itu, bunyi angklung pendek juga bisa dihasilkan dengan memiringkan posisi angklung sedikit dan memukulkan tabung dasar kanan angklung ke tangan kanan Anda.
  3. Teknik tengkep merupakan cara memainkan angklung dengan menahan dan menutup tabung kecilnya sehingga tidak menghasilkan bunyi. Teknik tengkep biasanya digunakan jika ingin menghasilkan bunyi angklung yang lebih halus.

Di atas merupakan tiga teknik dasar cara memainkan angklung. Ketiga teknik tersebut sebaiknya dipelajari dan dikuasai terlebih dahulu sebelum Anda belajar untuk memainkan lagu dengan nada-nada yang lebih kompleks. Jika Anda sudah menguasai tiga teknik dasar dalam bermain Angklung maka Anda bisa memainkan lagu apa saja dengan mudah.

Cara Memainkan Angklung untuk Pemula

Bagaimana? Belajar teknik dasar cara memainkan angklung tak serumit yang dibayangkan bukan? Bahkan teknik dasarnya pun tak sesulit alat musik yang lain. Apalagi jika Anda mengikuti langkah-langkah yang telah Jelas.id sampaikan tersebut dengan seksama, maka Anda akan cepat sekali menguasai permainan dasar angklung. Itulah informasi yang bisa Jelas.id berikan terkait dengan cara memainkan angklung. Semoga bermanfaat dan terima kasih.