jelas

Cara Melakukan Sit Up yang Benar

Cara Melakukan Sit Up – Sit Up merupakan salah satu olahraga yang cukup populer. Bahkan hampir sebagian besar orang tentu telah mengetahui cara melakukan Sit Up. Gerakan Sit Up juga merupakan olahraga yang cukup fleksibel karena bisa dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan alat-alat khusus. Sit Up ini merujuk pada latihan otot perut yang dilakukan dengan cara membaringkan badan di lantai, kemudian kedua lutut dilipat dan dan kedua telapak kaki menjejak di lantai. Gerakan dalam cara melakukan Sit Up dilakukan dengan menarik punggung dari posisi berbaring ke arah dua lutut yang dilipat tersebut. Gerakan ini ini biasanya dilakukan selama beberapa kali hitungan atau beberapa set dan yang penting adalah mengatur nafas dengan benar selama melakukan gerakan agar tak cepat merasa lelah. Bagi kebanyakan orang, melakukan Sit Up ini menjadi sebuah upaya bagi mereka yang memiliki permasalahan perut. Perut yang membuncit dipercaya oleh banyak orang bisa dikecilkan dengan cara melakukan Sit Up yang benar.

Cara Melakukan Sit Up

Cara Melakukan Sit Up

Meski cara melakukan Sit Up yang umum digunakan adalah dengan menarik tubuh ke arah lutut, namun akhir-akhir ini banyak sekali berbagai variasi gerakan Sit Up yang diperkenalkan oleh para trainer di bidang olahraga. Sebagai contohnya adalah Sit Up dengan posisi gerakan tubuh ke samping, Sit Up dengan menggunakan bantuan bola, dan Sit Up dengan menggerakkan tangan dan kaki ke arah atas. Meski gerakannya berbeda, namun manfaat dari semua gerakan dalam cara melakukan Sit Up tersebut adalah sama yaitu untuk melatih otot perut dan pinggul hanya saja dengan tingkat kesulitan ang berbeda-beda. Melakukan Sit Up memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selain bisa mengecilkan dan membentuk otot perut, Sit Up juga bisa membantu pembakaran lemak di tubuh serta mengurangi kemungkinan terkena serangan kolesterol dan penyakit jantung. Pada perempuan, Sit Up juga berfungsi untuk melatih rahim dan otot perut bagian bawah. Nah, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan membagikan informasi untuk Anda tentang bagaimana cara melakukan Sit Up yang benar.

Cara Melakukan Sit Up Yang Benar

Gerakan Sit Up yang Salah

Berikut ini beberapa gerakan Sit Up yang salah namun sering dilakukan :

  • Posisi Sit Up yang belum pas menjadi salah satu gerakan Sit Up yang salah dan paling banyak dilakukan sehingga Anda lebih baik mencari tempat yang benar-benar nyaman dan memosisikan tubuh Anda sebaik mungkin sebelum melakukan gerakan tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan matras jika belum terbiasa melakukan gerakan tersebut secara langsung di lantai. Membiasakan diri dengan gerakan yang benar akan menghindarkan Anda dari gerakan Sit Up yang salah. Jika Anda belum terbiasa melakukan Sit Up sendirian maka mintalah bantuan dari teman atau pelatih senam Anda untuk membantu menjaga keseimbangan tumit agar Anda tidak terlanjur memraktikkan gerakan Sit Up yang salah.
  • Gerakan Sit Up yang salah selanjutnya adalah terlalu cepat yang juga cukup sering dilakukan. Banyak orang yang terlalu terfokus pada tujuan untuk mengecilkan perut sehingga kurang memedulikan kualitas gerakan Sit Up yang dilakukannya. Asal melakukan Sit Up yang cepat pasti perut akan lebih cepat mengecil. Pendapat tersebut tentu saja salah karena melakukan Sit Up dengan cepat masuk dalam kategori gerakan Sit Up yang salah dan bisa membahayakan otot perut terutama jika Anda tak melakukan gerakan pemanasan sebelumnya dengan benar. Gerakan Sit Up yang salah ini bisa menyebabkan cidera yang tak ringan.
  • Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah terlalu banyak melakukan gerakan Sit Up yang salah. Frekuensi gerakan Sit Up yang terlalu banyak terutama bagi para pemula akan berpotensi membuat otot perut tertarik. Oleh sebab itu, lakukan gerakan tersebut beberapa kali terlebih dahulu agar perut terbiasa. Setelah perut benar-benar kuat, Anda bisa menambah intensitas dan variasinya secara bertahap. Hal ini tentu selain lebih efektif juga lebih aman ketimbang memaksakan diri untuk melakukan gerakan Sit Up yang salah dalam jumlah banyak tersebut.

Itulah beberapa gerakan Sit Up yang salah dan sering dilakukan orang ketika melakukan gerakan Sit Up. Kesalahan tersebut biasanya akan membuat hasil dari gerakan Sit Up menjadi kurang maksimal sehingga tujuan untuk mengecilkan atau membentuk otot perut pun menjadi tidak tercapai. Selain itu, kesalahan dalam gerakan Sit Up biasanya akan menimbulkan otot yang tegang dan rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Berikutnya, setelah Anda mengetahui gerakan Sit Up yang salah, ini saatnya untuk mengetahui seperti apa cara melakukan Sit Up yang benar.

Cara Melakukan Sit Up Yg Benar

Cara Melakukan Sit Up

Berikut ini cara melakukan Sit Up dengan benar:

  1. Sebelum melakukan cara melakukan Sit Up ini, pastikan Anda sudah melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu dan mencari tempat yang nyaman untuk melakukannya. Anda juga bisa memakai matras agar bagian belakang tubuh tidak terasa sakit.
  2. Lakukan posisi awal Sit Up yang benar yaitu dengan menekuk lutut dan tumit ditempatkan rata pada permukaan lantai. Ingat, cara melakukan Sit Up pada poin ini menentukan kesuksesan Anda pada langkah berikutnya.
  3. Letakkan kedua tangan di atas dada dengan posisi bersilang sehingga ujung tangan berada pada bahu yang berlawanan. Selain memakai posisi tangan ini, Anda juga bisa meletakkan tangan di belakang kepala.
  4. Cara melakukan Sit Up yang selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan dengan menarik pusar ke arah tulang belakang untuk mengencangkan otot perut secara lembut.
  5. Angkat terlebih dahulu kepala kemudian baru tulang belikat untuk menjaga agar tumit tetap menjejak lantai dan jari-jari rata dengan lantai. Fokuskan pandangan ke lutut dan tarik tubuh dari lantai ke arah lutut hingga membentuk sudut sembilan puluh derajat.
  6. Berhenti sejenak dan kembalikan tubuh ke posisi semula tanpa menyentuhkan punggung ke lantai. Jika Anda berhasil, maka Anda telah mampu melaksanakan cara melakukan Sit Up ini dalam hitungan 1 kali.
  7. Ulangi gerakan tersebut sekitar 3 hingga 5 kali.

Itulah cara melakukan Sit Up yang bisa Jelas.id jelaskan pada Anda semua. Langkah-langkah di atas merupakan cara melakukan Sit Up standar yang paling umum dipakai. Bisa jadi, ada acara lain yang tersedia walaupun Jelas.id tidak bisa merekomendasikan cara yang lain untuk dilakukan sendiri di rumah. Jelas.id berpesan, jika Anda sudah memraktikkan cara tersebut dan menguasai gerakannya secara keseluruhan, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan ditambah berbagai variasi gerakan Sit Up lainnya. Namun, Jelas.id jamin bahwa gerakan variasi tersebut juga tak akan jauh-jauh dari cara melakukan Sit Up yang telah dijelaskan tadi.

Cara Melakukan Sit Up Bagi Pemula

Bagaimana cara melakukan Sit Up, mudah bukan? Jika Anda mengikuti setiap langkah gerakan Sit Up yang sudah Jelas.id paparkan tersebut dengan benar, maka impian untuk memiliki perut rata bisa Anda dapatkan. Selain itu, Anda pun bisa melakukan gerakan Sit Up ini sendiri secara efektif di rumah. Itulah informasi yang Jelas.id bisa sampaikan mengenai cara melakukan Sit Up. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.