jelas

Cara Melakukan Servis Bawah dalam Bola Voli dengan Baik dan Benar

Cara Melakukan Servis Bawah – Bagi Anda yang sering bermain bola volly tentu sudah tak asing dengan servis bahkan sudah mengetahui cara melakukan servis bawah maupun atas. Nah, untuk Anda yang belum mengetahui, perlu di pahami servis merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Servis sendiri merujuk pada gerakan awalan untuk memulai permainan. Tak hanya pada permainan bola voli saja, gerakan servis ini juga bisa ditemukan pada permainan olahraga yang lain seperti pada permainan bulutangkis. Akan tetapi, setiap olahraga memiliki aturan tersendiri terkait dengan tata cara melakukan servis untuk mengawali permainan ini. Di dalam permainan bola voli sendiri ada dua jenis servis yang biasa dilakukan oleh para pemain, yaitu servis bawah dan servis atas. Cara melakukan servis bawah berbeda dengan servis atas. Pemain bisa memilih untuk melakukan jenis servis yang mana saja ketika sedang bermain voli. Namun, servis bawah lebih sering digunakan oleh para pemain pemula karena memang lebih mudah untuk dilakukan. Servis bawah pun pada umumnya lebih dahulu diajarkan dari servis atas. Perbedaan antara kedua jenis servis tersebut adalah pada cara melakukan servis bawah, bola dilambungkan ke arah atas dan dipukul dengan kepalan tangan dari arah belakang. Sedangkan pada servis atas, bola dilambungkan ke atas dan di pukul dengan telapak tangan dengan kuat.

Cara Melakukan Servis Bawah

Cara Melakukan Servis Bawah

Teknik cara melakukan servis bawah pada permainan bola voli selain menjadi teknik yang paling pertama diajarkan juga salah satu teknik dasar harus dikuasi jika ingin mahir dalam bermain voli. Teknik servis bawah sangat berguna untuk memulai permainan bola voli atau jika akan beralih ke putaran permainan yang baru. Biasanya ketika akan melakukan jenis servis yang satu ini, pemain akan berada di sebuah area yang disebut dengan area wajib. Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, namun cara melakukan servis bawah bola voli memiliki langkah-langkah tertentu. Akan tetapi terkadang pemain pemula tidak memperhatikan hal ini sehingga hasil dari servisnya tidak maksimal atau justru timbul rasa sakit di beberapa bagian tubuh tertentu terutama lengan karena melakukan gerakan yang salah. Karena pentingnya gerakan servis maka pemain harus benar-benar menguasainya terlebih dahulu sebab tanpa gerakan ini permainan bola voli tentu tak dapat dimulai. Jika pemain sudah bisa menguasai teknik dasar yang satu ini maka permainan akan berjalan dengan lancar dan menarik. Nah, pada kesempatan ini Jelas.id akan memberikan informasi yang berhubungan dengan cara melakukan servis bawah dalam permainan bola voli.

Cara Melakukan Servis Bawah Bola Voli

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Servis Bawah

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan servis bawah:

  • Ketepatan merupakan hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan servis bawah sebab gerakan saat tangan saat mendorong bola ke depan dan posisi ayunan tangan dai belakangan harus tepat dan bersamaan.
  • Ketenangan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan servis bawah. Servis bawah harus dilakukan dengan tenang dan tak boleh terburu-buru agar bola yang didorong ke depan akan lebih mudah dikuasai ketika akan dipukul.
  • Kekuatan tangan merupakan hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan servis bawah dan juga menentukan kesuksesan dari servis bawah yang dilakukan. Saat melakukan servis bawah tangan harus diayun dari belakang dengan kuat agar bisa dipukul tepat ke arah sasaran.

Ketiga poin tersebut merupakan hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan servis bawah agar dapat melakukannya dengan benar. Meski ketiga poin itu mungkin belum bisa dikuasi sekaligus oleh para pemain pemula, namun tentunya hal-hal ini bukanlah menjadi halangan bagi mereka yang ingin belajar melakukan servis bawah dengan benar terutama jika mereka ingin berlatih permainan bola voli dengan sungguh-sungguh. Berikutnya, Anda akan mengetahui tata cara melakukan servis bawah.

Cara Melakukan Servis Bawah Dengan Benar

Cara Melakukan Servis Bawah

Berikut ini adalah langkah-langkah dasar cara melakukan servis bawah bola voli:

  1. Cara melakukan servis bawah pertama, pemain berdiri di area lapangan voli yang memang diperuntukkan ketika melakukan servis.
  2. Mengambil sikap awalan servis yaitu dengan memposisikan kaki kiri lebih maju dari kaki kanan.
  3. Bola voli dipegang dengan menggunakan tangan kiri dan di arahkan ke depan.
  4. Cara melakukan servis bawah selanjutnya adalah tangan kanan mengepal dan diayunkan dari arah belakang.
  5. Bola voli dilambungkan ke atas dan tangan kanan diayunkan ke depan untuk memukul bola voli tersebut.
  6. Cara melakukan servis bawah yang selanjutnya dan menentukan keberhasilan servis adalah memukul bola dengan kuat hingga mampu melewati net ke area lawan, namun pastikan juga agar bolanya tidak keluar dari garis area lawan.

Di atas merupakan langkah-langkah cara melakukan servis bawah dalam bola voli secara benar. Karakteristik dari servis bawah ini adalah setelah dipukul bola akan melambung sehingga bisa dikuasai atau diumpan balik dengan baik oleh pemain lawan. Oleh sebab itu, agar bisa diarahkan dengan tepat dan diterima oleh sasaran dengan mudah, cara melakukan servis bawah harus dilakukan dengan baik dan benar.

Cara Melakukan Servis Bawah Pada Permainan Voli

Nah, itu dia teknik dasar cara melakukan servis bawah saat bermain bola voli. Gerakan paling sederhana ini memang terlebih dahulu dipelajari dan dikuasi agar bisa melanjutkan ke penguasaan gerakan-gerakan lain dalam permainan voli yang lebih kompleks. Namun, tak perlu khawatir karena jika Anda mengikuti langkah-langkah teknik dasar cara melakukan servis bawah yang sudah Jelas.id paparkan di atas, maka Anda akan bisa melakukan servis bawah dengan mudah dan benar. Itulah sedikit informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait dengan cara melakukan servis bawah. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.