jelas

Cara Melakukan Senam Kegel di Rumah

Cara Melakukan Senam Kegel – Sebelum beranjak ke cara melakukan senam kegel dengan tepat, pasti anda sudah sering mendengar mengenai senam kegel. Senam yang satu ini bukanlah jenis senam baru karena pernah menjadi salah satu jenis senam yang populer. Jika menyebutkan nama senam ini, bahkan banyak yang langsung teringat dengan arahan yang ada di dalamnya yaitu jepit-lepas dan kontrak-rilis. Jepit ini merujuk pada sebuah gerakan untuk menahan otot panggul. Sementara itu, lepas artinya melepaskan gerakan tersebut setelah menahan otot panggul dalam beberapa detik. Nah itulah sekilas cara melakukan senam kegel yang biasanya masyarakat lakukan untuk terapi. Senam kegel ini memang merupakan jenis senam yang bisa dengan mudah dilakukan. Ini karena senam kegel berbeda dengan jenis senam lainnya yang biasa anda lakukan. Berbagai gerakan di dalam senam ini bisa anda lakukan sendiri dan cukup fleksibel sehingga anda bisa melakukan senam ini di mana pun anda berada, tak terkecuali di rumah. Anda juga tak memerlukan bantuan dari instruktur senam untuk mengarahkan setiap gerakan yang anda lakukan karena sebenarnya cara melakukan senam kegel ini sangatlah simpel.

Cara Melakukan Senam Kegel

Cara Melakukan Senam Kegel

Sebelum melaksanakan cara melakukan senam kegel, perlu diketahui bahwa senam kegel ini sebenarnya adalah senam yang difokuskan untuk memperkuat otot-otot yang berada di dasar panggul dan menopang berbagai organ penting di dalam tubuh seperti rahim, kandung kemih, usus halus, dan rektum. Senam ini sangat fleksibel karena bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Bahkan ibu-ibu yang sedang hamil pun bisa melakukan senam ini. Senam ini penting untuk dilakukan karena setiap orang bisa mengalami kelemahan pada otot-otot dasar panggulnya. Sebelum mengetahui cara melakukan senam kegel dengan tepat, ada sejumlah faktor yang diketahui bisa menurunkan fungsi dan kekuatan dari otot-otot panggul bagian bawah tersebut. Di antaranya adalah pertambahan umur, persalinan, kelebihan berat badan, dan operasi. Dengan melakukan senam kegel ini anda bisa melatih dan memperbaiki kondisi otot-otot tersebut sehingga bisa menjalankan kembali fungsinya dengan baik. Pada kesempatan kali ini, Jelas.id akan memberikan informasi mengenai manfaat senam kegel yang bisa anda dapatkan ketika melakukan gerakan-gerakan dari senam kegel. Selain itu, bagi yang tertarik untuk mempraktikan senam ini, Jelas.id kali ini bakal membocorkan cara melakukan senam kegel lho!

Cara Melakukan Senam Kegel Yang Benar

Manfaat Senam Kegel

Berikut ini beberapa manfaat senam kegel untuk anda:

  • Manfaat senam kegel ternyata dapat membantu menjaga kontrol pada otot-otot yang berperan dalam proses pembuangan, baik buang air kecil maupun buang air besar.
  • Pada pria, senam ini membantu mengencangkan otot-otot dasar panggul selama berhubungan seksual, mengelola ereksi, serta mencegah terjadinya ejakulasi dini.
  • Pada ibu hamil, manfaat senam kegel dapat membantu saat proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis akan lebih mudah dalam membuka jalan lahir serta mencegah dilakukannya sayatan jalan lahir (episiotomi). Senam ini juga bisa dilakukan pasca persalinan untuk memulihkan kembali otot-otot tersebut yang biasanya kemudian melemah dan menyebabkan penurunan rahim.
  • Mengurangi kondisi keluarnya urin saat tertawa, batuk, atau bersin.

Nah itulah 4 manfaat senam kegel yang bisa anda dapatkan jika anda melakukannya secara rutin. Jelas.id tentunya memberikan informasi manfaat ini bukan untuk menggurui, melainkan untuk mengingatkan saja manfaatnya. Pasalnya, banyak orang yang lupa mengenai manfaat senam kegel ini setelah sekian lama berhenti dari rutinitas tersebut. Berhentinya sebagian orang dalam melakukan senam ini kebanyakan karena cara melakukan senam kegel tidak sepenuhnya tepat. Nah pada segmen selanjutnya akan Jelas.id berikan cara tepat melakukan senam kegel.

Manfaat Senam Kegel

Cara Melakukan Senam Kegel

Berikut ini beberapa cara melakukan senam kegel yang bisa anda lakukan:

  1. Sebelum melakukan gerakan dalam cara melakukan senam kegel ini, identifikasilah otot panggul anda terlebih dahulu. Ini berfungsi untuk mengetahui otot mana yang harus ditahan dan dilepaskan. Untuk bisa mengetahui otot tersebut dengan benar, maka jika anda sedang buang air kecil cobalah hentikan aliran urin tersebut sebentar. Otot yang menahan urin itulah yang disebut sebagai otot-otot dasar panggul. Jika anda belum paham untuk menentukan otot tersebut, anda bisa bertanya dengan dokter terlebih dahulu untuk mengatasi timbulnya infeksi pada saluran kemih akibat salah berlatih.
  2. Anda sebaiknya melakukan gerakan dalam cara melakukan senam kegel ini secara bertahap. Misalnya, anda bisa memulainya dengan menahan otot-otot bawah panggul tersebut selama 5 detik dan melepaskannya juga dalam waktu 5 detik. Ulangi gerakan tersebut 4 atau 5 kali. Kemudian, tingkatkan durasinya, misalnya menahan dan melepaskan otot-otot tersebut masing-masing 10 detik. Begitu seterusnya sesuai dengan kemampuan anda.
  3. Pastikan bahwa anda melakukan gerakan dalam cara melakukan senam kegel ini dengan teknik yang benar. Pada saat menahan otot-otot dasar panggul, jangan ikut mengencangkan otot-otot di daerah perut, paha, dan bokong. Fokuslah untuk menahan otot-otot panggul saja dan lakukan dengan rileks tanpa harus diikuti dengan menahan napas.
  4. Jika anda sudah bisa menemukan otot panggul dan melakukan teknik gerakan dalam cara melakukan senam kegel dengan benar, anda perlu merutinkannya untuk hasil yang lebih maksimal. Anda setidaknya harus melakukan gerakan ini tiga kali sehari dengan hitungan 3 x 10 kali. Hindarilah untuk mempraktikkannya ketika anda ingin menahan buang air kecil karena ini malah akan melemahkan otot-otot tersebut serta memungkinkan timbulnya infeksi pada saluran urin.

Perhatian : Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dengan petugas medis untuk melaksanakan senam ini. Karena pada dasarnya, seluruh jenis senam perlu diiringi dengan pendapat medis dan fisiologis agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah itulah tadi rahasia mengenai cara melakukan senam kegel yang Jelas.id bocorkan. Setelah Anda membulatkan niat pasca membaca manfaat senam kegel tadi, nampaknya persyaratan dalam melakukan senam ini sudah terpenuhi seluruhnya. Senam ini tidak memerlukan langkah yang rumit, maupun ruangan dan pakaian khusus. Pada awal senam, anda hanya perlu berbaring dan kemudian melanjutkannya dengan langkah-langkah dalam cara melakukan senam kegel yang Jelas.id sampaikan diatas.

Cara Melakukan Senam Kegel Dengan Tepat

Cukup simpel bukan cara melakukan senam kegel yang Jelas.id sampaikan diatas? Sekarang anda bisa mempraktikannya sendiri di rumah. Bahkan, anda bisa melakukannya untuk mengisi waktu luang, saat anda menunggu sesuatu, dalam perjalanan, saat membaca, saat sedang mengetik, berdiri, dan bahkan berjalan. Semoga informasi tentang manfaat senam kegel dan cara melakukan senam kegel ini bermanfaat dan selamat mencoba di rumah ya!