jelas

Cara Melakukan Roll Depan dan Kesalahannya

Cara Melakukan Roll Depan – Bagaimana sih sebenarnya cara melakukan roll depan yang benar? Namun sebelum Jelas.id membagikan caranya pasti anda pernah dong mendengar istilah roll depan. Bahkan mungkin sebagian besar dari kalian pernah melakukan gerakan ini. Istilah ini tentu berhubungan erat dengan salah satu pelajaran yang ada di sekolah, yaitu pendidikan jasmani dan kesehatan. Roll depan yang identik dengan gerakan menggulingkan badan ini sebenarnya merupakan salah satu macam gerakan yang ada pada senam lantai. Gerakan ini biasanya dilakukan dengan serangkaian gerakan lainnya pada senam lantai. Cara melakukan roll depan atau yang biasa disebut dengan guling depan ini biasanya dilakukan dengan gerakan berguling ke arah depan menggunakan bagian belakang badan termasuk di dalamnya tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. Awalan dari gerakan ini terbagi ke dalam dua cara yaitu dengan sikap jongkok atau sikap berdiri. Untuk menjamin keamanan selama melakukan gerakan ini, roll depan biasanya dilakukan di atas material yang terbuat dari karet atau busa. Namun, cara melakukan roll depan sejatinya dapat dilakukan dengan penggunaan matras untuk senam lantai.

Cara Melakukan Roll Depan

Cara Melakukan Roll Depan

Cara melakukan roll depan atau guling depan ini sebenarnya sangat mudah dan cukup asyik untuk dilakukan tetapi tentu anda harus mengetahui teknik yang benar untuk melakukannya terlebih dahulu. Ini sangat penting diperhatikan karena dengan mengetahui teknik yang benar anda bisa mengurangi resiko cidera serta menjaga keselamatan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk melakukan gerakan warming up atau pemanasan sebelum anda melakukan gerakan ini. Dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, otot dan bagian tubuh lainnya akan lebih siap untuk mempraktekkan cara melakukan roll depan yang Jelas.id informasikan kali ini.

Namun sebelumnya Jelas.id ingin memberikan informasi mengenai kesalahan yang sering dilakukan ketika roll depan, karena jika anda melakukan kesalahan gerakan roll depan maka bisa berakibat fatal. Setelah itu Jelas.id akan membagikan bagaimana cara melakukan roll depan yang benar karena meskipun anda sudah mengetahui gerakannya, namun sebagian di antara anda pasti ada yang belum tahu bagaimana teknik yang benar untuk melakukannya. Pada intinya cara melakukan roll depan yang benar, anda harus bergerak dari posisi awal ke akhir gerakan dengan kaki hanya dalam satu putaran. Sehingga untuk melakukan cara melakukan roll depan yang benar dibutuhkan latihan agar anda bisa melakukannya langsung pada posisi akhir berdiri.

Cara Melakukan Roll Depan Dengan Benar

Kesalahan Gerakan Roll Depan

Ada beberapa kesalahan gerakan roll depan yang harus anda perhatikan, diantaranya:

  • Kedua tangan bertumpu dengan posisi yang tidak tepat juga merupakan kesalahan gerakan roll depan. Misalnya, tangan dibuka terlalu lebar, terlalu sempit, dan menumpu baik itu terlalu dekat maupun terlalu jauh dengan ujung kaki.
  • Tumpuan tangan yang kurang kuat baik pada salah satunya maupun keduanya. Hal ini bisa mengakibatkan keseimbangan badan yang kurang sempurna. Sehingga yang sering terjadi adalah badan bukan jatuh ke depan melainkan jatuh ke samping yang tentu merupakan suatu kesalahan gerakan roll depan.
  • Bahu tidak ditempatkan pada matras ketika tangan dibengkokkan.
  • Kedua tangan tidak ikut menolak ketika badan digulingkan ke depan. Ini bisa jadi karena tangan ditempatkan terlalu jauh ke belakang.
  • Posisi mengguling kurang sempurna yang biasanya diakibatkan oleh kepala yang menoleh ke samping. Kesalahan gerakan roll depan ini dapat mengakibatkan cidera, jadi harap berhati-hati.
  • Melakukan pendaratan dengan lutut bukan telapak kaki sehingga keseimbangan kurang sempurna.

Nah itulah beberapa kesalahan gerakan roll depan yang sering dilakukan ketika melakukan roll depan yang perlu anda perhatikan, sebelum anda mengetahui mengenai cara melakukan roll depan yang benar. Kesalahan ini biasanya sering terjadi karena pelaku gerakan tidak biasa melakukannya. Masalahnya, jika tidak ditangani serius, kesalahan tersebut dapat mengakibatkan cidera. Untuk itu, sebelum melaksanakan cara melakukan roll depan nanti, resapi beberapa hal diatas ya!

Kesalahan Gerakan Roll Depan

Cara Melakukan Roll Depan

Berikut ini beberapa cara melakukan roll depan yang benar:

  1. Cara melakukan roll depan yang pertama adalah dengan bediri di atas permukaan yang luas dan tidak keras. Gerakan ini bisa dilakukan di lapangan yang berumput dan di ruangan yang luas. Yang paling penting adalah sebisa mungkin gunakan alas agar badan tidak sakit.
  2. Selanjutnya, cara melakukan roll depan harus diawali dengan posisi awal. Lakukan posisi jongkok dengan dua kaki secara bersamaan. Pastikan kedua kaki rapat dengan tumit sedikit di angkat. Letakkan kedua tangan di matras depan anda dan tekuklah siku. Perhatikan sebelum mulai mengguling bahwa jarak kedua tangan harus sama dengan bahu. Posisi awal ini sangat cocok bagi pemula. Anda juga bisa melakukan awal dengan posisi lain yaitu berdiri tegak dengan kedua tangan terentang lurus di atas kepala. Kemudian, condongkan tubuh ke arah depan, tekuk lutut untuk menciptakan posisi jongkok dan mulailah untuk berguling.
  3. Cara melakukan roll depan berikutnya adalah meletakkan kepala di antara dua tangan. Ketika sedang berguling, jangan menekankan beban pada leher, tetapi anda harus berguling dengan menggunakan bagian punggung atas. Untuk menghindari titik berat beban pada leher, anda bisa menyelipkan dagu saat berguling.
  4. Nah, ini adalah bagian yang terpenting dalam cara melakukan roll depan ini lho, yakni melakukan guling depan. Lakukan dorongan dengan menggunakan bagian atas punggung sehingga badan akan terguling ke depan dan pinggul ikut terdorong melewati kepala. Pastikan punggung dalam keadaan melengkung dan ikuti lengkungan tersebut pada saat berguling. Hindari untuk mengguling dari samping ke samping karena anda bisa terjatuh dari satu sesi ke sisi yang lain.
  5. Meluruskan kaki serta jari-jarinya. Pastikan kaki dan jari-jarinya agar tetap lurus selama anda menggulingkan tubuh ke depan. Tekukan pada kaki hanya dilakukan pada akhir gulingan sebelum posisi berdiri. Hal ini penting untuk menerapkan cara melakukan roll depan yag benar.
  6. Berdiri tanpa tangan sebagai penopang. Posisi akhir dari gerakan ini adalah meletakkan kaki anda mendatar pada lantai dan berdiri tanpa menggunakan kedua tangan untuk menumpu. Luruskan kedua kaki, kembali ke posisi tegak lurus dengan kedua tangan berada di atas kepala. Sudah? Berarti Anda sudah sukses menerapkan cara melakukan roll depan ini!

Perhatian : Ada baiknya Anda didampingi oleh instruktur senam dalam melakukan kegiatan ini. Meskipun dapat dilakukan sendiri di rumah, potensi cidera tetap ada dan setidaknya membutuhkan pertolongan orang lain apabila terjadi.

Bagaimana? Sudah siap mempraktikkan cara melakukan roll depan? Sudah dipahami beberapa kesalahan gerakan roll depan yang sering dilakukan orang tadi? Sudah menyiapkan mental untuk melakukan gerakan senam ini? Nah, satu hal lagi yang penting, ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot Anda tidak kaku dalam melaksanakan cara melakukan roll depan di atas.

Cara Melakukan Roll Depan Dengan Baik

Itulah teknik bagaimana cara melakukan roll depan dengan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah Jelas.id jelaskan tersebut, Anda yang belum pernah mencoba gerakan ini pun pasti bisa melakukannya dengan baik dan benar. Bahkan bukan tidak mungkin Anda dapat menjadi seorang ahli dalam melaksanakan roll depan. Semoga informasi mengenai kesalahan gerakan roll depan dan cara melakukan roll depan ini bermanfaat dan selamat mencoba!