jelas

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas – Renang gaya bebas adalah salah satu jenis gaya dalam olahraga renang. Cara melakukan renang gaya bebas ini biasanya dengan gerakan berenang yang dilakukan dengan posisi dada yang menghadap ke permukaan air. Gaya renang yang satu ini memiliki karakteristik tersendiri yang bisa membedakannya dengan gaya renang yang lain yaitu posisi badan dari si perenang membentuk satu garis lurus dengan permukaan air. Cara melakukan renang gaya bebas merupakan salah satu gaya renang yang paling cepat dan paling mudah untuk dipelajari. Berbeda dengan gaya renang yang lain seperti gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu yang memang memiliki teknik baku sendiri serta diatur dalam Federasi Renang International, gaya renang bebas memungkinkan gerakan apa saja kecuali gerakan pada tiga gaya renang yang lain. Dari berbagai jenis gerakan yang bisa dilakukan dalam renang gaya bebas, cara melakukan renang gaya bebas dengan gerakan krol (front crowl) menjadi yang paling banyak dilakukan oleh perenang dalam kompetisi yang memperlombakan gaya bebas.

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas

Cara melakukan renang gaya bebas memerlukan kedua lengan yang digerakkan secara bergantian sehingga akan membentuk gerakan melengkung layaknya kincir angin ke arah depan. Sementara itu, kepala perenang berada di dalam air dan bernapas dengan memutarkan tubuh ke permukaan air serta memalingkan wajah ke arah samping. Ketika mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menolehkan mukanya ke kiri atau kanan. Gerakan ini dilakukan secara bersamaan dengan dua hingga enam gerakan kaki yang secara bergantian sesuai dengan gerakan lengan agar tubuh perenang seimbang dan tak mudah tenggelam ke dalam air. Jika dibandingkan dengan gaya berenang yang lain, cara melakukan renang gaya bebas adalah gaya berenang yang bisa membuat tubuh perenangnya bergerak dengan lebih cepat di dalam air. Meski gaya bebas merupkan gaya yang paling mudah dikuasai, namun faktanya masih banyak yang belum bisa melakukannya dengan benar. Nah, jika Anda adalah salah satu di antaranya, maka sebaiknya simak penjelasan dari Jelas.id tentang cara melakukan renang gaya bebas berikut ini.

Kesalahan Dalam Melakukan Renang Gaya Bebas

Kesalahan dalam Melakukan Renang Gaya Bebas

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam melakukan renang gaya bebas yang sering dilakukan:

  • Posisi kepala lebih tinggi

Posisi kepala saat berenang menjadi hal yang sering diabaikan padahal ini akan mempengaruhi kenyamanan saat berenang. Posisi kepala yang salah merupakan kesalahan dalam melakukan renang gaya bebas yang akan membuat tubuh bagian bawah perenang mudah tenggelam di dalam air. Perenang pemula atau yang bukan atlet biasanya akan berenang dengan posisi kepala lebih tinggi dikarenakan kesulitan dalam mengambil napas.

  • Rangkaian gaya terlalu pendek

Kesalahan dalam melakukan renang gaya bebas yang satu ini biasanya dilakukan saat perenang mulai lelah. Hal ini sebaiknya dihindari karena akan semakin memperpendek jarak kayuhan serta memperlambat untuk mencapai garis akhir. Untuk mengatasi kelelahan, Anda bisa sedikit memperlambat kecepatan berenang bukan memperpendek gayanya.

  • Kayuhan kaki

Kayuhan kaki yang terlalu lemah atau terlalu banyak merupakan kesalahan gerakan yang paling banyak dilakukan. Kayuhan kaki yang lemah atau terlalu sering justru akan membuat tubuh menjadi susah untuk bergerak.

  • Rotasi tidak seirama

Rotasi tubuh yang tidak seirama juga termasuk kesalahan dalam melakukan renang gaya bebas yang sering dilakukan oleh para perenang. Anda juga pasti sering menemukan perenang yang gerakan rotasi dari bahu hingga pinggang pada satu sisi saja.

Di atas merupakan beberapa contoh kesalahan dalam melakukan renang gaya bebas yang sangat sering dan umum dilakukan. Mengetahui kesalahan-kesalahan pada renang gaya bebas sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa menghindarinya ketika sedang melakukakan renang dengan gaya tersebut. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan itu, gerakan renang gaya bebas bisa dilakukan dengan tepat. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara melakukan renang gaya bebas.

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas Dengan Baik

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas

Berikut ini adalah rangkaian cara melakukan renang gaya bebas:

  1. Posisi badan

Cara melakukan renang gaya bebas yang pertama adalah dengan memposisikan badan menelungkup dan mendatar dengan permukaan air, baik itu kepala, punggung, maupun kaki. Badan juga harus dalam keadaan rileks agar mampu mengurangi hambatan ketika berenang.

  1. Gerakan kaki

Pada saat berenang kaki harus terus digerakkan agar mampu menciptakan gaya dorong yang stabil sehingga tubuh bisa melaju dengan efektif.

  1. Gerakan tangan

Cara melakukan renang gaya bebas  selanjutnya adalah pada saat masuk ke dalam air, posisi tangan ada di depan bahu dan siku dibengkokkan ke bawah, pergelangan tangan sedikit ditekuk namun jari-jari tetap rapat. Kemudian, tarik tangan ke arah pusar dengan menekuk siku ke depan dada dan mendorong tangan ke belakang hingga lengan benar-benar lurus di samping badan. Lanjutkan dengan gerakan mengayunkan tangan ke arah luar permukaan air mulai dari jari-jari tangan.

  1. Pengambilan napas

Untuk mengambil napas selama berenang bisa dilakukan melalui mulut dengan cara memalingkan kepala ke samping kanan atau kiri dan napas dikeluarkan saat kepala menghadap ke air. Gerakan pengambilan napas ini dilakukan secara bersamaan dengan akhir gerakan tangan.

  1. Koordinasi gerakan

Cara melakukan renang gaya bebas yang terakhir yakni koordinasi gerakan. Hal ini harus dilakukan secara urut dan berkesinambungan dimulai dari ketika lengan masuk ke dalam air, kemuadian kaki kanan ke atas, lengan kiri masuk, dan kaki kiri ke atas.

Itulah rangkaian gerakan dalam teknik renang gaya bebas. Meski pada umumnya perenang bisa melakukan gerakan apa saja saat gaya, bebas namun rangkaian gerakan cara melakukan renang gaya bebas di atas merupakan yang paling dasar sehingga harus lebih dahulu dikuasai. Setiap gerakan juga harus dilakukan dengan benar agar tubuh bisa bergerak dengan efektif di dalam air.

Cara Melakukan Renang Gaya Bebas Yang Benar

Nah, bagi sebagian orang cara melakukan renang gaya bebas ini cukup mudah dilakukan namun sebagian yang lain membutuhkan waktu untuk mempelajari dan menguasainya. Namun, dengan mempraktikan langkah-langkah yang telah Jelas.id paparkan di atas, Anda akan lebih mudah dalam berlatih melakukan renang dengan memakai gaya bebas. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait cara melakukan renang gaya bebas dan kesalahan dalam melakukan renang gaya bebas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.