jelas

Cara Melakukan Push Up dengan Benar dan Kesalahannya

Cara Melakukan Push Up – Push up? tentu Anda sudah tak asing lagi dengan olahraga yang satu ini. Bahkan sebagian besar di antara Anda mungkin sudah tau cara melakukan push up yang benar atau bahkan sering melakukannya dalam keseharian. Push up memang merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup sering dilakukan karena sangat simpel dan fleksibel. Tak seperti jenis olahraga lainnya yang memerlukan alat pendukung, cara melakukan push up ini bisa dilakukan dimana saja dan juga tak membutuhkan alat pendukung olahraga. Meski sangat simpel untuk dilakukan namun, push up sangat efektif untuk melatih otot inti dan tubuh bagian atas. Gerakan pada push up membantu mengaktifkan banyak otot termasuk otot bahu, otot dada yang menghubungkan lengan atas dan bahu, tricep, otot inti, serta otot pada pantat. Dengan satu rangkaian gerakan dalam push up, seseorang bisa melatih berbagai macam otot yang ada di tubuh mereka. Tak hanya mampu melatih banyak otot saja, tetapi jika mengetahui cara melakukan push up yang benar dan dilakukan secara rutin juga bisa membentuk sejumlah otot di area tubuh tertentu.

Cara Melakukan Push Up

Cara Melakukan Push Up

Meski terlihat simpel namun cara melakukan push up juga memiliki teknik khusus agar bisa dilakukan secara benar. Walaupun sebagian besar orang bisa dengan sendirinya melakukan gerakan ini, namun kebanyakan mereka tidak tahu tentang teknik yang benar untuk melakukan gerakan ini. Akibatnya, justru orang tersebut merasakan sakit di bebarapa bagian tubuhnya setelah melakukan gerakan push up ini. Selain itu, masalah lain yang sering muncul adalah banyak yang mengeluh tak terjadi perubahan apapun di dalam tubuhnya meski sudah push up dengan rutin.  Hal ini bisa saja terjadi karena mereka tidak mengetahui cara melakukan push up yang benar, namun hal itu biasanya tak disadari sehingga penting untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dalam push up. Dengan begitu, Anda bisa melakukan push up dengan benar sehingga mengurangi resiko cedera dan tentunya merasakan keefektifan dari gerakan tersebut di tubuh Anda. Nah, bagi Anda yang belum paham mengenai teknik dalam melakukan gerakan push up yang benar, maka pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara melakukan push up.

Cara Melakukan Push Up Dengan Benar

Kesalahan Dalam Melakukan Push Up

Berikut ini adalah bebarapa kesalahan dalam melakukan push up yang sering dilakukan:

  • Terlalu fokus mendorong tubuh merupakan kesalahan dalam melakukan push up yang sering dilakukan tanpa disadari pada saat push up. Orang biasanya akan langsung menjatuhkan tubuhnya ke lantai dan cenderung mengabaikan tekanan yang diberikan pada lengan. Gerakan naik dan turun dalam push up sebenarnya harus dirasakan tekanannya agar memberikan efek yang signifikan pada otot dan ketahanan tubuh.
  • Jarak antara kedua tangan yang terlalu lebar juga menjadi kesalahan dalam melakukan push up yang cukup sering dilakukan. Gerakan push up akan memberikan tekanan pada kedua lengan sehingga Anda harus menempatkan lengan dengan jarak yang tepat agar bisa melakukan push up dengan nyaman. Namun, terkadang tanpa diperhatikan lengan berada posisi yang terlalu lebar sehingga malah menyusahkan ketika push up.
  • Daya topang lengan yang tidak kuat juga menjadi salah satu kesalahan dalam melakukan push up. Karena tidak kuat maka kadang saat melakukan gerakan, lengan terlihat gemetar. Untuk itu, jika Anda ingin melalukan gerakan push up dalam beberapa set maka sebaiknya memberikan waktu jeda yang cukup agar lengan bisa memulihkan tekanannya kembali.
  • Posisi leher yang salah juga mempertinggi resiko cidera. Pastikan posisi leher dan kepala menghadap depan dan sejajar dengan tulang belakang ketika melakukan gerakan push up.

Itulah beberapa kesalahan dalam melakukan push up yang tanpa disadari sering dilakukan ketika push up. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, Anda bisa meminimalisasir resiko cidera yang kerap menghampiri saat melakukan gerakan push up. Selanjutnya, Anda akan mengetahui teknik melakukan gerakan push up dengan benar.

Cara Melakukan Push Up Yang Benar

Cara Melakukan Push Up

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melakukan push up dengan benar:

  1. Cara melakukan push up yang pertama, lakukan posisi awalan dengan menempatkan tangan Anda di bawah bahu. Kemudian, luruskan kaki Anda ke belakang hingga bagian ujung telapak kaki Anda dalam keadaan rapat dan menyentuh lantai. Pastikan kepala, leher, dan tubuh terutama tulang belakang dalam kondisi sejajar.
  2. Cara melakukan push up selanjutnya adalah memastikan bagian inti dari tubuh Anda dalam keadaan kencang ketika Anda mulai menurunkan tubuh hingga dada menyentuh permukaan lantai.
  3. Lalu, pastikan kembali tubuh Anda dalam posisi yang sejajar ketika mengangkatnya dari lantai dan membawanya ke posisi awal saat akan mempraktekan cara melakukan push up ini.

Itulah teknik dasar yang benar dalam cara melakukan push up sehingga Anda harus menguasainya sebelum berlatih dengan gerakan push up yang lain. Seperti diketahui, ada berbagai macam variasi cara melakukan push up. Dengan melakukan teknik tersebut Anda akan bisa merasakan tekanan pada setiap gerakan sehingga nantinya berefek baik ke otot-oto tubuh Anda.

Cara Melakukan Push Up Dengan Tepat

Bagaimana cara melakukan push up di atas? Sangat mudah, bukan? Meski terkesan sepele namun jika tidak dilakukan dengan benar maka, Anda tak akan merasakan manfaat yang maksimal dari gerakan yang telah dilakukan tersebut. Dengan mempraktikan langkah-langkah cara yang telah Jelas.id paparkan itu dengan seksama, maka Anda bisa melakukan push up yang benar untuk membentuk massa otot yang lebih baik. Demikian informasi yang bisa Jelas.id bagikan terkait cara melakukan push up. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.