jelas

Cara Melakukan Passing Bawah

Cara Melakukan Passing Bawah – Halo, kali ini Jelas.id akan mengulas tentang cara melakukan passing bawah. Sebelum mempelajari lebih lanjut, perlu di pahami passing merupakan sebutan untuk gerakan mengumpan bola pada teman atau mengembalikan bola ke pihak lawan. Istilah passing untuk mengumpan bola ini bisa ditemukan dalam berbagai macam olahraga. Salah satu olahraga yang juga memakai istilah passing adalah permainan bola voli. Di dalam permainan voli sendiri, ada dua jenis passing yaitu passing atas dan passing bawah. Cara melakukan passing bawah dan cara melakukan passing atas tentunya berbeda. Passing atas dilakukan tanpa gerakan permulaan terlebih dahulu dan biasanya jenis passing ini dilakukan saat posisi bola berada di bagian depan atas dari muka pemain. Sementara itu, passing bawah adalah mengumpan bola dengan posisi tangan dari pemain bergandengan satu sama lain dan dilakukan dengan mengayunkan bola dari bawah ke atas depan. Untuk dapat mengetahui cara melakukan passing bawah dengan sempurna, pemain harus memperhatikan posisi tangan agar tidak dalam kondisi lurus dan rapat namun sedikit direnggangkan.

Cara Melakukan Passing Bawah

Cara Melakukan Passing Bawah

Passing bawah sendiri merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan voli yang sangat penting untuk dikuasai. Untuk itu Anda harus mengetahui cara melakukan passing bawah yang baik dan benar. Jenis passing yang satu ini biasanya dipakai sebagai salah satu langkah awal utuk menentukan pola serangan ke arah lawan dengan terlebih dahulu mengoperkan bola ke anggota lain dalam satu tim. Tak hanya digunakan sebagai strategi untuk menyerang, passing bawah juga berfungsi untuk pertahanan sebuah tim dari serangan tim lawan. Passing bawah yang dilakukan dengan benar tak hanya bisa digunakan untuk menerima umpan dengan sempurna namun juga bisa dipakai untuk menahan berbagai macam serangan yang dilancarkan oleh pihak lawan jika anda mengetahui cara melakukan passing bawah yang benar. Selain itu, passing bawah bisa dipakai sebagai awalan sebelum tosser mengatur jenis pola serangan ke lawan. Meski terkesan mudah, tetapi passing bawah ini juga membutuhkan teknik agar bisa menghasilkan operan bola yang sempurna. Sehingga, pemain pemula biasanya diharuskan untuk benar-benar mempelajari dan menguasai teknik ini dengar benar agar bisa bermain voli dengan baik. Nah, bagi Anda yang sekarang juga sedang belajar bermain voli, Jelas.id akan memberikan informasi tentang bagaimana cara melakukan passing bawah dengan benar.

Cara Melakukan Passing Bawah Pada Bola Voli

Kesalahan Passing Bawah

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemain ketika membuat passing bawah:

  • kesalahan passing bawah pertama yang sering dilakukan adalah posisi perkenaan tidak dilakukan pada kaki bagian dalam.
  • Posisi tangkapan bola terlalu ke bawah sehingga bola tidak bisa meluncur sesai dengan yang diharapkan namun malah cenderung melambung.
  • kesalahan passing bawah yang juga tidak boleh dilakukan adalah ketika melakukan passing kaki tidak dikunci dan tidak menumpu dengan mantap sehingga bola tidak bisa melaju dengan keras.
  • Posisi kaki tidak mengayun namun hanya disentuhkan atau menyaruk saja sehingga tidak bisa mendukung operan bola.
  • Pemain tidak fokus atau kurang memperhatikan arah operan sehingga bola tidak sampai ke target yang dituju, untuk kesalahan passing bawah yang terakhir tersebut mungkin kesalahan yang paling sering dilakukan .

Itulah beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan ketika melakukan passing bawah. Kesalahan-kesalahan passing bawah tersebut umumnya tidak disadari oleh para pemain pemula sehingga passing yang dilakukan tidak bisa tercipta dengan baik. Dengan mengetahui jenis-jenis kesalahan dalam passing bawah, Anda bisa menghindarinya ketika sedang bermain sehingga passing bawah yang dilakukan benar-benar efektif untuk menahan serangan maupun mengoper. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara melakukan passing bawah yang benar.

Cara Melakukan Passing Bawah Dengan Benar

Cara Melakukan Passing Bawah

Berikut ini adalah cara melakukan passing bawah dengan benar yang dapat anda terapkan:

  1. Cara melakukan passing bawah yang pertama adalah lakukan sikap standar pada permainan voli, yakni kedua kaki dibuka sekitar lebar bahu dengan posisi kedua lutut sedikit ditekuk dan badan sedikit condong ke depan.
  2. Pastikan kedua tangan rapat dan lurus di depan badan sehingga kedua ibu jari berada pada posisi sejajar.
  3. Cara melakukan passing bawah selanjutnya yaitu setelah posisi lengan benar-benar sejajar, ayunkan ke dua lengan tersebut bersama-sama ke arah datangnya bola. Pastikan siku berada dalam posisi yang lurus agar bola bisa diterima dengan sempurna. Selain itu, bola yang datang juga harus diposisikan tepat mengenai bagian prosimal pada lengan atau pada bagian di atas pergelangan tangan.
  4. Luruskan kaki, saat bola tepat mengenai lengan.
  5. Cara melakukan passing bawah yang terakhir adalah ketika melalukan passing bawah ke arah depan, pastikan agar ayunan pada lengan tidak lebih besar dari sudut 90 derajat dengan bahu maupun badan.

Nah, itulah langkah-langkah cara melakukan passing bawah bawah dengan benar. Rangkaian gerakan tersebut bisa dipakai sebagai bentuk pembelajaran bagi para pemain voli pemula. Sebaiknya, ketika sedang belajar melakukan passing bawah, benar-benar dirasakan perkenaan bola pada lengan serta tenaga yang diperlukan agar bola bisa terumpan dengan sempurna.

Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli

Cara melakukan passing bawah di atas cukup mudah untuk dipraktikan bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disampaikan oleh Jelas.id tersebut Anda bisa melakukan passing bawah dengan mudah dan benar. Selain itu, Anda bisa menghindari berbagai macam kesalahan yang mengakibatkan passing bawah menjadi kurang sempurna. Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa bagikan tentang tata cara melakukan passing bawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.