jelas

Cara Melakukan Lompat Jauh yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Lompat Jauh – Mungkin sebagian besar di antara kita sudah mahir dalam cara melakukan lompat jauh. Bahkan, mungkin Anda sudah sering mempraktikannya dalam pelajaran olahraga. Lompat jauh sendiri sebenarnya merupakan salah satu nomor lompat di cabang olahraga atletik yang sangat populer dan sering dilombakan pada kompetisi olahraga tak terkecuali yang berkelas dunia seperti Olimpiade. Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat yang memakai tumpuan satu kaki untuk dapat mencapai jarak sejauh-jauhnya dari tolakan. Hal inilah yang menjadi tujuan dari cara melakukan lompat jauh itu sendiri, yakni untuk mencapai jarak lompatan yang jauhnya semaksimal mungkin menuju titik pendaratan yang ada di bak lompat. Jarak yang didapat oleh seseorang ketika melakukan gerakan lompat jauh diukur dari papan tolakan sampai ke batas di mana dia mendarat pada bak lompat, biasanya adalah batas terdekat dari bekas yang dihasilkan tubuh ke titik tolakan. Oleh sebab itu, tumpuan kaki pada cara melakukan lompat jauh ini harus benar-benar berada pada papan tolakan atau juga boleh sebelumnya karena jika kaki pelompat saat bertumpu melebihi papan tolakan biasanya akan dianggap diskualifikasi.

Cara Melakukan Lompat Jauh

Cara Melakukan Lompat Jauh

Cara melakukan lompat jauh bisa dilakukan dengan berbagai gaya, yaitu gaya berjalan di udara (walking in the air), gaya menggantung (hang style), dan gaya jongkok (kauer). Dari ketiga gaya tersebut, lompat jauh dengan gaya berjalan di udara merupakan salah satu yang paling banyak dilakukan. Apapun gaya lompat jauh yang akan digunakan, untuk bisa menciptakan jarak lompatan yang maksimal maka harus ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Salah satu faktor cara melakukan lompat jauh yang paling mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam melakukan lompat jauh ini adalah kemampuan si pelompat dalam mengaplikasikan teknik, strategi dan taktik secara benar dan efektif. Oleh sebab itu, sebelum melakukan lompat jauh terutama bagi mereka yang ingin mengikuti perlombaan dalam salah satu cabang atletik yang satu ini, sangat penting untuk mempelajari dan mempraktikan teknik, strategi, dan taktik lompat jauh agar hasilnya lebih maksimal. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui teknik yang benar dalam melakukan gerakan lompat jauh, maka pada kesempatan kali ini Jelas.id akan membagikan informasi mengenai cara melakukan lompat jauh.

Cara Melakukan Lompat Jauh Yang Baik dan Benar

Peraturan Dasar Lompat Jauh

Berikut adalah beberapa peraturan dasar lompat jauh:

  • Lintasan lari awalan

Peraturan dasar lompat jauh yakni mengenai panjang minimal untuk lintasan lari awalan adalah 40 meter, sedangkan lebar lintasan tersebut minimal 1,22 mm dan maksimal 1,25 meter. Lintasan untuk lari awalan ini biasanya dibatasi dengan garis putih yang lebarnya 5 cm pada sisi kanan dan kiri.

  • Papan tolak

Peraturan dasar lompat jauh yakni mengenai papan tolak yang harus memiliki bentuk segi empat, yang biasanya dibuat dari kayu atau bisa juga dengan bahan lain dan dicat dengan warna putih. Papan tolak ini ditanam rata dengan tanah lintasan lari dan dekat dengan bak pendaratan biasanya kurang dari satu meter. Sementara itu, jarak minimal papan tolak dengan sisi terjauh bak pendaratan adalah 10 meter. Detail ukuran dari papan tolak adalah panjang 1,21 – 1,22 m, lebar 1,98 -2,02 m, dan tebal 1,00 m.

  • Bak pendaratan

Lebar minimal bak pendaratan yang sesuai peraturan dasar lompat jauh adalah 2,75 meter. Bak pendaratan ini diisi dengan pasir yang lembut dan basah. Sedangkan, permukaan bagian atas harus dipastikan datar dan rata dengan permukaan papan tolak.

Itulah beberapa peraturan dasar lompat jauh. Hal ini perlu diperhatikan ketika akan membuat lintasan lompat jauh atau mempersiapkan tempat yang digunakan untuk kompetisi yang akan melombakan nomor lompat jauh. Dengan memperhatikan peraturan dasar tersebut, maka arena yang dipakai lomba akan sesuai dengan standar yang berlaku. Selanjutnya Jelas.id akan menjabarkan mengenai cara melakukan lompat jauh.

Cara Melakukan Lompat Jauh dengan Baik

Cara Melakukan Lompat Jauh

Berikut ini adalah beberapa rangkaian gerakan teknik dasar cara melakukan lompat jauh:

  1. Awalan

Gerakan awalan cara melakukan lompat jauh dilakukan dengan meningkatkan kecepatan saat berlari, namun juga harus memastikan bahwa kecepatan lari ini masih memungkinkan pelompat untuk melakukan tolakan dengan mudah. Pada saat sudah mendekati tempat bertumpu, sekitar beberapa langkah dari papan tolakan, maka kecepatan harus dipersiapkan dari gerak horisontal ke gerak vertikal.

  1. Tolakan

Gerakan tolakan pada cara melakukan lompat jauh dilakukan sebagai tahap untuk mengalihkan telapak kaki agar bisa mendarat dengan sempurna pada bak lompat. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mengangkat tubuh ke atas agar bisa melayang di udara. Saat akan menumpu di papan tolakan, kaki yang dipakai untuk bertumpu harus sedikit dibengkokkan dan ditapakkan tepat di atas tolakan. Kemudian, tungkai diluruskan agar bisa lepas landas.

  1. Sikap di udara

Saat tubuh melayang di udara, gerakan kaki bisa dilakukan untuk mempermudah pendaratan. Selain itu, pada posisi cara melakukan lompat jauh ini pelompat juga harus bisa memelihara keseimbangan agar tak mudah terjatuh serta mengusahakan agar tubuh sanggup bertahan selama mungkin di udara.

  1. Pendaratan

Saat tubuh masih berada di udara, lakukan persiapan untuk melakukan pendaratan. Gerakan yang tepat adalah menundukkan kepala, mengayunkan lengan, dan mencondongkan tubuh ke depan. Sehingga nantinya saat melakukan pendaratan, badan tidak jatuh ke belakang sehingga bisa merugikan pelompat karena akan memperpendek jarak lompatan yang diperolehnya.

Gerakan-gerakan di atas merupakan teknik dasar dalam cara melakukan lompat jauh. Apapun gaya lompat jauh yang digunakan, pada dasarnya prinsipnya akan kembali pada teknik dasar tersebut. Oleh sebab itu, setiap gerakan dasar tersebut sebisa mungkin harus dilakukan dengan sempurna agar Anda bisa menciptakan pendaratan yang sempurna serta jarak lompatan yang maksimal.

Cara Melakukan Lompat Jauh dengan Benar

Nah, rangkaian gerakan cara melakukan lompat jauh dasar di atas memang sepertinya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, dalam praktiknya masih banyak yang melakukan kesalahan sehingga tidak bisa mempraktikan gerakan lompat jauh dengan sempurna. Jika Anda mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id berikan tersebut dengan seksama, maka tentu Anda akan bisa melakukan gerakan lompat jauh dengan benar. Demikian informasi yang bisa Jelas.id bagikan mengenai cara melakukan lompat jauh. Semoga bermanfaat dan terima kasih.