jelas

Cara Melakukan Kayang dari Berbagai Posisi Awal

Cara Melakukan Kayang – Kayang merupakan salah satu gerakan dasar yang ada pada senam lantai. cara melakukan kayang ini tentu sangat mudah dilakukan untuk para atlet senam lantai. Tak heran jika gerakan yang satu ini merupakan gerakan yang lebih dahulu diajarkan dan harus dikuasai jika seseorang ingin mempelajari lebih jauh tentang senam lantai. Kayang sendiri merupakan sebuah posisi berbaring telungkup dengan posisi badan diangkat ke atas. Sementara kedua tangan dan kaki menapak di lantai untuk menopang tubuh yang diangkat ke atas tersebut. cara melakukan kayang ini memang cukup susah dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki kelenturan tubuh yang cukup baik atau mereka yang belum pernah mempraktikkan gerakan ini sebelumnya. Untuk bisa melakukan gerakan kayang dengan sempurna tentu Anda harus memiliki kelenturan otot pinggang yang baik. Untuk bisa sampai ke kondisi ini tak bisa dilakukan secara instan, namun Anda harus melatih otot pinggang dengan berbagai macam cara sampai akhirnya otot pinggang Anda terbiasa dan bisa melakukan gerakan kayang dengan benar. Selain itu, cara melakukan kayang ini harus didahului dengan gerakan pemanasan agar otot menjadi lebih lemas dan mudah digerakkan untuk melakukan kayang serta mengurangi resiko cidera.

Cara Melakukan Kayang

Cara Melakukan Kayang

Melakukan gerakan pemanasan sebelum berlatih kayang penting karena cara melakukan kayang adalah gerakan senam lantai yang tak hanya melibatkan otot pinggang saja, tetapi juga otot perut, tangan, dan kaki. Sehingga untuk melakukan gerakan ini butuh kelenturan tubuh yang baik serta kekuatan yang prima. Gerakan kayang juga harus dilakukan dengan benar dan hati-hati sebab kesalahan yang dilakukan saat melakukan gerakan kayang bisa berakibat cidera pada otot, baik itu cidera ringan maupun berat. Agar cara melakukan kayang dapat dilakukan dengan mudah dan benar maka Anda harus rajin berlatih gerakan tersebut. Latihan gerakan kayang bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dari posisi tidur dan dari posisi berdiri.  Kayang dari posisi tidur biasanya dipilih oleh mereka yang belum memiliki kelenturan tubuh yang cukup baik atau baru melakukan gerakan ini untuk pertama kali. Namun bagi yang sudah cukup sering melakukannya biasanya akan langsung memilih gerakan kayang dari posisi berdiri. Bagi Anda yang masih belum mengetahui gerakan kayang yang benar, kali ini Jelas.id akan berbagi informasi tentang cara melakukan kayang.

Cara Melakukan Kayang Bagi Pemula

Cara Melakukan Kayang

Cara Melakukan Kayang dari Posisi Tidur

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melakukan kayang dari posisi tidur:

Sikap Awal

  1. Sikap awal cara melakukan kayang dari posisi tidur yang pertama adalah mengambil posisi tidur telentang
  2. Lalu, kedua lutut ditekuk dan pastikan kedua tumit rapat ke bagian pinggul.
  3. Kemudian cara melakukan kayang dari posisi tidur selanjutnya adalah tekuk kedua siku dan pastikan kedua telapak tangan melekat kuat pada permukaan lantai atau matras dan posisikan ibu jari agar berada di samping telinga.

Gerakan

  1. Badan diangkat ke atas dan luruskan kedua tangan serta kaki.
  2. Masukkan kepala sehingga berada di antara kedua lengan. Nah sampai disini cara melakukan kayang dari posisi tidur ini sudah selesai.

Cara Melakukan Kayang dari Posisi Tidur

Di atas merupakan tahapan cara melakukan kayang dari posisi tidur. Gerakan ini biasanya lebih dahulu diajarkan karena memang lebih mudah dilakukan daripada kayang dengan posisi awalan berdiri. Jika sudah menguasai gerakan yang satu ini maka akan lebih mudah untuk melakukan kayang dengan posisi berdiri. Ada kalanya pemula sudah bisa melakukan sikap awal yang baik untuk melakukan gerakan kayang dari posisi tidur, namun belum kuat untuk mengangkat tubuhnya ke atas sendiri. Jika keadaannya seperti ini, maka Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk mengangkat tubuh. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara melakukan kayang dari posisi berdiri.

Cara Melakukan Kayang dari Posisi Berdiri

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melakukan kayang dari posisi berdiri:

Sikap Awal

  1. Sikap awal cara melakukan kayang dari posisi berdiri yang pertama tentunya ambil posisi badan berdiri dengan tegak.
  2. Lalu, letakkan kedua tangan di samping kaki.

Gerakan

  1. Ayunkan kedua tangan secara bersamaan ke belakang dan lentingkan badan ke belakang dengan posisi kepala menengadah.
  2. Kemudian cara melakukan kayang dari posisi berdiri selanjutnya adalah tekuk tungkai sama seperti ketika akan melakukan gerakan mengguling ke depan. Namun, ketika punggung hampir mengenai matras, tangan melakukan tolakan pada matras. Pastikan tungkai dalam keadaan lurus dan paha berada dekat dengan dada.
  3. Lalu, cara melakukan kayang dari posisi berdiri yang terakhir lemparkan tungkai ke depan yang diikuti dengan tolakan tangan dan posisikan bahwa tumpuan tangan berada di dekat pantat. Condongkan badan ke arah depan dan letakkan dagu di dekat dada serta akhiri dengan sikap berdiri dengan badan membungkuk.

Cara Melakukan Kayang dari Posisi Berdiri

Itulah tahapan untuk cara melakukan kayang dari posisi berdiri. Pada saat melakukan kayang dari posisi badan berdiri ini, kedua tangan nantinya akan menumpu pada pinggul. Posisi badan yang benar saat melakukan gerakan ini nanti akan terlihat seperti busur. Asalkan rajin berlatih, posisi kayang dengan awalan berdiri ini bisa dengan mudah dilakukan.

Ternyata Cara Melakukan Kayang tidak terlalu sulit kan? Baik gerakan kayang dari posisi tidur maupun berdiri keduanya membutuhkan kelenturan tubuh yang baik, sehingga kunci sukses untuk bisa melakukan gerakan ini adalah dengan terus menerus berlatih. Selain itu, dengan mengikuti langkah-langkah yang Jelas.id telah jelaskan di atas, Anda bisa melakukan gerakan kayang dengan baik dan benar. Demikianlah pemaparan Jelas.id tentang cara melakukan kayang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.