jelas

Cara Mancing Ikan Gabus dengan Mudah

Cara Mancing Ikan Gabus – Ikan gabus bisa dibilang merupakan salah satu jenis ikan yang paling diburu untuk dipancing. Namun sayangnya cara mancing ikan gabus ini tidak terlalu mudah dilakukan. Ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang habitatnya banyak ditemukan di danau, sungai, rawa-rawa, serta parit. Ikan gabus juga memiliki nama yang berbeda di masing-masing daerah. Misalnya saja di daerah Jawa, ikan ini lebih dikenal dengan sebutan ikan kutuk. Ikan gabus sendiri juga merupakan jenis ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat sebab ikan ini mampu hidup dalam kondisi lingkungan perairan yang berlumpur dan memiliki kandungan oksigen yang sedikit. Maka dari itu, cara mancing ikan gabus ini pun harus dilakukan agak berbeda. Kemampuan ikan untuk bertahan hidup dalam kondisi seperti ini tentu karena dukungan salah satu alat pernapasannya yang bernama labyrint. Banyak orang yang memilih ikan gabus sebagai tangkapan pancingan karena ingin merasakan sensasi tarikan yang kuat saat ikan tersebut memakan umpan di pancing. Oleh sebab itu, cara mancing ikan gabus memang membutuhkan tenaga yang ekstra dan cara memancing yang benar.

Cara Mancing Ikan Gabus di Danau

Cara Mancing Ikan Gabus di Danau

Jika kamu melakukan cara mancing ikan gabus yang benar, tentu akan mendapat hasil yang cukup memuaskan. Pasalnya, Ikan gabus bisa dibilang merupakan ikan yang cukup rakus sehingga biasanya akan memakan umpan dengan cepat. Bahkan, ikan tak membutuhkan waktu yang lama untuk menyambar umpan jika Anda meletakkannya di dekat tempat persembunyiannya atau di tempat lain di mana ikan ini sering berkumpul. Para pemancing tradisional biasanya masih memakai peralatan sederhana untuk memancing ikan gabus ini. Cara mancing ikan gabus secara tradisional ini menggunakan sebatang bambu yang diikat dengan benang pancing serta memakai umpan yang masih alami seperti katak. Bahkan, teknik memancing yang sederhana pun masih digunakan untuk menangkap ikan gabus, yaitu dengan memasukkan umpan ke dalam perairan dan mengangkatnya kembali setelah berhasil mendapatkan tangkapan. Sebenarnya ada beragam teknik yang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus. Misalnya saja teknik dudul yang membuat umpan terlihat seolah-olah hidup dan terus bergerak-gerak di dalam air.  Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memancing ikan gabus namun belum pernah melakukannya, kali ini Jelas.id akan berbagi tips tentang cara mancing ikan gabus.

Cara Mancing Ikan Gabus Di Sungai

Umpan Jitu untuk Ikan Gabus

Berikut ini merupakan jenis-jenis umpan jitu untuk ikan gabus yang dapat Anda gunakan:

  • Cacing tanah bisa dibilang merupakan salah satu umpan jitu untuk ikan gabus. Tak hanya bisa dengan mudah didapatkan, bau cacing tanah yang amis dan menyengat tersebut begitu menarik bagi ikan gabus.
  • Katak kecil juga merupakan jenis umpan jitu untuk ikan gabus. Jika memilih memakai umpan ini akan lebih baik apabila menggunakan katak yang masih hidup sebab gerakan katak di air akan menarik perhatian ikan gabus untuk memakannya.
  • Belalang juga dikatakan sebagai umpan yang cukup baik untuk memancing ikan gabus. Untuk menggunakannya Anda hanya tinggal mengaitkan mata kail pada bagian ekor belalang.
  • Ulat daun pisang juga merupakan pilihan umpan jitu untuk ikan gabus. Ulat daun pisang bisa dipakai untuk menarik perhatian ikan yang satu ini. Caranya adalah dengan mengaitkan ulat ini pada mata kail pancing.

Binatang-binatang tersebut selama ini memang dikenal sebagai umpan jitu untuk ikan gabus yang sering digunakan para pemancing. Jadi, jika Anda memiliki rencana untuk memancing ikan gabus, Anda bisa memilih binatang di atas untuk dijadikan umpan sebab binatang-binatang tersebut cukup mudah di cari. Jika Anda tak bisa mendapatkannya, maka Anda bisa menggantinya dengan umpan tiruan yang berbentuk katak atau serangga lain dan terbuat dari bahan karet. Nah, setelah mengetahui umpan yang dapat digunakan, kini Jelas.id akan memaparkan cara mancing ikan gabus yang benar.

Cara Mancing Ikan Gabus dengan Umpan Buatan

Cara Mancing Ikan Gabus

Berikut ini merupakan cara mancing ikan gabus yang perlu diperhatikan:

  1. Cara mancing ikan gabus yang pertama adalah perhatikan waktu memancing. Waktu yang paling tepat untuk memancing ikan gabus adalah pagi dan sore hari. Pasalnya, pada waktu-waktu tersebut matahari belum terlalu panas sehingga ikan belum mencari tempat untuk bersembunyi. Sehingga, jika memancing pada kedua waktu itu, Anda bisa memakai teknik casting atau popping.
  2. Apabila memilih memancing dengan teknik casting, sebaiknya gunakan umpan tiruan dan gerakkan umpan tersebut secara alami agar sanggup menari perhatian ikan gabus.
  3. Suasana juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam cara mancing ikan gabus. Pastikan suasana tempat Anda memancing tetap dalam keadaan tenang sehingga ikan tidak menghindari umpan.
  4. Pakailah benang pancing minimal bisa menarik berat hingga 20 kg agar bisa menahan tarikan ikan gabus yang cukup kuat dan mengantisipasi putusnya benang jika mendapatkan ikan gabus berukuran besar.
  5. Nah, cara mancing ikan gabus yang terpenting adalah siapkan mata kail lebih dari satu atau mata kail dengan ukuran yang berbeda. Hal ini karena tarikan kuat ikan gabus membuat mata kalinya ikut termakan sehingga Anda masih memiliki mata kail cadangan untuk memancing.

Itulah beberapa cara mancing ikan gabus yang dapat dilakukan agar mendapat hasil yang memuaskan. Ikan air tawar yang satu ini memang memiliki karakteristik cukup berbeda dengan jenis-jenis ikan lainnya sehingga memang memerlukan cara-cara tersendiri untuk bisa memancingnya. Meski membutuhkan waktu untuk menunggu ikan memakan umpan, namun jika Anda berhasil menangkap ikan tersebut maka rasa bosan akan segera hilang.

Cara Mancing Ikan Gabus Malam Hari

Nah, cara mancing ikan gabus ini bisa sukses dilakukan jika Anda benar-benar mempersiapkannya. Bahkan, Anda pun sudah tahu jenis umpan yang ampuh untuk menarik perhatian ikan gabus. Apalagi jika Anda mengikuti tips yang Jelas.id paparkan di atas, Anda bisa memancing ikan gabus dengan lebih mudah. Demikianlah informasi yang bisa Jelas.id bagikan tentang cara mancing ikan gabus. Semoga bermanfaat dan terima kasih.