jelas

Cara Memainkan Catur Untuk Pemula

Cara Main Catur – Catur merupakan permainan yang identik dengan bidang yang berwarna hitam putih. Banyak orang yang begitu menyukai permainan yang satu ini karena Catur sangat menyenangkan dan adiktif untuk dimainkan. Pasalnya, pemain memerlukan keterampilan dan strategi untuk bisa memenangkannya. Tak heran banyak orang yang merelakan waktu untuk mengetahui bagaimana cara main catur yang benar.  Catur diketahui sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan menjadi permainan favorit bagi para kalangan intelektual dan berpendidikan karena membutuhkan kecerdasan tersendiri. Namun, saat ini Catur bisa dimainkan oleh siapa saja. Bahkan, berbagai perlombaan Catur pun digelar di banyak tempat dan pesertanya bukan hanya orang dewasa saja tetapi juga anak-anak. Itu artinya, sejatinya cara main catur tidaklah sesulit yang dibayangkan. Catur sendiri adalah salah satu jenis permainan untuk mengasah otak yang dimainkan oleh dua orang pemain yang saling berhadapan. Nama dari permainan ini diambil dari kata Caturangga yang artinya empat sudut. Ini karena sebelum dimainkan oleh dua orang seperti yang kita lihat sekarang ini, Catur dulunya dimainkan oleh empat orang pemain pada empat sudut yang berbeda di masa India kuno. Tentu saja, kali ini Jelas.id tak akan membahas cara main catur ala India kuno tersebut.

Cara Main Catur

Cara Main Catur

Sebagai pembuka cara main catur ini, Catur dimainkan di atas bidang dengan petak 8 x 8 yang memiliki bentuk persegi dan hadir dengan kombinasi warna hitam yang dibuat berselang-seling pada petaknya. Sehingga, ada 8 lajur dan 8 deret yang memiliki warna hitam dan putih pada satu papannya. Setiap pemain akan bermain dengan 16 bidak yang meliputi 1 buah raja, 1 buah menteri, 2 buah benteng, 2 buah gajah, 2 buah kuda, dan 8 buah pion. Tujuan dari cara main catur adalah mematikan pergerakan dari raja atau biasa disebut skakmat dengan memakai aturan dasar dan teknik bermain Catur yang benar. Skakmat ini merujuk pada posisi dimana raja terancam termakan oleh bidak lawan dan tidak dapat lagi lolos dari posisi tersebut. Bagi yang belum pernah mencoba permainan ini sebelumnya, tentu akan kebingungan dengan tata cara bermain Catur karena masing-masing bidak mempunyai cara melangkah sendiri yang tidak bisa secara bebas dimainkan. Nah, berikut ini Jelas. id akan menjelaskan tentang cara main catur yang mudah dan benar untuk pemula.

Cara Memainkan Catur

Kondisi dan Langkah Bermain Catur

Berikut ini adalah beberapa kondisi dan langkah bermain Catur yang perlu dipahami:

  • En Passant merupakan kondisi dan langkah bermain Catur khusus yang biasanya terjadi pada pion yang baru bergerak maju dua langkah. Pion ini dihadapkan pada pion lawan yang berada pada deret petak yang sama. Kondisi ini membuat pion lawan bisa memakan pion Anda dan menempati kotak diagonal yang sesuai.
  • Rokade merupakan kondisi dan langkah bermain Catur yang bisa digunakan untuk mengamankan posisi raja. Langkah ini memungkinkan raja dan benteng untuk bertukar posisi. Meski begitu, untuk dapat melakukan langkah ini ada ketentuan tersendiri yaitu baik raja maupun benteng belum pernah berjalan sebelumnya, posisi antara raja dan benteng tidak diisi bidak lain, serta benteng dan raja tidak dalam posisi diskak.
  • Skak adalah kondisi dan langkah bermain Catur dimana posisi raja terancam oleh bidak lawan tetapi masih bisa beralih ke petak lain atau memakan bidak itu.
  • Skakmat adalah kondisi dan langkah bermain Catur dimana posisi raja benar-benar terkunci oleh bidak milik lawan dan tidak bisa bergerak lagi. Oleh karena itu, bidak lawan bisa langsung memakan raja untuk mengakhiri permainan Catur.
  • Seri merupakan kondisi dan langkah bermain Catur dimana tidak ada pemain yang menang atau kalah dikarenakan raja tidak dalam posisi diskak namun pemain tidak bisa mencari petak yang aman untuk perpindahan bidaknya atau bisa juga karena persetujuan dari kedua belah pihak.

Itulah beberapa istilah khusus yang sering digunakan untuk menamai kondisi dan langkah bermain Catur. Istilah-istilah tersebut merujuk pada jenis-jenis langkah khusus pada bidak yang dilakukan oleh pemain dengan berbagai macam tujuan misalnya melindungi posisi bidak tertentu, memakan bidak lawan, dan lain sebagainya. Sebagai pemain profesional, Anda harus menyempatkan diri, upaya, dan tenaga untuk menghafal baik-baik kondisi dan langkah bermain Catur tersebut. Pasalnya, tanpa memahaminya, Anda dipastikan bakal bingung dalam memahami cara main catur di bawah nanti.

Cara Bermain Catur

Cara Main Catur

Berikut ini adalah cara main catur dengan cepat:

  1. cara main catur yang pertama adalah memahami waktu yang disediakan untuk bermain Catur. Jika waktu yang dialokasikan adalah 90 menit, maka untuk melakukan 30 langkah, Anda memerlukan 3 menit untuk setiap langkahnya.
  2. Mulai permainan dengan langkah elegan, bisa gunakan satu pion untuk dua langkah atau dua pion di kiri dan kanan dengan satu langkah. cara main catur akan menentukan gaya bermain Anda nantinya.
  3. Pastikan bahwa pion terhubung satu sama lain dan tidak ada yang berada pada posisi bebas.
  4. Ketika bermain, sebaiknya gerakkan kuda terlebih dahulu daripada gajah. Selain lebih mudah untuk membobol pertahanan lawan, gerakan kuda ke samping atas juga memberi kesempatan bagi benteng untuk berjalan. cara main catur ini merupakan strategi umum para pemain kebanyakan.
  5. Lebih baik gerakkan gajah lebih dahulu dibandingkan dengan benteng untuk memberikan perlindungan pada pion dan mengelabui lawan.
  6. Benteng lebih baik dijalankan lebih dahulu daripada menteri agar menteri masih bisa memberi perlindungan pada raja. cara main catur harus diingat baik-baik jika Anda masih ingin menang.
  7. Menteri bisa dijalankan untuk menghambat strategi lawan namun pastikan agar menteri tidak diskak karena bisa membahayakan posisi raja.
  8. Sebisa mungkin jangan korbankan banyak pion karena bidak ini akan sangat bermanfaat pada akhir-akhir pertandingan. cara main catur pada bagian ini lebih sering digunakan oleh para profesional karena tingkat kesulitannya yang tinggi.
  9. Hindari posisi bidak yang terlalu dekat karena bisa menyulitkan langkah Anda sendiri.
  10. Jangan terpaku untuk menykak raja dengan cepat, tetapi tunggulah saat waktunya benar-benar tepat. cara main catur yang satu ini harus Anda dalami dari awal hingga akhir permainan.

cara main catur di atas merupakan tips yang bisa Anda lakukan untuk bermain Catur dengan benar dan memenangkan permainan ini dengan cepat. Meski begitu, yang harus selalu diingat adalah bermainlah dengan tenang karena Anda membutuhkan konsentrasi untuk mengatur strategi dalam menggerakkan bidak. Banyaknya pemain Catur yang kalah biasanya diakibatkan oleh kekalahan ketenangan dari lawannya. Hal ini sejatinya merupakan rahasia penting dari cara main catur bagi para profesional.

Cara Main Catur Agar Menang

Itulah tadi cara main catur yang benar dan cepat. Dengan mengikuti tips yang telah Jelas.id berikan tersebut, Anda yang belum pernah bermain Catur sebelumnya pasti bisa dengan mudah memahami berbagai istilah dan kondisi yang terjadi pada permainan Catur. Jika Anda seorang pemula, latihan yang banyak merupakan kunci kesuksesan. Semoga informasi tentang cara main catur ini bermanfaat dan terima kasih.