jelas

Cara Kerja Mesin Diesel Secara Umum

Cara Kerja Mesin Diesel – Sebelum membahas tentang cara kerja mesin diesel, Anda perlu tahu bahwa sesungguhnya mesin diesel atau yang juga sering disebut dengan motor diesel merupakan salah satu jenis motor pembakar dalam yang memakai panas kompresi untuk menimbulkan pengapian dan mengonsumsi bahan bakar yang telah dipasok ke ruang bakar. Motor ini proses kerjanya berlangsung di dalam mesin sehingga banyak ditemukan pada berbagai macam penggerak seperti motor diesel dan turbin gas. Pada prinsipnya, kerja dari motor diesel ini tentu memiliki sejumlah perbedaan dengan kinerja dari motor bensin. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara kerja mesin diesel pada prinsipnya memanfaatkan suhu kompresi udara pada ruang bakar dalam kinerjanya. Sementara itu, mesin bensin melakukan proses pembakaran dengan memakai percikan bunga api yang berasal dari busi. Yang harus diperhatikan pada prinsip kerja dari mesin diesel adalah ruang bakar dari mesin ini hanya akan menghisap udara saja lalu udara murni itu akan dikompresi untuk menciptakan suhu dan tekanan yang tinggi. Sedangkan ruang bakar pada mesin bensin akan menghisap bensin atau bahan bakar yang biasanya sudah bercampur dengan udara di karburator. Sedikit penjabaran tersebut sebenarnya sudah membuat perbedaan yang nyata antara cara kerja mesin bensin dengan cara kerja mesin diesel.

Cara Kerja Mesin Diesel

Cara Kerja Mesin Diesel

Terkait bahan bakar, cara kerja mesin diesel pada umumnya akan menginjeksikan BBM ke ruang bakar pada beberapa derajat sebelum piston mencapai titik mati atas. Suhu dan tekanan yang tinggi pada ruang bakar mesin memungkinkan terjadinya proses pembakaran partikel-partikel bahan bakar yang berlangsung sendiri. Perbandingan kompresi yang harus dilakukan agar dapat menjalankan proses tersebut adalah 15 hingga 22 dengan suhu udara kompresi sekitar 600 derajat celcius. Cara kerja mesin diesel memang tak membutuhkan sistem pengapian layaknya mesin bensin. Akan tetapi, mesin ini membutuhkan sistem injeksi bahan bakar yaitu pompa injeksi dan pengabut. Busi pijar dan alat bantu lainnya pun bisa dipakai untuk mendukung kinerja dari mesin ini. Yang tak kalah penting adalah bahwa bahan bakar yang digunakan pada mesin diesel harus memiliki sifat bisa terbakar sendiri atau self ignition. Nah, bagi Anda yang sebelumnya tidak paham atau ingin mengetahui lebih detail tentang mesin diesel, kali ini Jelas.id akan memberikan informasi mengenai cara kerja mesin diesel tersebut.

Cara Kerja Mesin Diesel Secara Lengkap

Keunggulan Mesin Diesel

Berikut ini adalah beberapa keunggulan mesin diesel dibandingkan dengan mesin bensin:

  • Keunggulan mesin diesel yang pertama adalah lebih hemat dalam pengonsumsian bahan bakar dikarenakan efisiensi panasnya lebih baik. Selain itu, biaya operasionalnya pun lebih hemat sebab harga solar yang digunakan sebagai bahan bakar harganya lebih terjangkau.
  • Mesin diesel memiliki daya tahan yang lebih lama dan memiliki resiko gangguan yang lebih sedikit karena mesin ini tidak menggunakan sistem pengapian dalam kinerjanya. Hal ini tentu menjadi keunggulan mesin diesel yang banyak dicari orang.
  • Mesin diesel juga bisa memakai bahan bakar yang jenisnya lebih bervariasi.
  • Mesin diesel bisa dioperasikan dengan mudah dan sesuai jika dipakai pada berbagai kendaraan berukuran besar yang memang membutuhkan tenaga gahar. Hal ini karena variasi momen yang terjadi pada perubahan level kecepatan ternyata memang lebih kecil. Untuk keunggulan mesin diesel ini, sejatinya sudah tentu diketahui oleh para penggiat kendaraan komersial.

Itulah beberapa keunggulan mesin diesel yang setidaknya perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan ke depan. Sebelum mengetahui cara kerja dari mesin tersebut, Anda sebaiknya terlebih dahulu mengetahui keunggulan dari mesin diesel. Dengan begitu, Anda bisa mengenali karakteristik dari mesin ini dan mengaplikasikannya pada sistem yang benar. Selain itu, keunggulan mesin diesel ini sejatinya juga merupakan pengetahuan umum di era mesin yang masih berlaku hingga saat ini. Selanjutnya, di bawah ini adalah cara kerja mesin diesel secara umum.

Cara Kerja Mesin Diesel Secara Umum

Cara Kerja Mesin Diesel

Berikut ini adalah cara kerja mesin diesel secara umum:

  1. Cara kerja mesin diesel yang pertama, langkah hisap adalah ketika piston bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju ke titik mati bawah (TMB). Pada langkah ini, udara akan dihisap oleh katup atau saluran hisap mesin sehingga katup hisap dalam keadaan terbuka dan katup buang dalam keadaan tertutup.
  2. Cara kerja mesin diesel yang kedua adalah langkah kompresi merujuk pada torak atau piston yang bergerak dari TMA ke TMB. Seiring dengan bergeraknya katup ke TMA, udara murni yang telah dihisap akan dikompresi atau dimampatkan . Pada proses ini baik katup hisap dan katup buang berada pada kondisi tertutup. Proses kompresi ini memicu kenaikan suhu udara dan tekanan secara drastis. cara kerja mesin diesel pada langkah ini mirip dengan titik panas yang paling penting.
  3. Langkah usaha merupakan cara kerja mesin diesel lanjutan dari langkah kompresi yang merujuk pada penginjeksian bahan bakar solar oleh pengabut ke ruang bakar beberapa derajat sebelum piston berada di TMA. Proses ini memungkinkan terjadinya proses pembakaran sebab bahan bakar akan bercampur dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Ledakan proses pembakaran tersebut memicu bergeraknya piston dari TMA ke TMB. Meski pada proses ini kedua katup hisap dan katup buang tertutup, namun mendekati akhir proses, katup buang akan mulai terbuka. Ledakan pada cara kerja mesin diesel langkah inilah yang menyebabkan tenaga besar untuk memutar lengan sistem roda.
  4. Langkah buang ini merupakan cara kerja mesin diesel pada saat terbukanya katup buang ketika piston hampir sampai di TMB. Terbukanya katup buang berfungsi untuk membuang sisa hasil pembakaran. Pada proses ini, piston kembali bergerak dari TMB menuju TMB untuk mengeluarkan gas pembakaran yang masih tersisa sehingga mesin benar-benar bersih dari gas-gas tersebut. Jangan remehkan langkah ini. Karena tidak sempurnanya cara kerja mesin diesel pada tahap ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mesin.

Itulah tahapan cara kerja mesin diesel yang terbagi ke dalam empat langkah. Keempat langkah tersebut melakukan kinerjanya secara berurutan untuk bisa menghasilkan sebuah tenaga yang maksimal. Nah, tenaga inilah yang nantinya akan dipakai untuk menggerakkan komponen lainnya. Sangat tidak mungkin satu tahapan terlewati dalam kinerja sebuah mesin diesel. Apabila ada satu tahapan yang tidak sempurna, maka hampir dapat dipastikan cara kerja mesin diesel tersebut juga akan bermasalah secara menyeluruh.

Cara Mesin Diesel Bekerja

Langkah-langkah yang Jelas.id telah paparkan di atas merupakan cara kerja mesin diesel. Dengan membaca setiap langkah tersebut dengan seksama, maka Anda akan lebih memahami tentang proses penghasilan tenaga pada mesin yang mengandalkan motor diesel sebagai penggeraknya. Sekarang nampak bedanya kan antara mesin diesel dengan mesin bensin yang sudah Anda ketahui? Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa bagikan terkait cara kerja mesin diesel. Semoga bermanfaat dan terima kasih.